Cara Meningkatkan Stamina Mental - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

illustr: Folder\xd \xd

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 21 Juli 2021 16:33 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Meningkatkan Stamina Mental

    10 tip untuk meningkatkan stamina mental kita.

    Dibaca : 316 kali

    Stamina mental adalah bagian dari fondasi untuk membangun hal-hal besar. Beberapa hal hebat mudah dibuat, dan sebagian besar perlu dibangun dalam jangka waktu yang lama.

    Lalu ada saat-saat yang Anda butuhkan untuk tetap fokus pada proyek atau tujuan selama berjam-jam atau berhari-hari untuk mencapai tenggat waktu yang penting. Itu bisa sulit dilakukan jika Anda tidak memiliki stamina mental yang kuat.

    Kabar baiknya adalah bahwa stamina mental adalah sesuatu yang dapat Anda kembangkan. Untuk melakukannya perlu mengubah beberapa kebiasaan, menciptakan kebiasaan yang lebih baik, dan memelihara pikiran Anda. Sepuluh tips berikut akan membantu Anda melakukan hal itu.

    1. Mengadopsi sikap yang lebih positif.

    Sikap positif memberikan begitu banyak manfaat nyata bagi cara kerja otak Anda. Narasi internal yang Anda miliki tentang tujuan sulit Anda akan sangat membantu kesuksesan atau kegagalan Anda.

    Jika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa itu semua terlalu sulit atau tidak dapat dilakukan, Anda akan mewujudkannya untuk diri sendiri. Jika Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa tujuan Anda dapat dicapai dan menyelesaikan hal-hal yang Anda inginkan, kemungkinan kecil Anda akan merusak kesuksesan Anda sendiri.

    Berpikir positif memberikan manfaat lain yang membantu menumbuhkan stamina mental. Ini mengurangi stres dan kecemasan, yang terus-menerus menguras cadangan energi mental Anda. Semakin baik sikap yang dapat Anda miliki tentang apa yang Anda hadapi dalam kehidupan umum Anda, semakin banyak energi yang Anda miliki untuk menempuh jarak ketika Anda membutuhkannya.

    2. Tetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai.

    Penetapan tujuan membantu stamina dan daya tahan mental dengan memberikan arahan dan menciptakan umpan balik positif.

    Arah itu penting karena sulit untuk menjadi kuat sepanjang waktu tanpa alasan. Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki pekerjaan yang sulit di mana Anda berjuang untuk melewatinya setiap hari. Tidak ada akhir yang terlihat untuk kesulitan dan semua energi mental yang Anda masukkan ke dalamnya. Hampir tidak mungkin bagi siapa pun untuk mempertahankan pekerjaan semacam itu untuk waktu yang lama tanpa alasan atau sesuatu yang diharapkan.

    Sering kali, pekerjaan seperti ini menarik orang yang berdedikasi pada suatu tujuan atau sangat bersemangat tentang pekerjaan itu. Mereka secara teratur mencapai tujuan dalam bidang mereka dengan memenuhi tanggung jawab yang menyertainya.

    Tujuan yang lebih kecil dalam tujuan yang lebih besar dapat memberikan struktur yang berharga. Itu mungkin seperti memenuhi tenggat waktu, belajar selama delapan jam, menulis beberapa ribu kata, atau berolahraga setiap hari selama dua minggu.

    Manfaat tambahan dari penetapan tujuan adalah umpan balik positif. Mencapai tujuan terasa menyenangkan, dan otak Anda memberi Anda sedikit semburan dopamin. Menantikan kelegaan dan perasaan positif itu dapat melatih otak Anda untuk meningkatkan stamina mental saat Anda benar-benar membutuhkannya.

    3. Kurangi tekanan hidup Anda.

    Mengurangi tekanan hidup membebaskan sumber daya berharga di otak Anda yang dapat Anda gunakan di tempat lain. Anda hanya memiliki begitu banyak energi mental untuk digunakan, dan Anda tidak ingin menyia-nyiakannya.

    Ya, hidup itu keras, dan ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan dengan mencoba membayar tagihan, mengurus keluarga, melihat orang yang Anda cintai bertambah tua, dan banyak lagi. Tetapi ada berbagai strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi stres itu.

    Syukur adalah alat penghilang stres yang ampuh. Ini membantu membumikan Anda pada saat ini dan memfokuskan Anda pada hal-hal positif – hal-hal yang Anda miliki yang berada dalam kendali Anda. Ini membantu melatih otak Anda untuk mencari lebih banyak hal positif dan mengurangi fokus Anda pada hal negatif.

