10 Alasan Mengapa Tidak Ada yang Menganggap Anda Serius - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

illustr: Puris Consulting

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 12 Juli 2021 06:15 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 10 Alasan Mengapa Tidak Ada yang Menganggap Anda Serius

    Anda akan berjuang mencapai sesuatu jika orang tidak menganggap Anda serius. Mereka mengabaikan ide-ide Anda. Atau umumnya tidak mempertimbangkan apa yang Anda katakan. Ini menjengkelkan dan bikin frustasi, bukan? Tapi pada tingkat tertentu Anda perlu mendorong keinginan ke dunia. Anda akan membuat orang lain bergabung. Dan menyelesaikan sesuatu.

    Dibaca : 517 kali

    Anda akan berjuang untuk mencapai sesuatu jika orang tidak menganggap Anda serius, mengabaikan ide-ide Anda, atau umumnya tidak mempertimbangkan apa yang Anda katakan.

    Tidak masalah apakah itu kehidupan pribadi atau profesional Anda. Pada tingkat tertentu, Anda perlu mendorong keinginan Anda sendiri ke dunia, membawa orang lain bergabung, dan menyelesaikan sesuatu.

    Mari kita lihat beberapa alasan terbesar mengapa seseorang mungkin tidak menganggap Anda serius, dan bagaimana mengatasinya.

    1. Anda kurang percaya diri.

    Kurangnya kepercayaan diri bersinar melalui lebih banyak cara daripada yang mungkin Anda sadari. Kepercayaan diri muncul dalam cara Anda berbicara, mempresentasikan ide-ide Anda, berinteraksi dengan orang lain, merawat diri sendiri, dan menegakkan batasan Anda.

    Itu tampak seperti banyak sekali, bukan? Bagaimana Anda bisa mengendalikan semua hal itu? Nah, Anda mengendalikannya dengan mengerjakan dan membangun rasa percaya diri Anda.

    Orang yang percaya diri menampilkan diri dengan percaya diri. Mereka tidak menggunakan bahasa plin-plan, jatuh tersungkur untuk meminta maaf atas hal-hal yang bukan salah mereka, berpakaian buruk, atau membiarkan orang lain melanggar batasan mereka.

    Bahkan mengerjakan masing-masing hal ini dapat membantu membangun kepercayaan diri. Tetapi jika Anda merasa diri Anda sangat kurang, ada baiknya untuk berbicara dengan seorang konselor tentang mengerjakan semuanya. Ini kemungkinan akan menjadi proyek besar di mana Anda akan membutuhkan bantuan dan dukungan secara teratur.

    2. Anda tidak menindaklanjuti.

    Apakah Anda orang yang tidak bisa diandalkan? Apakah Anda mengerti seperti apa orang yang tidak bisa diandalkan?

    Mereka adalah orang yang berjanji untuk membantu tetapi tidak pernah melakukannya. Mereka bersumpah akan datang tepat waktu tetapi selalu terlambat. Mereka mengatakan mereka akan melakukan satu hal dan kemudian melakukan yang lain atau tidak sama sekali. Mereka mengatakan mereka akan menelepon kembali dan memberi tahu Anda, tetapi Anda harus menelepon mereka untuk mendapatkan informasi. Mereka meminjam uang, bersumpah akan mengembalikannya, tetapi tidak pernah berusaha untuk mengembalikannya.

    Seseorang yang tidak menindaklanjuti dapat dianggap sebagai lelucon karena kata-katanya tidak didukung oleh tindakannya.

    Perbaikan untuk kurangnya tindak lanjut tidak terlalu rumit: lakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan. Ini sangat sederhana. Jika Anda mendapati diri Anda terlalu berkomitmen atau kekurangan waktu, Anda mungkin perlu mengatakan tidak pada lebih banyak hal. Jangan setuju untuk melakukan sesuatu dan kemudian mencari cara untuk membatalkannya nanti. Lakukan hal-hal yang Anda komit.

