Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis - Urban - www.indonesiana.id
x

sumber foto: sirclo.com

Ivan Eka Putra Lukman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2021

Senin, 26 Juli 2021 06:18 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis

    Menulis tidak semata-mata hanya dilakukan untuk hobi saja, tapi ternyata jika ditekuni bisa menghasilkan uang. Bahkan tidak cuma bisa jadi bisnis sampingan, menulis juga bisa dijadikan profesi utama untuk mata pencaharian.

    Dibaca : 517 kali

    Jika Anda punya hobi menulis, sebenarnya hobi Anda itu bisa dikembangkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Asalkan Anda tahu caranya dan di mana tempatnya.

    Bahkan, tidak cuma bisa dijadikan bisnis samping, menulis juga bisa Anda jadikan profesi utama atau mata pencarian utama Anda.

    Pada postingan ini Saya akan membagikan cara bagaimana hobi menulis Anda bisa menghasilkang uang. Jadi, Anda bisa bekerja secara mandiri di rumah tanpa perlu bergantung pada atasan Anda.

    Membuat Blog

    Cara pertama untuk mendapatkan uang dari hobi menulis adalah membuat blog. Blog sangat cocok untuk Anda yang gemar menulis dan membagikan pengetahuan kepada orang lain.

    Di sisi lain, Anda juga bisa menghasilkan uang dari platform ini, caranya dengan memonetisasi blog Anda. Ada beberapa pilihan publisher yang mampu membayar mahal untuk setiap iklan yang tayang di blog, misalnya AdSense dan MGID.

    Di blog Saya, Ivan Runa, Saya pun memonetisasinya dengan AdSense. Mereka membayar per klik, maupun per tayang. Hanya saja bayaran per klik yang lebih bagus.

    Tetapi, untuk mendapat hasil terbaik dari AdSense, Anda bisa coba membangun blog berbahasa Inggris. Penghasilannya akan jauh berbeda antara blog Indonesia dan Inggris. Seperti pada Blog Solahart Handal yang Saya bangun, itu menggunakan format artikel berbahasa Inggris.

    Secara income memang jauh berbeda, misalnya saja pada blog berbahasa Indonesia, Saya mendapatkan Rp.500 sampai Rp.1.000 per kliknya. Lain halnya dengan blog berbahasa Inggris yang nilai per kliknya mencapai Rp.5.000 sampai ratusan ribe sekali klik. Dengan catatan, yang klik iklan berasal dari negara-negara seperti Amerika, Kanada maupun Inggris.

    Mempromosikan Produk

    Promosi atau review produk juga bisa menjadi lahan basah buat penulis. Syaratnya, Anda harus pandai membuat tulisan yang menarik minat pembaca untuk tertarik dengan produk yang Anda pasarkan.

    Di mana promonya?

    Bisa lewat media sosial, atau via blog pribadi Anda.

    Afiliasi

    Model bisnis afiliasi sebenarnya sudah lama exist, hanya saja peminatnya tidak terlalu banyak. Misalnya afiliasi dengan Amazon, Anda akan dapat bagian jika ada pembaca yang membeli produk lewat link referral Anda.

    Beberapa produk lain juga menawarkan program bisnis model afiliasi untuk membantu penjualan produk mereka.

    Di mana bisa menaruh link afiliasi kita?

    Anda bisa menaruhnya di blog, media sosial, atau forum-forum yang berkaitan dengan produk afiliasi Anda.

    Menjual Tulisan

    Tulisan bisa dijual? Siapa yang butuh?

    Jangan salah, banyak para blogger maupun perusahaan yang butuh jasa penulisan untuk mengisi web mereka. Meskipun bisa membuat dan mengoperasikan web, namun tidak semua punya kemampuan menulis, itulah sebabnya mereka butuh jasa penulisan.

    Selain itu, banyak juga webmaster yang punya banyak blog dan sulit untuk mengisinya satu per satu, sedangkan update perlu rutin dilakukan. Akhirnya mereka mempekerjakan seorang penulis untuk masing-masing blognya.

    Anda bisa mempromosikan jasa penulisan Anda lewat medsos, seperti grup-grup blogger.

    Namun, saat sudah membuka jasa penulisan Anda tidak bisa menentukan sendiri tulisan yang ingin Anda buat, Anda harus mengikuti apa kemauan calon pelanggan Anda.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.