    Meditasi dan perhatian penuh melayani tujuan yang sama. Sebagian besar kecemasan mengkhawatirkan tentang apa yang bisa terjadi daripada berurusan dengan apa yang sebenarnya terjadi. Membungkus pikiran Anda dalam "bagaimana jika?" tidak terlalu membantu setelah titik tertentu. Tentu, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa kemungkinan dan apa yang bisa terjadi dalam beberapa situasi. Ini dapat membantu Anda mempersiapkan masa depan. Namun, ada saatnya ketika memikirkan dan mengkhawatirkannya tidak memberikan manfaat lagi. Itu hanya menjadi proses pengulangan dan membakar lebih banyak bahan bakar mental.

    Cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda terlalu banyak berpikir adalah dengan mencatat pemikiran Anda dan menentukan apakah Anda pernah memikirkannya sebelumnya atau tidak. Jika Anda sudah membuat rencana, tidak perlu lagi memikirkan rencana tersebut. Demikian pula, jika Anda tidak dapat lagi memikirkan rencana yang efektif karena Anda sudah memikirkan beberapa hal, inilah saatnya untuk berhenti mencurahkan energi Anda untuk itu.

    4. Lakukan latihan fisik secara teratur.

    Sifat terjalin dari tubuh dan pikiran yang sehat adalah hubungan yang telah lama terjalin dan diterima di bidang medis. Tubuh yang sehat membantu menjaga kesehatan pikiran. Olahraga teratur tidak hanya menjaga otot dan tubuh Anda dalam kondisi yang baik tetapi juga memfasilitasi produksi kimia penting yang membantu menjaga pikiran Anda seimbang dan sehat. Olahraga membantu memerangi depresi dan kecemasan, yang keduanya akan sangat menguras cadangan stamina mental Anda.

    Olahraga teratur juga memfasilitasi tidur yang lebih sehat. Itu membuat tubuh Anda lelah secara positif, daripada hanya menghabiskan energi Anda dengan menonton pesta atau menghabiskan banyak waktu untuk duduk.

    Bangun! Bergerak! Sesuatu yang sederhana seperti jalan-jalan biasa terbukti memberikan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Ini akan membantu stamina mental Anda.

    5. Mempraktikkan visualisasi kesuksesan.

    Visualisasi adalah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan yang sulit dengan memuluskan harapan Anda tentang apa yang akan Anda alami. Atlet dengan performa terbaik secara teratur menggunakan alat ini untuk membangun kepercayaan diri mereka dan memastikan mereka tampil di level teratas.

    Katakanlah Anda memiliki proyek yang harus Anda selesaikan lusa. Anda tahu Anda memiliki waktu seharian untuk mengerjakannya, tetapi Anda tidak benar-benar tahu bagaimana Anda akan mengatasi masalah tersebut. Sumber ketidakpastian itu dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang tidak perlu. Anda dapat mengganti ketidakpastian itu dengan memvisualisasikan seperti apa pengerjaan proyek itu nantinya.

    Malam ini, Anda akan membayangkan diri Anda akan tidur pada jam yang wajar. Anda akan bangun jam 6 pagi, sarapan, dan kemudian mulai mengerjakan proyek Anda pada jam 7 pagi. ketika Anda terjaga dan sadar. Anda akan melakukan penelitian selama dua jam ke dalam proyek, lalu istirahat lima belas menit. Anda kemudian akan menghabiskan dua jam lagi untuk menulis proyek dan istirahat makan siang setengah jam. Dua jam lagi untuk menulis dan lima belas menit istirahat. Pada saat itu, proyek akan sebagian besar selesai dan hanya perlu sedikit polesan untuk presentasi akhir.

    Dengan memvisualisasikan proses dan memecah rencana menjadi tujuan yang dapat dikelola, Anda akan secara efektif menghilangkan stres dan kecemasan dari situasi tersebut.

    6. Tingkatkan kebersihan dan jadwal tidur Anda.

    Meningkatkan kebersihan dan jadwal tidur Anda akan menghasilkan banyak waktu sebagai peningkatan menyeluruh dalam kesehatan, kesejahteraan, dan stamina mental Anda. Tidur adalah bagian penting dari kesehatan mental dan fisik yang baik, namun kita terus berjuang untuk mendapatkan jenis tidur yang kita butuhkan. Lagi pula, kita memiliki hal-hal yang harus dilakukan! Tenggat waktu untuk bertemu! Pekerjaan untuk dicapai!

    Temukan cara untuk mendapatkan antara tujuh dan sembilan jam tidur berkualitas setiap malam; bagaimanapun Anda bisa. Kurangi kopi dan kafein sebelum jam 8 malam. sehingga tubuh Anda dapat mulai naik level untuk malam yang akan datang. Gunakan filter atau aplikasi cahaya biru di perangkat Anda jika Anda menggunakannya sebelum tidur. Idealnya, jangan menggunakannya sebelum tidur. Media sosial dan aplikasi lain memiliki trik psikologis agar otak Anda tetap aktif dan menginginkan lebih. Hindari minum apapun sebelum tidur, agar Anda tidak terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi.

