Mahasiswa UMM Suarakan Tentang Self-Disclosure Di Instagram - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Foto oleh Lisa dari Pexels

real aqibdiema

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juli 2021

Minggu, 1 Agustus 2021 14:33 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa UMM Suarakan Tentang Self-Disclosure Di Instagram

    Kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang menyuarakan pentingnya tentang Self-Disclosure (Pengungkapan Diri) di Instagram sebagai salah satu perilaku prikologis. Self-Disclosure merupakan perilaku yang mungkin sering kita lakukan, tetapi jarang disadari bahkan banyak yang masih mengetahuinya.

    Dibaca : 278 kali

    Melalui Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang menyuarakan tentang self-disclosure atau pengungkapan diri.


    Dalam kegiatannya yang dilakukan secara daring di Instagram, kelompok 25 PMM UMM melalui akun @bemyself_project, memulai kegiatan dengan memberikan edukasi tentang apa itu pengungkapan diri. Kegiatan yang dimulai sejak 21 Juni 2021 lalu berhasil menarik puluhan pengguna Instagram. Hal ini bisa dilihat dari hasil survey yang dilakukan oleh @bemyself_project, ternyata masih banyak pengguna Instagram yang belum mengetahui tentang apa itu Self-Disclosure.

    Kegiatan PMM ini mengangkat tema self-disclosure sebagai bentuk edukasi dari mahasiswa program studi Psikologi dan program studi Ilmu Komunikasi yang melihat masih mudahnya sejumlah pengguna Instagram menyebarkan berbagai informasi di sosial media, terutama informasi pribadi. Informasi ini sering dibagikan melalui kolom biodata, IG Story, feed dan komentar.

    Melalui konten Instagram, mahasiswa UMM menjelaskan bahwa perilaku untuk memberikan dan menampilkan informasi pribadi di media sosial merupakan sebuah perilaku yang dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku ini memiliki banyak tujuan, seperti sebagai bentuk presentasi diri dan atau self-branding. Dampaknya pun beragam, mulai dari dampak positif sampai negatif, dampak positifnya bisa berupa keuntungan sosial dan dampak negatifnya berupa adanya risiko informasi pribadi tersebut disalah gunakan oleh oknum tertentu.


    Melalui kegiatan ini, mahasiswa UMM ingin menginformasikan kepada teman-teman pengguna Instagram agar lebih bijak dan hati-hati dalam memberikan dan membagikan informasi di Instagram. Karena informasi tersebut dapat memberikan dampak yang beragam jika dibagikan di waktu tertentu, kepada orang tertentu, menggunakan hashtag tertentu dll. Dengan harapan dapat menciptakan kesadaran akan penting dan krusialnya sebuah informasi, terutama informasi pribadi serta pengalaman bersosial media yang sehat dan positif.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.