Final Piala Cocancaf, Juaranya Meksiko atau Amereka Serikat? - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Piala Emas

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 2 Agustus 2021 06:56 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • Final Piala Cocancaf, Juaranya Meksiko atau Amereka Serikat?

    Meksiko diunggulkan akan mempertahankan gelar juara Piala COCANCAF, meski yang dihadapi tuan rumah Amerika Serikat. Mampukah Meksiko menjawab prediksi?

    Dibaca : 1.152 kali

    Kendati pandemi Covid-19 terus menghajar dunia, namun di tahun 2021 ini, UEFA di Benua Biru dan COMENBOL di Amerika Selatan, sukses menggelar Euro 2020 (Piala Eropa) dengan Italia sebagai jawara dan Copa America (Piala America) yang mengantar Argentina sebagai kampiun. Saat sepak bola dunia juga sedang berkonsentrasi pada gelaran sepak bola Olimpiade yang pada Sabtu (31/7/2021) telah menyelesaikan babak perempat final dan mengantar Jepang (Asia), Spanyol (Eropa), Brasil (Amerika Selatan, dan Meksiko (Amerika Utara). Sementara di Piala Emas COCANCAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) juga sudah menyelesaikan babak semi final.

    Di Benua Asia, gelaran Piala Asia U-23 juga terkena dampak Corona dan akan digelar pada 2022, sama seperti di Benua Afrika dengan Piala Afrikanya.

    Piala Emas COCANCAF

    Setelah melewati fase grup, perempat final, dan babak semi final, Piala Emas pun akan memainkan partai puncak pada Senin (2/8/2021) mempertemukan tuan rumah Amerika Serikat versus Meksiko sebagai juara bertahan.

    Piala Emas 2021 yang digelar sejak Minggu, 11 Juli 2021 dengan Amerika Serikat berstatus sebagai tuan rumah, rangkaian pertandingan Piala Emas 2021 disiarkan melalui live streaming Mola TV.

    Piala Emas atau Gold Cup adalah turnamen antarnegara anggota CONCACAF (wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia). Dalam edisi 2021 ada 15 tim asli CONCACAF yang ikut serta ditambah dengan Qatar yang berstatus sebagai tim undangan.

    Dengan total peserta 16 tim, babak penyisihan grup Piala Emas CONCACAF 2021 dibagi ke dalam 4 grup. Grup A: El Salvador, Trinidad dan Tobago, Guatemala, serta juara bertahan Meksiko.

    Di Grup A, Meksiko adalah tim unggulan, pasalnya Meksiko merupakan tim tersukses sepanjang sejarah Piala Emas CONCACAF. Sejak pertama kali digelar pada 1991, El Tri telah menyabet total 8 gelar. Terakhir kali mereka jadi kampiun pada edisi 2019 lalu setelah mengalahkan Amerika Serikat 1-0 di final.

    Sementara itu, tim dengan raihan trofi terbanyak kedua (6 gelar), Amerika Serikat, berada di Grup B bersama Kanada, Haiti, dan Martinik.

    Sebelum Piala Emas digelar, publik tetap menjagokan partai final adalah ulangan edisi 2019, namun tim lain seperti Jamaika yang sedang berambisi meraih gelar pertama karena, skuat berjuluk Reggae Boyz ini sudah mengalami 2 kali kegagalan beruntun di partai puncak di edisi 2015 dan 2017. Di edisi 2019, Jamaika gagal meraih gelar setelah ditaklukkan  Amerika Serikat pada babak semifinal dengan skor 3-1.

    Jamaika ada di Grup C bersama Kosta Rika, Suriname, dan Guadeloupe. Untuk Grup D, ada tim undanga Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022, bersama 3 Grenada, Honduras, dan Panama.

    Seperti Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021, yang mengalami pergeseran waktu, Piala Emas juga awalnya dijadwalkan akan berlangsung dari 2 hingga 25 Juli 2021, tetapi kemudian dijadwal ulang dan akhirnya diadakan pada 11 Juli hingga 2 Agustus 2021. Menariknya,  untuk pertama kalinya, sistem video asisten wasit (VAR) akan digunakan di Piala Emas.

    Meksiko diunggulkan

    Sebagai sesama tim unggulan, Amerika Serikat dan Meksiko seperti Brasil sebagai tuan rumah dan Aregentina di Copa America yang difavoritkan sejak awal akan mencapai final dan Argentina juaranya.

    Dalam final Piala Emas, Meksiko juga dijagokan akan kembali mempertahankan gelarnya, meski yang dihadapi sang tuan rumah pada babak final yang akan berlangsung Senin, 2 Agustus 2021 pukul 7.30 WIB di Allegiant Stadium, Nevada, Amerika Serikat.

    Sebelum mencapai puncak, kedua tim menjalani turnamen sangat impresif, sama-sama tidak terkalahkan dan mencetak banyak gol. Lalu, Amerika Serikat menggulung Qatar dan Meksiko menyingkirkan Kanada di semi final.

    Catatan pertemuan mereka, dari 73 kali bentrok, rekor kemenangan dipegang oleh Meksiko dengan 38 kali, Amerika Serikat hanya 21 kali. Meski terakhir kali mereka bertemu pada bulan lalu, Amerika menang 3-2 atas Meksiko, nampaknya kali Meksiko akan memenangi laga, asal tak jemawa. Bila Meksiko yang rekor catatannya lebih bagus jemawa, maka Amerika Serikat akan mengoleksi gelar Piala Emas yang ke-7, terlebih bertindak sebagai tuan rumah.

    Mari saksikan laga hebat sepak bola di Benua Amerika bagian Utara, Tengah, dan Karibia ini di rumah saja, tetap dengan protokol Covid-19 ketat.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.