    Tidur berkualitas mengisi ulang baterai mental Anda dengan menghilangkan kelelahan, mengisi bahan kimia yang dibutuhkan otak Anda untuk berfungsi sepanjang hari, dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan. Ini sangat membantu Anda tetap fokus untuk waktu yang lama.

    7. Muat beban kerja Anda di depan.

    Memulai dengan kuat dapat memberi Anda momentum yang Anda butuhkan untuk mendominasi tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai.

    Mari kembali ke contoh proyek sebentar. Berapa kali Anda membiarkan sebuah proyek berlalu ke menit terakhir karena Anda sepertinya tidak bisa memaksakan diri untuk memulai? Dan bagaimana rasanya mengerjakan proyek itu ketika Anda memiliki tenggat waktu yang menjulang? Stres? Menimbulkan kecemasan? Mengkhawatirkan? Dan mungkin sulit untuk tetap fokus dan pada tugas saat Anda mengerjakannya.

    Anda dapat menghindarinya dengan memuat pekerjaan Anda di depan. Singkirkan pekerjaan yang sulit dan membosankan sesegera mungkin, lalu selami pekerjaan yang lebih mudah.

    Anda akan memiliki lebih banyak energi dan fokus saat pertama kali memulai proyek, jadi manfaatkan waktu itu sebaik-baiknya. Jika proyek Anda jatuh tempo dalam seminggu, luangkan hari pertama untuk menyelesaikan penelitian dan perencanaan, cari tahu titik kesulitan terbesar, dan hancurkan! Jangan menunggu sampai hari keenam untuk memulai penelitian dan perencanaan hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak tahu apakah Anda akan punya cukup waktu.

    Jangan mengandalkan pikiran dan perasaan Anda yang menolak melakukan pekerjaan; pikiran seperti, "Saya tidak bisa memaksakan diri untuk melakukannya," atau, "Saya hanya tidak ingin melakukannya." Tidak peduli apa yang Anda pikirkan atau rasakan. Duduk saja dan lakukan pekerjaan apa pun. Tidak ada orang yang ingin melakukan pekerjaan yang membosankan. Anda hanya melakukannya dan menyelesaikannya. Tidak perlu duduk-duduk dan menunggu rasa malapetaka yang merayap untuk memberikan motivasi ketika hanya ada beberapa jam tersisa untuk tenggat waktu.

    8. Biarkan diri Anda lebih fleksibel.

    “Tidak ada rencana yang selamat dari kontak dengan musuh.” - Dikaitkan dengan banyak pembicara yang berbeda.

    Awalnya, pernyataan ini dibuat dalam konteks seorang pemimpin militer yang mengatur rencana pertempurannya untuk melawan musuh. Praktis, itu berlaku untuk semua aspek kehidupan. Semua rencana yang Anda buat dapat berubah dengan sepeser pun. Anda telah duduk, Anda telah memvisualisasikan, Anda telah merencanakan, Anda memiliki strategi, dan kemudian BOOM! Entah dari mana, beberapa keadaan tak terduga benar-benar melempar kunci pas dalam pekerjaan.

    Sekarang apa yang Anda lakukan?

    Anda beradaptasi dan berguling dengan pukulan. Orang dengan kekuatan mental dan stamina tahu bahwa segala sesuatunya tidak selalu berjalan sesuai rencana. Ketika itu terjadi, mereka tidak membuang waktu untuk meratapi rencana mereka yang tidak berhasil atau bahwa sekarang mereka harus melakukan sesuatu yang berbeda. Mereka hanya melihat pilihan mereka, menemukan jalan lain, dan terus bergerak di atasnya. Mereka tidak menyia-nyiakan energi mental yang berharga itu untuk hal-hal yang berada di luar kendali mereka. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, hal berikutnya yang harus Anda pikirkan adalah, “Baiklah. Bagaimana saya masih bisa mencapai tujuan saya? Apa yang saya butuhkan untuk sukses?”

    Anda dapat mempertimbangkan keadaan tak terduga ini dalam perencanaan Anda dengan merencanakan secara longgar. Anggap saja sebagai garis besar. Anda tahu bahwa ada beberapa poin berbeda yang perlu Anda capai untuk mencapai tujuan Anda, tetapi mungkin tidak begitu penting bagaimana Anda benar-benar mencapainya. Anda mungkin mengingat ide yang longgar, tetapi Anda tidak perlu secara khusus memetakan setiap langkah kaki individu antara Titik A dan Titik B, bahkan jika Anda sedang memvisualisasikan.

    9. Pinjam dari kesuksesan masa lalu Anda.

    Keberhasilan masa lalu Anda dapat menjadi sumber kekuatan untuk diambil ketika Anda menemukan diri Anda goyah di jalan Anda.

    Anda hanya manusia. Terkadang keraguan diri dapat muncul kembali dan mengancam untuk merusak kemajuan yang Anda buat. Mungkin Anda tidak maju secepat yang Anda inginkan. Mungkin Anda memiliki rencana sempurna yang tidak bertahan hidup dari kontak dengan kehidupan. Atau mungkin Anda merasa hal ini melampaui kemampuan Anda.

    Jika Anda memiliki kesuksesan sebelumnya yang serupa, akan membantu untuk kembali ke hal-hal itu dan merenungkannya sebentar. Jika Anda melakukannya sebelumnya, kemungkinan besar Anda dapat melakukannya lagi, bahkan jika Anda tidak memiliki alat atau waktu yang sama seperti sebelumnya. Anda mungkin hanya perlu pendekatan yang berbeda.

    Ini dapat membantu jika Anda adalah orang dengan harga diri rendah yang mungkin tidak merasa mereka dapat mencapai tujuan yang sulit atau seperti Anda cukup kuat. Apa yang telah Anda capai di masa lalu Anda yang dapat membantu memberikan kekuatan untuk melewati saat ini? Dan bagaimana jika Anda belum memiliki pencapaian besar? Tidak apa-apa juga; itu hanya berarti Anda sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan kemenangan besar pertama itu.

    10. Tahu kapan harus berhenti.

    Kemampuan untuk mengetahui kapan harus memotong kerugian dan berhenti adalah keterampilan yang diremehkan. Anda dapat membangun semua stamina mental yang Anda inginkan, tetapi jika Anda menetapkan tujuan yang tidak dapat dicapai, maka tidak masalah berapa banyak stamina mental yang Anda miliki karena itu tidak akan pernah cukup. Mengejar tujuan-tujuan itu akan membuat Anda lelah, menguras cadangan mental Anda, dan membuat Anda cemas dan marah tentang seluruh situasi.

    Katakanlah Anda memiliki bos yang tidak masuk akal yang tidak pernah bahagia. Tidak masalah apa yang Anda lakukan; selalu ada beberapa hal kecil yang perlu mereka perbaiki karena mereka merasa mereka tidak melakukan pekerjaan mereka kecuali mereka berkontribusi dalam beberapa cara – bahkan jika itu tidak masuk akal. Anda dapat menghabiskan bertahun-tahun dalam pekerjaan itu, mencoba membuat bos itu bahagia, membuat pekerjaan terbaik Anda terus-menerus dipilih. Dan jangan salah, ini adalah beberapa karya terbaik Anda. Anda tidak bisa melakukannya lebih baik jika Anda mencoba. Anda menginvestasikan berjam-jam waktu, tenaga, dan energi Anda untuk memastikan pekerjaan ini melayani bisnis dengan baik, tetapi itu tidak pernah cukup.

    Jadi mengapa merusak otak dan hati Anda untuk berurusan dengan itu terus-menerus? Anda seharusnya tidak membutuhkan cadangan mental dan stamina untuk bertahan hidup dalam pekerjaan semacam itu di bawah bos semacam itu. Tidak ada cukup stamina mental di dunia untuk mengatasi masalah semacam itu karena bos adalah objek tak bergerak yang tidak bertindak dari sudut keadilan atau rasionalitas.

    Dalam skenario itu, adalah pilihan yang lebih baik untuk tidak menyia-nyiakan sumber daya mental Anda yang berharga untuk pekerjaan yang menyedot jiwa seperti itu. Akan jauh lebih baik untuk melakukan pekerjaan Anda dan mencurahkan lebih banyak energi itu untuk menemukan pekerjaan baru yang tidak menguras tenaga Anda.

    Penutup

    Stamina mental adalah hal yang kuat yang dapat membawa Anda melalui banyak hal. Masalahnya, kebanyakan orang sudah jauh lebih kuat dari yang mereka sadari. Apa yang tidak mereka pahami adalah bahwa banyak dari keputusan kecil yang kita buat hari demi hari membuat kita kehabisan kekuatan dan cadangan mental kita. Ini seperti kematian dari seribu luka.

    Membangun stamina mental sama pentingnya dengan melestarikan stamina yang sudah Anda miliki serta menambah keseluruhan kolam.

    Kebiasaan dan praktik yang telah kita jelajahi dalam artikel ini akan membantu Anda melakukan keduanya jika Anda menerapkannya secara teratur. Ini bukan proses cepat untuk membangun diri sendiri. Semakin sering Anda melakukannya, semakin banyak kekuatan yang akan Anda bangun dan simpan dalam cadangan Anda.

    Tidak jauh berbeda dengan latihan fisik. Semakin sering Anda berolahraga, semakin kuat Anda, semakin banyak cadangan yang harus Anda gunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya. Otak Anda tidak berbeda.

    ***
    Solo, Rabu, 21 Juli 2021. 12:03 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.