x

Jepang

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 2 Agustus 2021 19:06 WIB

Brasil dan Jepang Digadang Masuk Final, Meksiko dan Spanyol Tak Akan Tinggal Diam

Brasil diunggulkan, Jepang dijagokan. Mampukah Meksiko dan Spanyol membalikkan prediksi? Partai semi final akan menjadi laga menarik!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Brasil, Jepang, dan Spanyol, apakah mampu mencapai partai puncak?Bagi Jepang dan Spanyol, karena sesama tim unggulan, maka siapa pun pemenangnya telah menggaransi satu tempat di babak final untuk tim yang diunggulkan sejak sebelum Olimpiade digelar.

Namun, satu tempat lagi wajib dibuktikan  oleh Brasil yang akan meladeni Meksiko sebagai kuda hitam, namun juga tampil impresif.

Catatan empat tim

Pertama, Jepang
Wakil Asia ini belum pernah meraih emas Olimpiade, di banding tiga tim yang masuk semi final lainnya. Tetapi, selain diunggulkan dan menjadi tuan rumah, Jepang juga membuktikan diri bahwa sepak bola Benua Asia juga sudah sejajar dengan Benua lain.

Jepang menunjukkan penampilan impresif, melewati babak penyisihan grup dengan torehan tiga kemenangan atas Prancis, Meksiko, dan Afrika Seatan. Namun Jepang menghadapi lawan yanh tidak mudah dari wakil Benua Oseania di babak perempat final versus Selandia Baru, tim kejutan.

Jepang lolos ke semi final dengan cara duel adu penalti. Takefusa Kubo jadi salah satu pemain yang mencolok dalam penampilan Jepang di Olimpiade kali ini.

Kedua Brasil
Sebagai juara bertahan Olimpiade Rio 2016, sebagai wakil dari Benua Amerika Selatan (CONMEBOL) Brasil memiliki ambisi kuat untuk mempertahankan medali emas sepak bola Olimpiade dengan menghadirkan sejumlah pemain bintang macam Richarlison dan Dani Alves.

Dalam perjalanannya, Brasil lolos dari babak penyisihan dengan menyandang status sebagai juara grup. Richarlison pun sementara menjadi mesin gol terbaik dengan torehan lima gol sepanjang Olimpiade Tokyo berlangsung.

Namun, baik di babak fase grup maupun 8 besar, Brasil tampil tak mulus. Sempat di tahan imbang oleh Pantai Gading di fase grup, di babak perempat final pun hanya mampu menang tipis 1-0 atas Mesir.

Ketiga, Spanyol
Sebagai peraih juara Olimpiade Barcelona 1992, wakil Benua Eropa Spanyol digadang mampu kembali merebut emas di Tokyo.

Kendati Spanyol di atas kertas menjadi salah satu favorit kuat untuk juara Olimpiade Tokyo kali ini. Namun, di fase grup juga sempat tampil tak sesuai harapan.

Spanyol terbilang kurang meyakinkan untuk bisa mencapai babak semifinal. Di babak penyisihan, Spanyol hanya mampu satu kali menang dan dua kali imbang untuk bisa jadi juara grup. Begitu pun di babak perempat final, Spanyol juga butuh kerja keras dalam laga lawan Pantai Gading. Laga berakhir 2-2 di waktu normal sebelum Rafa Mir jadi penyelamat lewat hattrick di babak perpanjangan waktu. Spanyol pun menang 5-2 di akhir pertandingan.

Padahal ada fakta bahwa Spanyol diisi pemain-pemain yang tampil gemilang di Euro 2020 seperti Unai Simon, Pau Torres, Mikel Oyarzabal, Pedri, Dani Olmo, hingga Marco Asensio.

Keempat, Meksiko
Tak diunggulkan, nyatanya Meksiko sebagai wakil dari Benua Amerika Utara (CONCACAF) membuktikan mereka punya tim kompetitif di Olimpiade kali ini. Karenanya, sebagai tim kuda hitam, Meksiko memiliki peluang mengulang sukses di Olimpiade London 2012. Pada Olimpiade London 2012, Meksiko berhasil keluar sebagai juara di akhir turnamen.

Terlebih melihat perjalanannya, Meksiko bisa menyisihkan Prancis pada babak penyisihan meski harus puas jadi runner up grup di bawah tuan rumah Jepang. Meksiko makin meyakinkan di babak perempat final karena mampu mrnggulung Korea Selatan dengan hujan hujan dengan skor 6-3. Selain itu, Sebastian Cordova dan Henry Martin bakal jadi andalan Meksiko untuk tampil menggigit di laga semifinal.

Brasil tetap diunggulkan

Meksiko dan juara bertahan Brasil akan bertarung di babak semifinal pada Selasa (3/8/2021) di Kashima Stadium.

Sesuai catatan perjalanan selama Olimpiade kali ini, didukung oleh fakta, data, dan sejarahnya, Brasil tetap diunggulkan akan mampu menyingkirkan Meksiko. Namun, perjuangan Brasil tak akan mudah karena mereka sendiri faktanya tampil alot di fase grup maupun di perempat final.

Sementara, Meksiko yang hanya kalah dari Jepang, meraih tiga kemenangan yang meyakinkan, yaitu menggulung Prancis 4-1, memecundangi Afrika Selatan 3-0 di fase grup. Lalu, menghancurkan Korea Selatan 6-3 di 8 besar.

Maka, Brasil wajib waspada dan konsentrasi sejak awal laga. Bila Brasil tak jewama dan konsisten, maka laga akan berakhir ketat 1-0 atau 2-1 untuk Brasil. Bila Brasil lengah, skor berbalik menjadi milik Meksiko, bahkan Meksiko akan meneruskan tradisi menang dengan banyak gol.

Jepang dijagokan

Jepang versus Spanyol akan digelar pada
Selasa (03/08/2021) di Saitama Stadium. Dalam laga nanti, atas catatan fakta dan data, terutama selama fase grup, Jepang dijagokan akan mampu mengungguli Spanyol.

Pasalnya, meski dihuni sederet bintang muda yang sudah merumput di Euro 2020, Spanyol tampil kurang bagus di ajang Olimpiade kali ini meskipun berstatus tim unggulan. La Roja tak impresif di fase grup. Pun hampir tersingkir di perempat final.

Sementara tuan rumah justru tampil lebih meyakinkan.  Lolos ke babak gugur sebagai juara grup A dengan koleksi sempurna 9 poin. Meski mengalami kesulitan di partai 8 besar, namun Jepang tetap impresif.

Karenanya, Jepang diprediksi akan unggul 1-0 atau 2-1 atas Spanyol. Namun bila Jepang bermain seperti saat menghadapi Selandia Baru, Spanyol dapat membalikkan keadaan dan memenangi laga. Jepang wajib waspada sebab akan tampil menghadapi sesama unggulan.

Mari kita saksikan laga semi final di rumah saja. Tetap jaga prokes kesehatan ketat.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler