Cara Mempertahankan Hubungan Anda - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

illustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 13 Juli 2021 17:15 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Mempertahankan Hubungan Anda

    Apakah hubungan Anda di ujung keretakan? Mungkin Anda berdua sudah lama merasa tidak bahagia dan hanya mempertahankan status quo. Atau mungkin Anda telah secara aktif menghindari satu sama lain karena Anda tidak ingin berurusan dengan masalah besar di antara Anda berdua.

    Dibaca : 441 kali

    Jika Anda membaca ini, maka sudah saatnya Anda berjuang untuk mempertahankan hubungan ini. Jalan di depan tidak akan mudah, dan Anda mungkin sudah mengetahuinya. Faktanya, kebanyakan orang berusaha menghindari jalan itu sedapat mungkin karena mereka tahu betapa bergelombangnya jalan itu.

    Yang mengatakan, jika Anda ingin mempertahankan hubungan ini, Anda harus mengambil langkah pertama ke jalan ini. Semoga tip di bawah ini bisa menjadi alat yang berguna dalam ransel hubungan Anda.

    1. Tentukan bagaimana Anda mencapai titik ini.

    Bagaimana Anda berdua sampai di sini? Tidak mungkin hubungan Anda seperti ini sejak hari pertama, jika tidak, Anda tidak akan bersama.

    Aman untuk berasumsi bahwa ada cukup kecocokan untuk menyatukan Anda, dan membuat Anda tetap menjalin hubungan untuk beberapa waktu.

    Jadi apa yang terjadi? Apakah hal-hal di antara Anda mendingin dalam jangka waktu yang lama? Atau apakah ada kesalahan mendadak yang membuat kunci pas bekerja?

    Luangkan waktu untuk menentukan kapan hal-hal mulai memburuk di antara Anda. Mungkin ada event yang bisa dijadikan landmark, seperti kumpul-kumpul liburan, pesta ulang tahun, dan lain-lain. Apakah sebelumnya masih bagus, tapi setelah itu menurun?

    Bisakah Anda mencari tahu katalis apa yang menyebabkan perubahan ini terjadi? Atau apakah hal-hal tampaknya rusak sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama?

    Seringkali lebih mudah untuk mundur ketika ada penurunan kualitas hubungan yang pasti. Terkadang itu terjadi setelah pertengkaran besar, atau ketika perubahan telah terjadi dalam dinamika keluarga. Bagi sebagian orang, itu bisa terjadi setelah kehilangan bersama. Dalam kasus lain, menambahkan anak atau hewan peliharaan ke dalam unit keluarga dapat menyebabkan ketidakharmonisan, terutama jika pasangan itu baru bersama untuk waktu yang sangat lama.

    Tuliskan semua yang Anda rasa bisa menjadi faktor yang berkontribusi untuk mencapai tempat Anda sekarang. Jujurlah – kita semua salah, dan penting untuk mengenali kapan Anda mungkin berkontribusi pada spiral ke bawah ini, serta kesalahan langkah pasangan Anda.

    2. Bicarakan kebenaran Anda satu sama lain.

    Apakah Anda akrab dengan pepatah "bicaralah yang sebenarnya, bahkan jika suara Anda bergetar"? Banyak orang tidak, dan kurangnya kejujuran inilah yang menjadi inti dari banyak perpisahan. Mereka begitu fokus untuk menjaga hubungan dan kehidupan rumah tangga mereka menyenangkan dan nyaman sehingga mereka tidak jujur tentang apa yang sebenarnya mereka rasakan.

    Menyimpan emosi itu tidak hanya menyebabkan kebencian. Ini dapat menyebabkan kecemasan dan depresi, serta penyakit fisik.

    Ini hanyalah salah satu dari banyak alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk saling terbuka tentang semua yang terjadi.

    Bersikap jujur seperti ini bisa membuat banyak orang merasa sangat rentan. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang telah melalui banyak kesulitan dan memiliki tembok pertahanan yang kuat. Membuka diri tentang perasaan mereka bisa jadi sulit, jadi mereka sering menghindari mengatakan apa pun; memilih jarak dan diam daripada mengatasi emosi mereka, dan bekerja menuju resolusi.

