x

Covid-19 Banyak menginfeksi orang-orang di seluruh dunia.

Iklan

haikal luthfi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2020

Selasa, 13 Juli 2021 06:28 WIB

Waspada 10 Gejala Covid Varian Delta yang Perlu Diketahui

Jenis ini telah ditemukan di 9 negara lainnya, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Portugal, Swiss, Jepang, Polandia, Nepal, Rusia dan China. Di Inggris saja, ada lebih dari 42 ribu kasus varian Delta ditemukan. Kasus ini naik 70 persen dari minggu sebelumnya atau naik 29 ribu kasus dalam waktu sepekan. Terdapat beberapa gejala Covid varian delta yang disinyalir lebih berbahaya ketimbang virus corona sebelumnya. Apa sajakah itu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap harinya, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini disebabkan karena masih tingginya mobilitas masyarakat. Selain itu, adanya virus corona varian baru yang disebutkan lebih berbahaya ketimbang sebelumnya.

Ya, varian ini disebut juga dengan covid Delta atau dikenal dengan B1617, pertama kali ditemukan di India dan disebut lebih mudah menular dibanding varian lainnya lho. Bahkan varian Delta telah terbukti lebih menular dibandingkan virus induk atau awalnya.

Jenis ini telah ditemukan di 9 negara lainnya, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Portugal, Swiss, Jepang, Polandia, Nepal, Rusia dan China. Di Inggris saja, ada lebih dari 42 ribu kasus varian Delta ditemukan. Kasus ini naik 70 persen dari minggu sebelumnya atau naik 29 ribu kasus dalam waktu sepekan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ilustrasi virus varian delta

Menurut National Health Services (NHS) di Inggris seperti yang dikutip dari laman HaiBunda, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa gejala varian Delta ini sedikit berbeda dengan virus Corona pada umumnya. Studi Zoe Covid yang berbasis aplikasi, dan para ahli virologi di India menyebutkan antara lain seperti:

  1. Batuk
  2. Demam
  3. Hilang indra penciuman dan perasa
  4. Sakit kepala
  5. Sakit tenggorokan
  6. Pilek
  7. Ruam kulit
  8. Perubahan warna pada jari tangan dan kaki
  9. Nyeri dada
  10. Sesak napas

Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India ini terasa seperti 'flu yang buruk'. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terpapar virus karena gejalanya mirip flu musiman yang parah.

"Covid bertindak berbeda sekarang, lebih seperti flu yang buruk. Orang-orang mungkin mengira mereka terkena flu musiman dan masih bisa pergi ke pesta, tapi kami pikir itu dapat memicu masalah," kata Tim Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Sehingga demi memutus penyebaran yang lebih besar lagi, dianjurkan untuk sesegera mungkin melakukan vaksinasi. Sebab, beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 terbukti dapat memberikan perlindungan varian Delta.

Selain itu, diharapkan juga untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan kalau bisa di rumah saja, apabila tidak ada kepentingan yang mendesak. Mengingat varian jenis ini lebih cepat menular agar menjauhi tempat-tempat keramaian.

Ikuti tulisan menarik haikal luthfi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler