Jepang Impresif, Brasil Tertahan, Empat Tim Unggulan Lain, Bangkit - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Olimpiade Tokyo

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 27 Juli 2021 06:54 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • Jepang Impresif, Brasil Tertahan, Empat Tim Unggulan Lain, Bangkit

    Setelah bangkit di laga kedua, laga ketiga fase grup, akan menjadi ujian pertama bagi tim unggulan, apakah mampu menjawab prediksi dan lolos ke fase gugur.

    Dibaca : 877 kali

    mampu melanjutkan kemenangan keduanya akibat ditahan imbang Pantai Gading, semua tim unggulan yang terpuruk di laga perdana mampu bangkit dan mengemas tiga point. 

    Malah, Jepang pun mampu membungkam Meksiko yang di laga awal sukses menggunduli Prancis.Karenanya, persaingan di papan klasemen sepak semakin sengit. Siapa tim yang akan lolos ke fase gugur dari Grup A, B, C, dan D pun harus ditentukan di laga terakhir fase grup.

    Bila di Grup A, C, dan D bercokol tim unggulan, tetapi di Grup B yang tidak dihuni tim yang diunggulkan, persaingan justru paling sengit. Pasalnya, keempat tim yang menghuni grup ini saling mengalahkan, sehingga keempat tim masih punya kesempatan yang sama untuk lolos ke 8 besar karena sama-sama mendulang 3 point dari 2 laga.

    Untuk Grup A, sementara baru Jepang yang  memimpin, bahkan dengan raihan sempurna dua kemenangan. Diikuti oleh Meksiko dan Prancis yang sama memiliki 3 point dan Africa Selatan masih nol point.



     setelah matchday kedua rampung digelar pada Minggu (25/7/2021).
    Pada matchday kedua, sejumlah tim yang gagal meraih kemenangan pada laga pertama sukses membuka harapan untuk lolos ke perempat final atau 8 besar sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.
    Perancis yang tergabung di Grup A merupakan salah satu tim yang berhasil menjaga harapan setelah melakoni matchday kedua.

    Di Grup B, ada dua tim yang membuka harapan setelah sempat takluk pada laga pertama, yakni Korea Selatan dan Honduras. Korea Selatan menang 4-0 atas Romania, sedangkan Honduras berhasil mengalahkan Selandia Baru dengan skor 3-2. Hal ini menjadikan semua tim di Grup B sama-sama memiliki koleksi tiga poin dari dua laga. Korea Selatan untuk sementara memimpin berkat keunggulan selisih gol atas tiga pesaing lain.

    Grup C juga sengit. Argentina  membuka peluang lolos ke 8 besar setelah menekuk Mesir 1-0. Hasil itu membuat Argentina berada di peringkat ketiga klasemen Grup C dengan koleksi tiga poin dari dua laga, setara dengan Australia yang menempati peringkat kedua.

    Soal raihan poin, Argentina hanya tertinggal dari Spanyol yang sempat ditahan mesir pada laga pertama tetapi bisa bangkit dan memetik kemenangan atas Australia pada matchday kedua.
    Spanyol kini menempati puncak klasemen Grup C dengan koleksi empat poin.

    Masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi dalam persaingan Grup C. Mesir yang tertahan di dasar klasemen dengan torehan satu poin pun masih berpeluang lolos ke 8 besar.

    Berikutnya di Grup D juga tambah sengit setelah laga Brasil versus Pantai Gading berakhir imbang dan Jerman menang atas Arab Saudi.

    Di klasemen Grup D dengan koleksi empat poin dari dua laga Brasil, hanya unggul selisih gol atas Pantai Gading yang menduduki peringkat kedua. Peringkat ketiga  diduduki Jerman yang mengoleksi tiga poin. Arab Saudi, belum meraih poin tertahan di dasar klasemen Grup D dan dipastikan tak ada peluang untuk lolos ke 8 besar sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

    Ujian tim unggulan

    Atas hasil laga kedua fase grup, maka laga terakhir akan menjadi ujian apakah enam tim yang diunggulkan mampu lolos dari fase grup.

    Memang perjuangan Prancis dan Jepang di Grup A, Argentina dan Spanyol di Grup C, dan Brasil dan Jerman di Grup B menjadi lebih berat karena wajib meraih juara atau ranner-up grup karena mereka bersaing di grup yang sama.

    Tidak seperti di Grup B, yang tidak ada satu pun tim diunggulkan. Namun, yang pasti dari Grup B akan lolos dua tim ke 8 besar dan menjadi kuda hitam. Apakah Korsel, Romania, Honduras, atau Selandia Baru. Keempatnya masih sama-sama berpeluang.

    Di laga ketiga, di Grup A, akan terjadi duel saling membunuh sesama unggulan antara Jepang versus Prancis. Lalu, hal yang sama terjadi di Grup C, saat Argentina bentrok dengan Spanyol. Sementara, Brasil dan Jerman akan menentukan nasibnya sendiri karena Brasil meladeni Arab Saudi dan Jerman melawan Pantai Gading.

    Apakah Jepang yang impresif akan menyingkirkan Prancis? Apakah Brasil yang tertahan akan lanjutkan kemenangan versus Arab Saudi. Dan, Apakah Jerman mampu kandaskan Pantai Gading? Kemudian siapa yang bakal unggul saat Spanyol bentrok dengan Argentina. Sungguh laga ketiga patut ditunggu dan ditonton.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.