    Selain itu, mereka mungkin takut ditolak. Katakanlah Anda berdua duduk dan mendiskusikan perasaan Anda. Jika dia terbuka dan mengatakan bahwa dia masih mencintai Anda dan ingin bersama Anda, dan Anda merespons dengan mengatakan bahwa perasaan Anda sudah mati dan Anda ingin putus, itu akan menghancurkan dia.

    Akibatnya, dia mungkin lebih memilih untuk tetap berada dalam zona nyaman ekspresi netral dan reservasi.

    Jika Anda berpikir bahwa pasangan Anda termasuk dalam kategori ini, Anda mungkin harus mengambil risiko dan berbicara tentang perasaan Anda. Jika dia merasakan hal yang sama, itu akan menjadi rasa lega bagi dia untuk membuka emosinya sendiri setelah Anda menunjukkan kerentanan terlebih dahulu.

    Beberapa orang lebih nyaman menuliskan apa yang mereka pikirkan dan rasakan daripada mendiskusikannya. Ini terutama benar jika mereka cenderung menangis atau ledakan emosi lainnya yang membuat mereka merasa frustrasi. Jika demikian, tulislah surat dan berikan kepada pasangan Anda untuk dibaca.

    Rute mana pun yang Anda ambil, pastikan Anda melakukan sesuatu. Menyelamatkan hubungan ini akan membutuhkan tindakan. Tindakan apa pun lebih baik daripada stagnasi yang Anda hadapi saat ini.

    3. Catat semua yang Anda lakukan untuk membantu dan merusak hubungan.

    Jujurlah dengan diri Anda sendiri tentang peran yang Anda mainkan dalam situasi tersebut.

    Misalnya, jika Anda merasa telah diabaikan oleh pasangan Anda, apakah Anda menghukumnya dengan diam atau menjauh jika dan ketika dia mengulurkan tangan dan mencoba menghabiskan waktu bersama? Mungkin mencoba membuat dia merasakan sakit hati yang sama seperti yang Anda alami?

    Atau, apakah Anda orang yang melakukan semua upaya untuk menjaga hal-hal berjalan, hanya untuk bertemu dengan sikap apatis dan jarak dari separuh lainnya?

    Catat semua yang telah Anda lakukan untuk mencoba menginspirasi kedekatan yang lebih besar di antara Anda. Ini bisa berkisar dari seberapa banyak pekerjaan rumah tangga dan persiapan makan yang Anda lakukan versus upaya dia, hingga cara Anda mencoba melibatkan dia dalam hal-hal seperti kencan malam, permainan, dan hal-hal pasangan lainnya.

    4. Cari tahu apakah Anda berdua berinvestasi dalam upaya menyelamatkan kebersamaan Anda.

    Apakah Anda berdua berselisih karena sesuatu terjadi yang membuat Anda berpisah? Jika demikian, Anda mungkin menghadapi situasi di mana satu orang berusaha menyelamatkan hubungan, sementara yang lain apatis. Seseorang bahkan mungkin mencoba untuk menyabotase yang lain.

    Ini sering terjadi jika ada luka atau pengkhianatan yang mendalam yang terjadi di antara Anda. Itu mungkin situasi di mana salah satu pasangan berselingkuh. Dia mungkin telah memaafkan, tetapi ada kebencian yang bertahan lama, dan pasangan lainnya menjaga jarak dan sikap menyendiri.

    Demikian pula, jika salah satu pasangan memiliki masalah dengan perjudian atau melakukan investasi yang buruk, mereka mungkin kehilangan banyak uang dari akun bersama. Jika pasangan lain harus melangkah dan bekerja lembur (atau pekerjaan sampingan) untuk membantu memenuhi kebutuhan, dia mungkin marah dan kesal karenanya. Hal ini dapat mengakibatkan secara tidak sadar menghukum orang yang kehilangan uang dengan membekukannya atau secara verbal melecehkannya.

    Terlepas dari apa yang menyebabkannya, penting untuk menentukan apakah Anda berdua berinvestasi dalam menyelamatkan hubungan Anda, atau apakah itu upaya sepihak. Jika hanya satu orang yang melemparkan cahaya ke dalam lubang hitam, maka yang lain harus mengakui bahwa dia sudah selesai.

    Atau, jika kedua belah pihak ingin memperjuangkan hubungan ini, maka Anda perlu mengembangkan rencana aksi bersama. Ada dua orang yang terlibat di sini, dan keduanya harus memainkan peran yang sama dalam menyelamatkan ini.

    5. Berusahalah untuk menyelamatkan hubungan Anda sebagai kekuatan yang bersatu.

    Anda berkumpul karena suatu alasan. Selain itu, Anda saling mencintai, memiliki tujuan bersama, dan bekerja sama dengan sangat baik, bukan?

    Jadi mari kita balikkan masalah ini sehingga Anda berdua menghadapi masalah sebagai kekuatan yang bersatu, daripada berperang satu sama lain.

    Duduk dan cari tahu apa yang Anda inginkan untuk langkah selanjutnya. Jika Anda tahu kapan dan di mana segala sesuatunya mulai salah, maka Anda akan tahu di mana harus memulai proses penyembuhan.

    Ini dapat membantu untuk memiliki percakapan tentang semua yang telah Anda atasi sebagai pasangan. Mungkin ada tantangan keuangan yang telah Anda kerjakan sebagai sebuah tim. Mungkin Anda pernah ada untuk satu sama lain melalui tantangan kesehatan atau perselisihan keluarga.

    Buatlah daftar semua cara Anda mengatasi rintangan dengan menjadi batu karang satu sama lain. Ini memberikan pengingat yang bagus tentang mengapa Anda membuat tim yang hebat. Anda tahu Anda bisa melakukan apa saja jika Anda bergabung dan bekerja berdampingan.

    6. Ciptakan tujuan untuk dikerjakan bersama.

    Salah satu cara terbaik untuk memperjuangkan hubungan Anda adalah dengan menciptakan tujuan yang dapat Anda upayakan bersama.

    Itu mungkin menabung untuk rumah baru. Atau, jika Anda berdua adalah tipe petualang, Anda dapat mengambil cuti bersama dan traveling. Menulis buku bersama, mengolah kebun, kembali bugar untuk saling menyemangati.

    Pilih sesuatu yang Anda berdua selalu ingin lakukan, dan jadikan itu prioritas. Begitu banyak orang menaruh mimpi dan aspirasi di belakang kompor. Mereka mengira mereka akan mencapai hal-hal ini "suatu hari nanti," ketika mereka memiliki sedikit lebih banyak waktu, uang, dan lain-lain.

    Tidak ada waktu seperti saat ini, terutama jika Anda mencoba untuk menyembuhkan hubungan yang berada di ujung perpecahan.

    Bekerja menuju tujuan bersama berarti Anda dapat saling menyemangati selama masa-masa sulit, dan merayakan kemenangan sebagai tim yang bersatu. Ini tidak akan menghilangkan rasa sakit dan kesulitan di masa lalu, tetapi itulah masa lalu. Fokus di sini dan sekarang, dan masa depan yang Anda bangun bersama.

    7. Ambil hal-hal satu hari pada suatu waktu.

    Hal-hal tidak mulai larut di antara Anda dalam semalam. Akibatnya, itu juga tidak akan diperbaiki dalam semalam.

    Akan ada lebih banyak gundukan di jalan yang harus diatasi saat Anda bekerja sama untuk memuluskan segalanya. Anda mungkin memiliki argumen, dan Anda mungkin masih saling menjauh dari waktu ke waktu. Dan itu tidak masalah.

    Kuncinya adalah terus bergerak maju. Rayakan kemenangan kecil Anda – itu adalah batu loncatan ke tempat yang ingin Anda tuju. Anda bisa melakukan ini, bersama-sama.

    ***
    Solo, Minggu, 11 Juli 2021. 5:31 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.