x

Program POTCA Puskesmas Mekarwangi Kota Bogor

Iklan

CISDI ID

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 September 2020

Sabtu, 3 Juli 2021 15:56 WIB

Tim PUSPA Puskesmas Mekarwangi Gerak Cepat Adakan Swab Antigen Massal, Bantu Masyarakat Hadapi Lonjakan Kasus

Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bogor beberapa waktu terakhir mendorong Tim Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) bergerak cepat. Bersama Puskesmas Mekarwangi, puskesmas wilayah penempatan mereka, tim melaksanakan intervensi cepat melalui Program Posko Tanggap Corona (POTCA) di wilayah berzona merah pada Sabtu lalu (26/11).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lonjakan kasus yang tinggi mendorong Tim PUSPA Puskesmas Mekarwangi melaksanakan Program Posko Tanggap Corona (POTCA). (Sumber gambar: Dok. Tim PUSPA Puskesmas Mekarwangi)

Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Bogor beberapa waktu terakhir mendorong Tim Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) bergerak cepat. Bersama Puskesmas Mekarwangi, puskesmas wilayah penempatan mereka, tim melaksanakan intervensi cepat melalui Program Posko Tanggap Corona (POTCA) di wilayah berzona merah pada Sabtu lalu (26/11).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui POTCA, Tim PUSPA bersama nakes Puskesmas Mekarwangi memberi pelayanan swab antigen massalgratis bagi warga RW 11 Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. RW 11 merupakan wilayah berzona merah lantaran memiliki lebih dari 25 warga terkonfirmasi positif serta 10 rumah melaksanakan isolasi mandiri.

Kepala Kecamatan Tanah Sareal, Bapak Sahib Khan, S.STP, M.PA, mengapresiasi Program POTCA. “Saya mengapresiasi sekali petugas yang bergerak cepat menanggapi lonjakan kasus positif Covid-19. Mudah-mudahan ke depannya terdapat solusi untuk memaksimalkan pelayanan medis di tingkat puskesmas bagi warga yang bergejala, tidak lagi sebatas swab Antigen,” ujarnya.

Tenaga kesehatan yang hadir ikut menjelaskan situasi penanganan wabah. “Dari 75 warga di RW 11 yang mengikuti kegiatan ini, 10 di antaranya terkonfirmasi postif Covid-19. (Mereka) sudah dikonsulkan ke dokter umum dan diberikan konseling isolasi mandiri agar tidak menularkan tetangga yang lain,” ujar Ns. Yulianti, S.Kep, S.Psi, tenaga kesehatan Puskesmas Mekarwangi.

Program POTCA merupakan inovasi Tim PUSPA Puskesmas Mekarwangi untuk meningkatkan kualitas testing, tracing, dan treatment. POTCA awalnya dijadwalkan pada awal Juli 2021, namun dikarenakan terjadinya lonjakan kasus, kegiatan ini pun dipercepat.

Kehadiran POTCA disambut baik masyarakat setempat. Mereka bahkan turut membantu persiapan lapangan, mulai dari mendirikan tenda, menyiapkan kursi dan meja, serta mengabarkan pelaksanaan POTCA kepada masyarakat lain. Adapun, APD dan RDT-Ag kit didapatkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan APD dan RDT-Ag kit dari Pemprov Jabar, sehingga percepatan 3T di wilayah kerja Puskesmas Mekarwangi bisa berjalan lancar,” ungkap Bd. Fitra Nurul Fayani, S.Keb salah satu Tim PUSPA yang terlibat melaksanakan Program POTCA.

Kehadiran POTCA diharapkan mampu memenuhi beberapa target, seperti capaian tes 1 per 1.000 penduduk per minggu, pelacakan kontak mencapai 80% dari satu kasus terkonfirmasi kurang dari 72 jam, serta 90% orang dengan kontak erat harus melaksanakan karantina atau isolasi mandiri.

 

Tentang Program PUSPA

Program PUSPA (Puskesmas Terpadu dan Juara) merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang didukung oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dalam memperkuat respons penanganan Covid-19 di puskesmas. Program ini merekrut 500 tenaga kesehatan sebagai field officer yang akan ditugaskan di 100 puskesmas di 12 kota/kabupaten di Jawa Barat. Program PUSPA bertujuan menguatkan upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M, menyiapkan vaksinasi Covid-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial di Jawa Barat.

 

Tentang CISDI

Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) adalah think tank yang mendorong penerapan kebijakan kesehatan berbasis bukti ilmiah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya, setara, dan sejahtera dengan paradigma sehat. CISDI melaksanakan advokasi, riset, dan manajemen program untuk mewujudkan tata kelola, pembiayaan, sumber daya manusia, dan layanan kesehatan yang transparan, adekuat, dan merata.

 

Penulis

 

Fitra Nurul Fayani

Tim Puskesmas Terpadu dan Juara

Puskesmas Mekarwangi

Kota Bogor

 

Ikuti tulisan menarik CISDI ID lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB