UNPAM dan Yayasan Mutiara Gelar PkM Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Fajar Septian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2021

Senin, 26 Juli 2021 13:57 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • UNPAM dan Yayasan Mutiara Gelar PkM Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva

    Pelatihan Desain Grafis untuk Konten Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva Di Yayasan Mulia Kreatif Berdaya (Mutiara) Jakarta Selatan

    Dibaca : 442 kali

    Pada era digital, kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang berperan dan berpengaruh besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Penggunaan teknologi banyak membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan, tidak terkcuali terkait pemasaran secara dijital atau sering dikenal dengan istilah digital marketing. Digital marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet, dan memungkinkan penjual memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan geografis.

    Tranformasi ekonomi menjadi ekonomi dijital dengan munculnya berbagai platform online untuk melakukan pemasaran produk dan jasa serta transaksi keuangan, di antaranya adalah media sosial. Media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media sosial memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan media sosial.

    Semakin berkembangnya teknologi digital, aplikasi canva hadir sebagai aplikasi desain grafis yang memudahkan penggunanya untuk membuat konten-konten dijital. Canva adalah aplikasi desain grafis yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula melalui perangkat desktop maupun mobile seperti smartphone. Ada berbagai macam desain yang bisa diciptakan, di antaranya adalah membuat logo, poster, konten media sosial, thumbnail youtube, desain kemasan produk, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

    Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini, para pelaku UMKM perlu menerapkan strategi marketing baru agar tetap produktif dalam menjalankan usahanya. Tim PkM Dosen bersama Mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang yang diketuai oleh Bapak Fajar Septian melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk “Pelatihan Konten Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Canva di Yayasan Mutiara”. Yayasan Mutiara (Mulia Kreatif Berdaya) beralamat di Jalan Terogong 3 No. 1 Cilandak Barat, Cilandak Jakarta Selatan.

    Kegiatan PkM semula direncanakan pada tanggal 18 Juli 2021, namun baru dapat dilaksanakan secara daring melalui apliksi zoom pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021 karena terkendala PPKM Darurat Covid-19. Kegiatan diawali dengan pemutaran video profil singkat Yayasan Mutiara dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan oleh Bapak Saipul Anwar. Beliau memberikan ucapan terimakasih kepada tim PkM dan para narasumber atas terselenggaranya kegiatan ini bagi para UMKM di lingkungan Yayasan Mutiara. Beliau juga berharap agar kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dapat berupa pendampingan khusus kepada para pelaku UMKM.

    Gambar Foto Ketua Yayasan Mutiara (Saipul Anwar, M.Kom.)
    Materi yang disampaikan oleh narasumber pertama adalah “strategi menjaga produtifitas selama pandemic” oleh Dr. Ahmad Azmy, M.M. Dalam pemaparan materinya narasumber memberikan beberapa solusi permasalahan usaha selama pandemic. Di antaranya adalah memuat perencanaan simpel, mudah, dan sesuai dengan passion serta membuat timeline sesuai kegiatan yang ingin dilakukan. Pada sesi kesimpulan beliau mengajak agar jangan takut mencoba untuk memulai sesuatu yang baru, karena itu merupakan tantangan baru dalam hidup kita.

    Gambar Foto Narasumber Pertama (Dr. Ahmad Azmy, M.M)
    Materi narasumber kedua disampaikan oleh saudari Rany Khorunnissa Putri dari Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang. Materi yang disampaikan ialah tentang penggunaan aplikasi canva beserta fitur-fitur yang disediakan canva untuk membuat konten-konten digital marketing. Konten yang dicontohkan pada sesi ini membuat poster iklan untuk instagram. Secara langsung narasumber memberikan contoh mudahnya menggunakan aplikasi canva dalam mendesain poster untuk iklan suatu produk.

    Gambar Foto Narasumber Kedua Menjelaskan Aplikasi Canva


    Peserta yang yang hadir menyatakan bahwa mereka mendukung kegiatan dan antusias dengan melakukan tanya jawab terkait materi. Diharapkan kedepannya akan dilakukan kembali serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema dan permasalahan yang berbeda, serta disesuaikan dengan kebutuhan mitra yaitu Yayasan Mutiara. Kegiatan PkM ini juga dapat memberikan solusi untuk mewujudkan keinginan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka di media sosial melalui konten-konten digital. Adapun tujuan secara eksplisit adalah memberikan pemahaman tentang konten-konten digital marketing kepada pelaku UMKM dalam mempromosikan produk, meningkatkan kreatifitas UMKM dalam membuat konten promosi produk pada berbagai platform media sosial, dan meningkatkan keterampilan UMKM dalam pengoperasian aplikasi canva.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.