KKN Tematik UPI , Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

sumber pixabay.com

Ahmad Rizki Fauzi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2021

Senin, 2 Agustus 2021 08:27 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • KKN Tematik UPI , Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi

    Kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM Tahun 2021 melalui program membangun desa di bidang pendidikan di SDN Leuwigajah 6 Cimahi

    Dibaca : 282 kali

    Tak terasa, kini sudah lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 masih menyelimuti kehidupan kita sehari hari. Banyak sektor kehidupan yang terdampak akibat dari dari adanya pandemi yang disebakan oleh merebaknya virus Covid-19 ini. Salah satunya adalah dalam sektor pendidikan, dimana terjadi perubahan besar di dalamnya yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni peralihan kegiatan pembelajaran yang mulanya dilakukan dengan tatap muka di sekolah, kini berganti moda menjadi secara daring. 

    Berbagai pihak baik guru, orang tua, maupun siswa pun dituntut untuk dapat beradaptasi atas perubahan yang terjadi secara mendadak ini. Walaupun demikian, pandemi yang telah dilalui bersama selama setahun lebih ini masih saja menimbulkan banyak sekali hambatan serta tantangan didalamnya, baik itu yang dialami oleh guru, orang tua, maupun pada siwa itu sendiri.

    Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia melalui program praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021 ini berusaha untuk membantu persoalan yang banyak terjadi pada masyarakat tersebut. Ribuan mahasiswa yang terdaftar dalam KKN Tematik MDBPE-MBKM Semester Genap Tahun 2021 yang terbagi menjadi dua gelombang diterjunkan dalam kegiatan kali ini walaupun  masih harus dilakukan secara daring serta melalui protokol kesehatan yang ketat & terbatas mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

    Melalui program KKN Tematik ini, mahasiswa diajak untuk berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengatasi persoalan yang ada, terutama untuk mengatasi persoalan pada bidang pendidikan dan ekonomi setelah setahun lebih pandemi ini berlangsung. Pada pengabdian di bidang pendidikan, mahasiswa bekerjasama dengan para pemangku kebijakan beserta pimpinan untuk mencoba membantu mengenai persoalan sekolah sekolah yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Diantara berbagai sekolah yang ada, Universitas Pendidikan Indonesia melalui perwakilan mahasiswanya melakukan kerjasama untuk melakukan kegiatan KKN Tematik ini di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi.

    Seperti yang telah disebutkan, pandemi yang telah dilalui bersama selama setahun lebih ini masih saja menimbulkan banyak sekali hambatan serta tantangan didalamnya, baik itu yang dialami oleh guru, orang tua, maupun pada siwa itu sendiri. Persoalan ini juga dialami oleh para guru, orang tua, maupun siswa di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi. Tak ubahnya sekolah yang lain, selama masa pandemi ini, kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada sekolah tersebut seluruhnya juga dilakukan secara daring. Sekolah yang biasanya ramai oleh anak anak, kini menjadi sepi seolah tak berpenghuni setelah lama ditinggalkan oleh penghuninya sepanjang pandemi ini. Pembelajaran daring yang sepanjang pandemi telah dilakukan tentunya banyak membuat para guru, orang tua dan siswa di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi ini menjadi banyak beradaptasi atas perubahan yang terjadi. Tetapi, dalam realitanya, seringkali masih ditemui hambatan, kesulitan, serta tantangan yang dialami.

    Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang ada. Sehingga, melalui program KKN ini, mahasiswa mencoba membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi dengan sasaran utama pada guru, orang tua, serta para siswa, melalui berbagai jenis kegiatan dalam rangka program Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan, diantaranya program Penguatan Pembelajaran Daring Untuk Semua Mata Pelajaran; Pendampingan Pembelajaran Daring Bagi Siswa; Pendampingan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Melalui Pembelajaran Daring; Mendesain, Membuat, Melengkapi dan Menggunakan Media Pembelajaran Daring Untuk Guru, Siswa, dan Orang Tua Siswa; serta Membantu Administrasi Secara Daring Bagi Guru di SD Negeri Leuwigajah 6 Cimahi.

    Tak hanya itu, sebagai bentuk wadah pengembangan diri di bidang pendidikan bagi guru, orang tua, serta para siswa di SD Leuwigajah 6 Cimahi juga masyarakat umum lainnya, mahasiswa beserta Kelompok 55 KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI Tahun 2021 mengadakan acara webinar yang bertajuk “Ciptakan Suasana Belajar Asyik di Kala Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu, 24 Juli 2021 lalu. Acara ini sukses diselenggarakan dengan menarik perhatian peserta hingga ratusan orang pendaftar dari berbagai kalangan, baik dari guru, orang tua, siswa siswi sekolah dari berbagai jenjang, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dalam membantu menyukseskan berbagai jenis kegiatan program praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.