Gaji Rp3 Juta Tetap Bisa Investasi, kok, Asal Kamu Lakukan Hal Ini - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 12 Juli 2021 12:24 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Gaji Rp3 Juta Tetap Bisa Investasi, kok, Asal Kamu Lakukan Hal Ini

    Dengan modal Rp100.000,- saja siapa pun bisa memulai investasi, termasuk kamu yang bergaji 3 juta dalam sebulan. Kuncinya niat dan mau menyisihkan di awal dari sebagian gajinya untuk investasi.

    Dibaca : 414 kali

    Bukan rahasia lagi, saat mendengar kata investasi imajinasi kita sering jauh melayang tinggi memikirkan yang bukan-bukan, seperti musti dilakukan dengan uang yang banyak yang mau ngga mau gaji harus gede pula.

    Bagi kamu yang gajinya 3 jutaan lalu menjadi merasa tak pantas untuk investasi. Padahal investasi itu nggak perlu modal besar seperti yang dibayangkan selama ini.

    Kamu yang gajinya 3 jutaan juga bisa kok investasi, karena kuncinya ada di pengaturan keuangan. Pertanyaannya kini, sudah sejauh mana sih kamu mengatur keuanganmu biar bisa investasi?

    Teori pengelolaan keuangan mengenal dua skema yang memungkinkan orang dengan gaji seberapa pun tetap bisa investasi, yakni skema 60-20-20 dan skema 50-30-20.

    Skema 60-20-20 artinya 60% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk dana hiburan dan 20% untuk tabungan/investasi, sedangkan skema 50-30-20 yakni 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan/investasi, dan 20% untuk dana hiburan.

    Dengan gaji 3 juta dalam sebulan kami kini bisa investasi, toh investasi saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau, semisal investasi reksa dana, saham dan ETF dengan aplikasi IPOT yang sudah 100% online dan modal yang dibutuhkan untuk memulainya pun sangat terjangkau.

    Dengan modal Rp100.000,- saja siapa pun bisa memulai investasi, termasuk kamu yang bergaji 3 juta dalam sebulan. Kuncinya niat dan mau menyisihkan di awal dari sebagian gajinya untuk investasi.

    Baik skema 1 atau skema 2 sama-sama memberikan porsi investasi dari seberapa pun gaji yang kamu dapatkan. Dengan skema pertama 60-20-20 maka dapat diuraikan satu persatu sebagai berikut:

    1. Dengan gaji 3 juta rupiah setiap bulan maka usahakan kebutuhan sehari-hari selama sebulan itu terpenuhi dengan duit sebesar 1,8 juta rupiah. Yang termasuk kebutuhan sehari-hari selama sebulan itu mulai dari makan, bensin atau transportasi, selanjutnya yang termasuk keperluan sehari-hari seperti sabun, shampoo, bayar kos, listrik hingga pulsa.

    2. Bersenang-senang itu tidak dilarang, apalagi sebagai bentuk apresiasi diri untuk kerja keras yang selama ini sudah dilakukan. Siapa pun berhak memiliki budget untuk senang-senang. berdasaran skema 60-20-20 maka 20%nya untuk dana hiburan atau untuk gaya hidup. Jika gaji kamu 3 juta maka budget untuk hiburan dan gaya hidup ini 20% atau sebesar 600.000. Yang termasuk dana hiburan dan gaya hidup ini bisa mencakup nonton film, makan enak, beli baju, make up, beli buku, ataupun kesenangan-kesenangan lainnya.

    3. Selanjutnya porsi 20% berikutnya baru untuk tabungan atau investasi. Dengan gaji 3 juta maka porsi ini juga lumayan besar yakni Rp600 ribu Kalau investasi bisa dimulai dengan Rp100.000 maka uang bisa terpenuhi. Selanjutnya, investasi secara rutin sebulan Rp100.000, kalau dilakukan secara konsisten maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi, kalau investasinya sudah dilakukan sejak mendapatkan gaji pertama kali, maka investasi pun akan banyak manfaatnya. Di luar investasi ini, tentu yang 500.000 bisa dialokasikan untuk dana darurat dan ditabung untuk dana cadangan yang sifatnya likuid.

    Nah, dengan skema yang konsisten maka bagi kamu yang gajinya 3 juta dalam sebulan tetap investasi.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.