4 Pecatur Indonesia Masuk Daftar Pecatur Top Dunia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

GM Susanto Megaranto saat memenangkan \x201cJAPFA Grand Master Duel Match\x201d.

Raiders Marpaung

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2020

Minggu, 4 Juli 2021 10:35 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • 4 Pecatur Indonesia Masuk Daftar Pecatur Top Dunia

    Dari seluruh pecatur aktif di dunia, 100 diantaranya dikelompokkan sebagai pecatur Top dunia. Berdasarkan elo rating tertinggi menurut kategorinya masing-masing (Standard, Rapid/cepat, dan Blitz/kilat). Untuk bulan Juli tahun ini (2021), 4 pecatur Indonesia berhasil menorehkan prestasi luar biasa, masuk dalam kelompok ini.

    Dibaca : 793 kali

    Kualitas seorang pecatur ditentukan oleh angka elo rating yang dimilikinya. Angka elo rating tersebut dikeluarkan oleh induk organisasi catur dunia FIDE secara periodik setiap bulan. Angka elo rating pecatur didapat dari hasil mengikuti berbagai turnamen international yang diakui oleh FIDE. Angka elo rating akan meningkat apabila pecatur tersebut meraih hasil yang baik pada turnamen yang diikutinya. Sebaliknya apabila hasilnya buruk elo ratingnya akan turun.

    Dari seluruh pecatur aktif di dunia, 100 diantaranya dikelompokkan sebagai pecatur top dunia. Berdasarkan elo rating tertinggi menurut kategorinya masing-masing (Standard, Rapid/cepat, dan Blitz/kilat). Untuk bulan Juli tahun ini (2021), 4 pecatur Indonesia berhasil menorehkan prestasi luar biasa, masuk dalam kelompok ini. Siapa saja mereka yang mampu meraih kesuksesan masuk dalam daftar pecatur top dunia? akan diuraikan dalam tulisan berikut ini.

     

    1. WIM Nur Abidah Shanti

    WIM Nur Abidah Shanti kelahiran tahun 2001 untuk kategori Junior putri. Shanti berada pada posisi 17 dunia catur kilat (blitz) dengan elo rating 2167. Gelar internasional pertama WFM (Women Fide Master) diraih oleh Shanti pada tahun 2015.

    Kemudian gelar internasioanl yang setingkat lebih tinggi WIM (Women International Master) diraihnya satu tahun kemudian, tepatnya tahun 2016. Prestasi yang pernah diraih oleh Shanti antara lain meraih juara FIDE World Schools Championship 2015 - Blitz GU15.

     

    2. WGM/IM Irine Kharisma Sukandar

    WGM/IM Irine Kharisma Sukandar kelahiran Jakarta 7 April tahun 1992. Untuk kategori Senior putri berada pada posisi 34 dunia catur cepat (rapid) dengan elo rating 2381. Kemudian posisi 43 dunia catur kilat (blitz) dengan elo rating 2313. Untuk catur standard, Irine berada pada posisi 53 dunia dengan elo rating 2413.

    Gelar internasional pertama WFM (Women Fide Master) diraih oleh Irine pada tahun 2004. Kemudian gelar internasioanl yang setingkat lebih tinggi WIM (Women International Master) diraihnya pada tahun 2007. Gelar internasional tertinggi untuk pecatur putri WGM (Women Grand Master) diraih pada tahun 2009.

    Belum puas dengan gelar tertinggi untuk pecatur putri, iapun mengejar gelar untuk pecatur putra. Tahun 2014 akhirnya Irine berhasil meraih gelar IM (International Master) tanpa embel-embel W (Women). Prestasi yang sudah diraih oleh Irine di tahun lalu antara lain meraih juara 2 turnamen khusus putri Sharjah International Cup di UEA.

     

    3. WGM/IM Medina Warda Aulia

    WGM Medina Warda Aulia kelahiran tahun 1997 untuk kategori Senior putri. Medina berada pada posisi 49 dunia catur cepat (rapid) dengan elo rating 2344. Gelar internasional pertama WCM (Women Candidate Master) diraih oleh Medina pada tahun 2008.

    Kemudian gelar internasioanl yang setingkat lebih tinggi WFM (Women Fide Master) diraihnya pada tahun 2010. Gelar internasioanl yang setingkat lebih tinggi lagi WIM (Women International Master) diraihnya pada tahun 2012. Gelar internasional tertinggi untuk pecatur putri WGM (Women Grand Master) diraih pada tahun 2013.

    Sama seperti Irine, Medina belum puas dengan gelar tertinggi untuk pecatur putri, iapun mengejar gelar untuk pecatur putra. Tahun lalu, tepatnya tahun 2020 akhirnya Medina berhasil meraih gelar IM (International Master) tanpa embel-embel W (Women). Prestasi yang pernah diraih oleh Medina antara lain meraih juara 2019 South East Asian Games (Blitz-Women).

     

    4. GM Susanto Megaranto

    GM Susanto Megaranto kelahiran Indramayu tahun 1987 untuk kategori Senior putra. Megaranto berada pada posisi 91 dunia catur kilat (blitz) dengan elo rating 2644. Gelar internasional tertinggi GM (Grand Master) untuk semua pecatur di dunia berhasil diraih oleh Megaranto pada tahun 2004. Keberhasilan Megaranto sekaligus memecahkan rekor pecatur termuda Indonesia yang berhasil meraih gelar GM. Prestasi yang pernah diraih oleh Megaranto antara lain meraih juara 2019 South East Asia Games (Blitz - Men).

    Itulah pecatur top dunia asal Indonesia. Semoga dapat memotivasi atlet lain untuk mengikuti jejaknya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.