12 Strategi Membatasi Pengeluaran Berlebih - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

illustr: Go From Broke

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 14 Juli 2021 18:02 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 12 Strategi Membatasi Pengeluaran Berlebih

    Kita semua memiliki tujuan keuangan jangka panjang yang ingin kita capai. Misalnya, menabung untuk masa pensiun. Namun, godaan sehari-hari selalu besar. Anda, misalnya, ingin makan malam mewah di restoran, membeli gadget baru, atau pergi berlibur, Itu harus dilawan demi mencapai tujuan. Berikut cara memperlakukan keuangan Anda demi tercapainya tujuan jangka panjang.

    Dibaca : 490 kali

    Poin Penting

    • Sebuah studi baru menganalisis strategi pengendalian diri psikologis untuk mengurangi pengeluaran, seperti menggunakan rencana pensiun dan memikirkan tujuan seseorang.
    • Strategi pengendalian diri psikologis untuk mengurangi pengeluaran berlebihan rata-rata efektif.
    • Strategi tabungan tertentu yang dipilih orang tidak sepenting menggunakannya secara konsisten.

     

    Kita semua memiliki tujuan keuangan jangka panjang yang ingin kita capai, seperti menabung untuk masa pensiun. Namun, godaan sehari-hari, seperti makan malam mewah di restoran, membeli gadget baru, atau pergi berlibur, harus sering dilawan untuk mencapai tujuan tersebut.

    Sayangnya, sistem penghargaan otak kita diarahkan dengan cara yang sering kali lebih memilih imbalan jangka pendek yang dapat segera diakses daripada tujuan jangka panjang tanpa kesenangan langsung. Oleh karena itu, pengendalian diri diperlukan untuk menahan dorongan belanja dalam kehidupan sehari-hari.

    Strategi pengendalian diri keuangan psikologis mana yang benar-benar efektif?

    Dalam sebuah studi baru, yang baru saja diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, Davydenko dan rekan kerja (2021) melakukan meta-analisis strategi pengendalian diri keuangan dalam literatur akademis untuk mengetahui strategi pengendalian keuangan psikologis yang efektif.

    Sebuah meta-analisis adalah analisis statistik yang mengintegrasikan hasil dari banyak studi ilmiah yang berbeda. Ini memiliki keuntungan memiliki ukuran sampel yang lebih besar, meningkatkan kekuatan statistik, dan membuat analisis cenderung tidak terpengaruh oleh karakteristik studi individu. Para ilmuwan memasukkan 15 artikel berbeda dengan total 29 studi yang menguji 12 strategi pengendalian diri keuangan yang berbeda dalam meta-analisis mereka. Di semua 29 studi, data dari 12.316 sukarelawan dimasukkan.

    12 strategi pengendalian keuangan yang diidentifikasi dalam analisis adalah:

    1. Menggunakan rencana proyeksi tabungan pensiun
    2. Merencanakan pembelian dengan daftar belanja
    3. Mempertimbangkan mengapa Anda mengejar tujuan
    4. Membayar dengan uang tunai sebagai lawan kartu
    5. Melacak tabungan mingguan
    6. Menggunakan rekening tabungan tanpa penarikan awal
    7. Menjaga anggaran untuk perjalanan belanja
    8. Mengantisipasi penyesalan di masa depan atas pembelian
    9. Menetapkan tujuan tabungan tertentu
    10. Menyimpan uang tunai dalam tagihan secara umum
    11. Menyimpan uang tunai secara khusus dalam tagihan denominasi besar
    12. Membuat uang sulit diakses

    Kabar baiknya adalah: Di semua penelitian, strategi pengendalian keuangan secara signifikan membantu sukarelawan mengekang pengeluaran atau meningkatkan tabungan. Dengan demikian, strategi kontrol keuangan psikologis bekerja dengan baik secara umum.

    Para ilmuwan selanjutnya menganalisis data untuk mengetahui apakah strategi pengendalian keuangan proaktif (strategi yang berfokus pada apa yang dapat dilakukan orang untuk mengendalikan pengeluaran sebelum mereka menghadapi situasi yang menggoda) atau strategi pengendalian keuangan reaktif (strategi yang berfokus pada apa yang dapat dilakukan orang selama situasi yang menggoda) lebih berhasil. Namun, analisis mengungkapkan bahwa kedua jenis strategi sama-sama efektif. Secara keseluruhan, strategi pengendalian diri keuangan mana yang digunakan seseorang untuk mengurangi pengeluaran berlebihan tidak terlalu menjadi masalah, asalkan digunakan terus menerus.

    Strategi pengendalian diri keuangan mana yang dipromosikan secara online?

    Dalam analisis kedua, mereka menyelidiki strategi pengendalian diri keuangan mana yang dipromosikan secara online dengan menganalisis konten situs web yang berfokus pada pengendalian diri keuangan. Para ilmuwan mampu mengidentifikasi 104 situs web yang mencakup 1.950 saran tentang cara mengurangi pengeluaran atau meningkatkan penghematan.

    Ini adalah 10 strategi pengendalian diri keuangan teratas yang dipromosikan secara online:

    1. Belanja cerdas, seperti hanya membeli barang obral, atau menghindari barang bermerek
    2. Hindari tempat, orang, dan aktivitas yang menggoda, seperti restoran, merokok, mal, atau browsing online
    3. Hindari menghabiskan godaan dengan melakukannya sendiri, seperti membuat makan siang sendiri daripada pergi ke restoran
    4. Buat rencana, seperti daftar belanja untuk belanja bahan makanan
    5. Menggunakan potongan otomatis dari gaji
    6. Buat anggaran
    7. Lacak akun dan pengeluaran atau perilaku menabung
    8. Buat uang sulit diakses, misalnya dengan membekukan kartu kredit
    9. Tetapkan atau pikirkan tentang tujuan keuangan Anda seperti dana pensiun atau kuliah Anda
    10. Pikirkan jika Anda membutuhkan atau menginginkannya

    Menariknya, tumpang tindih antara strategi yang dipromosikan secara online dan yang terbukti efektif menurut analisis pertama dalam penelitian ini adalah 55,4 persen. Jadi, ada beberapa saran yang berguna di situs web yang mempromosikan strategi pengendalian diri keuangan, tetapi hanya sebagian tumpang tindih dengan apa yang telah terbukti efektif dalam literatur akademis.

    Strategi pengendalian diri keuangan mana yang digunakan orang dalam kehidupan nyata?

    Pada bagian ketiga dan terakhir dari penelitian, para ilmuwan bertanya kepada 1.000 sukarelawan Kanada dan Amerika tentang strategi pengendalian diri keuangan mereka untuk menyelidiki sejauh mana strategi yang diuji dalam literatur akademis atau disajikan di situs web tumpang tindih dengan apa yang sebenarnya dilakukan orang secara kehidupan nyata. Delapan ratus tiga puluh dari 1000 sukarelawan menjelaskan setidaknya satu strategi yang mereka gunakan. Secara keseluruhan, 20 strategi yang berbeda telah diidentifikasi.

    Ini adalah 10 strategi pengendalian diri keuangan teratas yang digunakan oleh para sukarelawan:

    1. Buat anggaran
    2. Pikirkan jika Anda membutuhkan atau menginginkannya
    3. Buat uang sulit diakses, misalnya dengan membekukan kartu kredit
    4. Hindari menghabiskan godaan dengan melakukannya sendiri, seperti membuat makan siang sendiri daripada pergi ke restoran
    5. Belanja cerdas, seperti hanya membeli barang obral, atau menghindari barang bermerek
    6. Menabung sebelum membelanjakan, misalnya, hemat 50 persen dari gaji
    7. Tetapkan atau pikirkan tentang tujuan keuangan Anda seperti dana pensiun atau kuliah Anda
    8. Lacak akun dan pengeluaran atau perilaku menabung
    9. Pikirkan atau bayangkan diri Anda di masa depan
    10. Tunggu sebelum melakukan pembelian

    Secara keseluruhan, strategi yang digunakan oleh orang-orang nyata dalam kehidupan sehari-hari tumpang tindih sekitar 50 persen dengan strategi yang terbukti efektif oleh analisis pertama dalam penelitian ini. Tumpang tindih dengan strategi yang dipromosikan secara online adalah 95 persen. Ini mungkin menyarankan (tidak mengherankan) bahwa orang mendasarkan keputusan mereka pada strategi pengendalian diri keuangan mana yang lebih banyak digunakan pada saran online daripada literatur akademis. Komunikasi hasil ilmiah yang lebih baik ke situs web yang mempromosikan pengendalian diri finansial dapat membantu orang mengoptimalkan strategi mereka.

    Pesan yang Kita Dapat

    Kegagalan dalam pengendalian diri finansial dapat memiliki konsekuensi yang parah, menjadikan strategi ini sebagai alat penting untuk kebahagiaan dan kesuksesan jangka panjang dalam hidup. Untungnya, strategi psikologis untuk mengurangi pengeluaran berlebihan dan mulai menabung efektif. Menariknya, strategi spesifik tidak terlalu penting. Ini menunjukkan bahwa pendekatan yang secara umum penuh perhatian terhadap keputusan keuangan sehari-hari yang mencakup satu atau lebih strategi yang dibahas di atas adalah cara yang bagus untuk mengekang pengeluaran yang berlebihan.

    ***
    Solo, Senin, 12 Juli 2021. 7:38 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.