    3. Tindakan Anda tidak sesuai dengan kata-kata Anda.

    Meskipun kita semua kadang-kadang munafik, tidak ada yang menyukai orang munafik. Tampaknya aneh di permukaan, tetapi itu benar-benar tergantung pada bagaimana kita menampilkan diri kita kepada dunia. Kebanyakan orang yang berakal tidak akan mempermasalahkan Anda sebagai manusia jika Anda tidak menjengkelkannya.

    Misalnya, katakanlah Arman memutuskan untuk menjadi vegetarian. Dia ingin mengurangi dampak pribadinya pada dunia dengan mengurangi jumlah daging yang dia makan untuk tidak berkontribusi pada peternakan, penderitaan hewan, dan dampak lingkungan yang menyertainya. Arman mulai berkhotbah tentang hal itu dan menilai orang lain atas pilihan mereka sendiri.

    Dan mungkin Arman kemudian mengetahui bahwa dia tidak dapat menerapkan gaya hidup vegetarian sepenuhnya karena kendala nutrisi. Jadi, ketika teman-temannya melihatnya duduk untuk makan burger, mereka akan berpikir negatif tentang dia karena tidak menjalankan khotbahnya sendiri.

    Atau, sebagai contoh lain, katakanlah Anda memiliki rekan kerja yang terus berbicara tentang pentingnya kerja keras dan menjadi pemain tim, namun tidak pernah mau diganggu untuk benar-benar membantu. Mereka menghabiskan satu jam di kamar mandi setiap hari atau terus-menerus menggunakan ponsel mereka. Jika Anda pernah bekerja dengan salah satu dari orang-orang ini, Anda mungkin juga tidak menganggapnya serius. Dan memang demikian. Mereka tidak dapat diandalkan.

    Penangkal untuk perilaku semacam ini adalah kerendahan hati dan hidup sesuai dengan standar Anda sendiri. Jangan menilai orang lain dari apa yang mereka lakukan jika Anda tidak perlu melakukannya. Dan pastikan Anda bisa menjalankan pembicaraan Anda. Faktanya, adalah ide yang lebih baik untuk tidak terlalu memaksakan keyakinan Anda dan apa yang harus Anda lakukan. Anda hanya manusia. Anda akan membuat kesalahan.

    4. Anda tidak menganggap diri Anda serius.

    Orang yang tidak menganggap diri mereka serius tidak akan mendapatkan rasa hormat yang serius dari orang lain. Menganggap diri Anda serius mengikat kembali ke kepercayaan diri. Itu tidak berarti bahwa Anda harus menjadi orang yang keras kepala dan kaku tentang diri Anda atau kehidupan secara umum. Adalah baik untuk menertawakan diri sendiri dan tidak selalu menganggapnya serius. Tetapi ada keseimbangan.

    Menganggap diri Anda serius sangat mirip dengan kepercayaan diri. Itu melakukan hal-hal seperti menegakkan batasan yang sehat, menjaga diri sendiri, dan tidak merusak diri sendiri dengan merendahkan diri sendiri.

    Itu juga memperlakukan masalah serius dengan rasa hormat dan martabat yang layak mereka dapatkan. Orang lain tidak akan menganggap Anda serius jika Anda mengubah semuanya menjadi lelucon, terutama jika Anda meremehkan tantangan atau kepekaan mereka.

    Salah satu cara signifikan Anda dapat melemahkan diri sendiri adalah melalui humor yang mencela diri sendiri. Masalah dengan humor yang mencela diri sendiri adalah bahwa orang lain mungkin tidak cukup mengenal Anda untuk mengetahui apakah Anda sedang bercanda atau benar-benar berpikir seperti itu tentang diri Anda. Mereka mungkin tidak tahu apakah mereka harus tertawa atau menghubungi Anda melalui hotline. Selain itu, subteks dari humor yang mencela diri sendiri adalah bahwa Anda memperlakukan diri sendiri sebagai lelucon. Bagaimana orang bisa menganggap Anda serius dalam konteks itu?

    Biarkan subjek yang serius menjadi serius. Jangan pernah membuat lelucon tentang tantangan atau kepekaan orang lain, bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka. Dan hentikan humor yang mencela diri sendiri. Ya, itu bisa lucu ketika dilakukan dengan baik dan di perusahaan yang tepat, tetapi terlalu banyak adalah hal yang buruk.

    5. Anda tidak jujur.

    Apa artinya jujur? Kejujuran lebih dari sekadar mengatakan yang sebenarnya. Itu juga bertindak dengan integritas, membuat keputusan yang baik, dan memiliki tanggung jawab Anda. Orang yang tidak jujur tidak dapat dipercaya – tentu saja. Seseorang yang tidak bertindak dengan integritas, tidak mencoba membuat keputusan yang baik, atau menghindari tanggung jawab mereka bukanlah seseorang yang dapat Anda percayai, jadi mereka bukan seseorang yang dapat Anda anggap serius.

    Mengejutkan betapa banyak orang yang mau tidak jujur secara terbuka. Seseorang menjatuhkan seratus ribu? Mereka menunggu untuk mengambilnya dan mengantonginya. Kasir memberi mereka kembalian yang salah? Yah, bukankah ini hari keberuntungan mereka! Tidak dapat membantu teman seperti yang dijanjikan? Tidak masalah! Buat saja alasan yang mengalihkan tanggung jawab.

    Masalahnya adalah orang-orang di sekitar Anda memperhatikan perilaku semacam ini, menempatkan Anda tepat di dalam kotak keegoisan dan ketidakpercayaan. Mungkin orang itu membutuhkan seratus ribu itu untuk mendapatkan cukup bensin untuk bekerja selama seminggu. Mungkin kasir itu akan didisiplinkan atau dipecat karena laci uangnya tidak aktif. Mungkin teman itu benar-benar mengandalkan janji itu untuk membuat sesuatu dalam hidup mereka berhasil.

    Satu-satunya hal yang benar-benar Anda miliki dalam hidup adalah integritas dan karakter Anda. Jika orang lain berpikir Anda tidak memiliki integritas dan karakter, mereka tidak akan menganggap Anda serius. Anda pasti ingin melakukannya dengan benar dengan cara yang masuk akal bagi Anda. Mungkin mengadopsi kode pribadi untuk hidup; mungkin meminjamnya dari filosofi atau agama yang masuk akal bagi Anda.

    6. Anda terlalu emosional atau dramatis.

    Orang yang terlalu emosional mungkin tidak dianggap serius karena mereka dianggap rapuh. Apakah ini penilaian yang adil? Tidak. Tidak semua orang terhubung dengan cara yang sama. Beberapa orang lebih sensitif daripada yang lain. Yang lain memiliki masalah kesehatan mental yang menyebabkan mereka bereaksi terhadap stres dengan cara yang lebih buruk daripada yang lain. Tidak adil bahwa orang-orang ini akan dihakimi dan tidak dianggap serius, tetapi begitulah adanya.

    Masalah lainnya adalah bahwa beberapa orang memalsukan hal semacam ini untuk menghindari tanggung jawab. Selalu penasaran ketika satu-satunya saat orang tersebut menjadi emosional atau dramatis tentang sesuatu terjadi bertepatan dengan ketika mereka harus bertanggung jawab atas tindakan mereka. Ini adalah sesuatu yang orang akan perhatikan cepat atau lambat. Dan kemudian itu menandai Anda sebagai seseorang yang harus dihindari, jadi mereka tidak perlu berurusan dengan Anda.

    Bagaimana Anda bisa berhenti melakukan ini?

    Nah, jika itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan, Anda dapat terus mengerjakan masalah apa pun yang menyebabkan Anda bereaksi begitu kuat. Itu mungkin manajemen diri, mengurangi stres Anda, atau mengurangi tanggung jawab Anda sehingga Anda tidak terlalu kurus. Konseling akan menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan bantuan yang berpengetahuan luas dalam mengembangkan keterampilan koping yang lebih sehat untuk memiliki kendali lebih besar atas emosi Anda.

    Dan jika Anda memiliki kendali atas hal itu dan memilih untuk menjadi dramatis untuk menghindari tanggung jawab dan memanipulasi orang lain – hentikan itu. Coba katakan, “Ya, itu salahku. Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki masalah ini?” bukannya melalaikan tanggung jawab.

    7. Anda tidak merawat diri sendiri dengan baik.

    Apakah Anda merawat diri sendiri dengan benar? Mandi secara teratur? Menyikat gigi anda? Memakai baju yang pas? Mengenakan pakaian yang tidak berlubang, sudah pudar, atau sudah tua? Apakah sepatu Anda dalam kondisi baik? Apakah Anda memotong rambut Anda atau mempertahankannya dengan benar? Apakah Anda menjaga rambut wajah Anda agar terlihat rapi? Apakah Anda memakai deodoran?

    Hal ini penting. Suka atau tidak suka, kebanyakan orang menilai orang lain berdasarkan penampilan mereka. Orang lain membentuk opini berdasarkan kesan pertama yang dapat mewarnai sisa interaksi mereka dengan Anda. Pemikiran di baliknya seperti, "Mengapa saya harus menganggap orang ini serius jika dia tidak dapat mengumpulkan energi untuk memberikan perawatan dasar bagi dirinya sendiri?"

    Apakah adil? Tidak. Kebanyakan orang tidak memilih untuk menjadi najis atau tidak terawat. Mereka mungkin hanya mengalami masa sulit di sana atau mengalami beberapa masalah kesehatan mental yang mengganggu kemampuan mereka untuk merawat diri sendiri. Sulit untuk mengikuti diri sendiri ketika Anda hidup dengan depresi.

    Namun, kebersihan dan pemeliharaan pribadi sangat penting. Itu hanya sesuatu yang harus Anda lakukan sebanyak yang Anda bisa ketika Anda memiliki energi atau kemampuan untuk melakukannya. Rutinitas terkadang dapat membantu ketika Anda tidak dapat mengumpulkan energi untuk termotivasi. Ini menjadi kurang masalah, "Oh, saya bisa melewatkan ini." dan lebih banyak soal, "Oh, saya perlu melakukan ini karena inilah yang saya lakukan untuk memulai pagi saya."

    Dan hei, Anda tidak perlu menjadi tampan atau mengenakan pakaian mahal untuk meningkatkan cara orang lain memandang Anda. Hanya menjadi bersih, terawat, dan harum akan membuat Anda cukup jauh di depan.

    8. Anda menggunakan bahasa yang tidak mengikat.

    Bahasa yang tidak berkomitmen akan membentuk cara orang lain memandang Anda dan memengaruhi seberapa serius mereka memandang Anda. Bahasa yang tidak berkomitmen, atau menggunakan kata-kata atau bahasa musang, mengomunikasikan kurangnya kepercayaan diri atau kemampuan Anda melalui subteks. Pertimbangkan pernyataan seperti:

    "Mungkin saya bisa melakukannya untuk Anda."

    “Saya tidak tahu apakah itu ide yang bagus. Apakah menurut Anda itu ide yang bagus?”

    “Saya tidak tahu apakah saya punya rencana. Saya harus melihat.” Dan kemudian mundur.

    Semua ini dianggap plin-plan, terutama dalam waktu yang lama. Anda mendapatkan reputasi sebagai orang yang tidak dapat diandalkan atau tidak percaya diri karena bahasa yang Anda gunakan menyampaikan hal itu kepada orang-orang yang Anda hadapi.

    Hindari kata-kata kualifikasi dengan pernyataan Anda. Jangan gunakan kata atau frasa seperti:

    "Saya akan mencoba."

    “Saya seharusnya bisa melakukan itu.”

    "Saya bilang saya akan melihat apakah saya bisa mencoba!"

    "Mungkin…"

    Jika Anda tidak punya waktu atau jawabannya tidak, katakan apa yang Anda maksud. Orang mungkin tidak menyukainya, tetapi mereka akan menghormati Anda karenanya.

    9. Anda tidak berteman dengan baik.

    Kita dinilai oleh perusahaan yang kita pertahankan. Jika Anda bergaul dengan sekelompok badut, maka orang akan berasumsi bahwa Anda adalah badut atau memiliki penilaian yang sangat buruk. Tak satu pun dari hal-hal itu mendorong orang untuk menganggap Anda serius. Justru sebaliknya.

    Setiap orang perlu mengaudit lingkaran sosial mereka dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa mereka bergaul dengan orang yang tepat. Bergaul dengan orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak dewasa itu buruk karena dapat menurunkan standar Anda sendiri. Anda tidak ingin berada dalam kebiasaan tidak dihargai atau diperlakukan tanpa pertimbangan.

    Salah satu contoh terburuk yang diterima terlalu banyak orang adalah keterlambatan. Ini benar-benar kurangnya rasa hormat. Ini mengkomunikasikan kepada orang-orang yang menunggu bahwa waktu mereka kurang berharga atau bahwa mereka tidak layak mempertimbangkan bagaimana berada di sana tepat waktu. Memiliki tanggung jawab sebenarnya bukan alasan.

    “Yah, itu saja Tom. Dia selalu terlambat.” Nah, nasib buruk bagi Tom. Kami memiliki tanggung jawab lain dan tidak bisa menunggu sepanjang hari. Itu satu hal jika itu masalah satu kali atau Tom memberi tahu kami bahwa dia terlambat. Hal-hal terjadi. Hidup terjadi. Tidak apa-apa.

    Sebaliknya, kita berbicara tentang orang-orang yang terus-menerus menjadi masalah. Orang-orang akan berasumsi bahwa Anda memiliki kualitas yang sama dengan orang-orang yang bergaul dengan Anda. Paling tidak, mereka akan berasumsi bahwa Anda baik-baik saja dengan perilaku negatif apa pun yang ditampilkan, dan mereka tidak akan menganggap Anda serius.

    Pastikan perusahaan yang Anda pertahankan baik. Orang diperbolehkan menjadi orang. Mereka dibiarkan memiliki masalah dan kekurangan. Pastikan saja itu tidak berbahaya atau merugikan Anda.

    10. Terkadang, itu bukan Anda.

    Sekarang lihat, kita telah membahas beberapa topik penting dalam artikel ini yang mungkin sangat menyakitkan. Tidak ada yang benar-benar suka bercermin untuk melihat kekurangan mereka atau meminta mereka menjelaskannya. Tidak dianggap serius dapat dikaitkan dengan beberapa perilaku atau keanehan kepribadian orang yang tidak dianggap serius.

    Namun, itu tidak selalu salah mereka atau bahkan tanggung jawab mereka. Terkadang orang hanya brengsek yang tidak menghormati orang lain karena sejumlah alasan.

    Jadi sebelum Anda memisahkan diri untuk mencari tahu apa yang salah dengan Anda, lihatlah orang-orang yang tidak menganggap Anda serius. Apakah ada alasan Anda harus peduli dengan bagaimana mereka memandang Anda? Apakah ini hanya kepribadian mereka? Apakah mereka orang yang terus-menerus tidak bahagia dan tidak puas dengan segalanya? Jika demikian, itu mungkin masalah mereka, bukan masalah Anda.

    Misalkan seseorang tidak menyukai Anda karena alasan apa pun. Dalam hal ini, tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang itu kecuali menetapkan batasan Anda sendiri dan memastikan Anda diperlakukan dengan hormat.

    Pastikan Anda benar-benar memiliki masalah sebelum Anda menghancurkan diri sendiri untuk mencoba menyenangkan seseorang yang tidak bisa disenangi. Beberapa orang tidak bisa dibuat bahagia tidak peduli apa yang Anda lakukan. Dan tidak ada gunanya membuang energi untuk mencoba.

    ***
    Solo, Jumat, 9 Juli 2021. 11:10 am
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.