Jerman dan Swedia Difavoritkan Lolos 8 Besar - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Swedia

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 29 Juni 2021 16:48 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Jerman dan Swedia Difavoritkan Lolos 8 Besar

    Sebelum laga ke 7 dan 8 berlangsung di babak 16 besar, Inggris, Jerman, Swedia, Ukrania, masih sama-sama berpeluang lolos ke 8 besar. Namun, 4 tim tersebut bila bermain kolektif dan ganas seperti Spanyol, maka 2 pertandingan akan menjadi hujan gol. Namun, sebagai tim yang diunggulkan dan difavoritkan menang, tentu akan punya cara tersendiri setelah melihat catatan dan kejadian di laga 1-6 sebagai bekal pengalaman.

    Dibaca : 810 kali

    Belgia, Spanyol, dan Swiss. Sementara 3 tim yang dijagokan melaju, Belanda, Portugal, dan Prancis, di luar ekspetasi publik, justru digebuk tim nonunggulan.Dalam laga ke 5, sebagai tim yang diunggulkan, Spanyol benar-benar tampil melebihi ekspetasi dan prediksi, menggebuk Kroasia 5-3 meski harus dengan babak tambahan waktu.

    Sementara Prancis yang tampil sangat Percaya diri, justru harus mengikuti langkah Portugal angkat kopor, setelah Mbappe gagal pinalti dan tersingkir oleh Swiss.

    Inggris-Jerman sama-sama diunggulkan

    Kini, laga ke 7 dan 8 akan segera tersaji. Di laga ke 7 partai 16 besar, Inggris akan menjamu Jerman, Selasa (29/6/2021) pukul 23.00 WIB di Wembley Stadium, London.

    Baik Inggris maupun Jerman, keduanya sama-sama menjadi tim yang diunggulkan lolos ke 8 besar. Namun, karena mereka sudah bertemu di 16 besar, maka salah satunya harus melupakan partai 8 besar, setelah laga nanti malam.

    Melihat catatan pertemuan keduanya, dalam 32 laga, mereka sama kuat. Masing-masing memenangi 13 laga dan 6 kali imbang. Namun, performa mereka selama Euro 2020 ini memang berbeda.

    Sebelum berhadapan kepagian, Inggris lolos sebagai juara Grup D usai menang 1-0 atas Kroasia, imbang 0-0 dengan Skotlandia, dan menang 1-0 atas Republik Ceko di laga terakhir. Melihat catatan tersebut, nampak pasukan Three Lions kurang tajam di barisan depan, kuat di belakang dengan bukti gawangnya masih steril di turnamen ini.

    Karenanya, anak-anak asuh Southgate ini bertengger sebagai juara Grup D. Berbeda dengan pasukan Joachim Loew yang harus bersusah payah untuk lolos dari grup neraka. Meski begitu, lolosnya Jerman sebagai runner-up Grup F,   membuktikan bahwa fighting spirit mereka tak bisa diremehkan. Pasalnya Die Mannschaft mampu bangkit di laga kedua dengan menghantam juara bertahan Portugal 4-2, setelah di laga pertama takluk dari Prancis karena gol bunuh diri. Dan, di laga ketiga, harus tertinggal lebih dulu dari Hongaria sebelum akhirnya menutup laga dengan skor imbang 2-2. Secara mental, Jerman lebih terasah.

    Bermain di Wembley juga ada kenangan manis Jerman, karena Inggris tanpa kemenangan dalam tujuh laga terakhir kontra Jerman di stadion kebanggaan mereka. Jerman pun menjadi tim langganan babak 16 besar yang sukses. Di Piala Eropa, Jerman tercatat 5 kali lolos ke 8 besar dan di Piala Dunia, 8 kali lolos ke 8 besar.

    Di sisi lain, gugurnya Portugal dan Prancis sebagai tim unggulan yang berasal dari Grup F, nampaknya akan jadi beban Jerman. Sebab, seolah Portugal dan Prancis terkena kutukan dari grup neraka. Jerman bisa saja terbawa suasana itu, hingga bisa membuat Inggris membabat habis wakil Grup F di 16 besar.

    Bicara deretan pemain, keduanya juga sama-sama dihuni pemain ternama yang mentas di Klub dan Kompetisi mentereng Eropa. Pengalaman telah membuktikan, Belanda, Portugal, Prancis sebagai tim unggulan tersungkur di 16 besar dengan cara masing-masing.

    Kali ini, di laga ke 7, karena Inggris dan Jerman sama-sama diunggulkan, maka siapa yang bermain kolektif, konsisten, dan penuh konsentrasi sepanjang menit, maka akan keluar sebagai.pemenang. Dari catatan dan statistik yang ada, meski Inggris tampil di hadapan publik sendiri, Jerman akan mampu memukul Inggris dengan skor ketat 0-1 atau 1-2.

    Swedia pegang kendali

    Dalam laga ke 8, yang akan mempertemukan Swedia versus Ukraina,  Rabu (30/6/2021) pukul 02.00 WIB di Hampden Park, Glasgow, sejatinya kedua tim sama-sama bukan unggulan. Namun melihat catatan pertemuan dan statistik di Piala Eropa kali ini, Swedia digadang akan mampu menggilas Ukrania dan akan masuk 8 besar dengan menantang Inggris atau Jerman.

    Alasannya, Swedia lolos sebagai juara Grup E usai imbang 0-0 dengan Spanyol, menang 1-0 atas Slovakia, dan menang 3-2 atas Polandia. Sementara, Pasukan Andriy Shevchenko, Ukraina hanya menjadi salah satu peringkat 3 terbaik setelah di Grup C kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas tim debutan Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria.

    Namun, Swedia tak boleh jemawa, karena dari 4 pertemuan mereka, Ukrania berhasil menggebuk Swedia 2 kali, imbang 1 kali dan Swedia menang 1 kali.

    Khusus di Euro kali ini, performa Swedia nampaknya lebih meyakinkan dan membuat mereka diunggulkan. Bila Swedia konsisten, maka tiket 8 besar akan jadi milik mereka setelah menggebuk Ukrania 1-0 atau 2-1. Tetapi skor ini bisa berbalik menjadi milik Ukrania, bila Swedia terlalu over percaya diri seperti Prancis.

    Sebelum laga ke 7 dan 8 berlangsung di babak 16 besar, Inggris, Jerman, Swedia, Ukrania, masih sama-sama berpeluang lolos ke 8 besar. Namun, 4 tim tersebut bila bermain kolektif dan ganas seperti Spanyol, maka 2 pertandingan akan menjadi hujan gol. Namun, sebagai tim yang diunggulkan dan difavoritkan menang, tentu akan punya cara tersendiri setelah melihat catatan dan kejadian di laga 1-6 sebagai bekal pengalaman.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.