Tip Memilih SOTS Terbaik Milik Sekuritas atau Anggota Bursa - Analisis - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 3 Agustus 2021 15:29 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tip Memilih SOTS Terbaik Milik Sekuritas atau Anggota Bursa

    SOTS dikembangkan oleh anggota bursa sebagai fasilitas atau alat bantu bagi investor yang ingin melakukan transaksi saham secara syariah.

    Dibaca : 1.219 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Investasi saham syariah yang mengedepankan prinsip-prinsip dalam Islam makin digemari kalangan milenial. Mereka memandang perlunya berinvestasi yang tak hanya demi cuan (keuntungan), tetapi sekaligus ingin menjalankan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama Islam yang dianutnya.

    Alhasil berinvestasi dengan Shariah Online Trading System (SOTS) pun menjadi pilihannya. Diketahui, SOTS adalah sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

    SOTS dikembangkan oleh anggota bursa sebagai fasilitas atau alat bantu bagi investor yang ingin melakukan transaksi saham secara syariah. Karena syariah, tentu saja hanya saham-saham syariah saja yang dapat ditransaksikan dengan SOTS ini.

    Prinsip lainnya yang menjadi dasar prinsip syariah yakni transaksi beli saham syariahnya hanya dapat dilakukan secara tunai (cash-basis transaction) sehingga tidak boleh ada transaksi margin (margin trading), tidak dapat melakukan transaksi jual saham syariah yang belum dimiliki (short selling) dan laporan kepemilikan saham syariah dipisah dengan kepemilikan uang sehingga saham syariah yang dimiliki tidak dihitung sebagai modal (uang).

    SOTS yang bisa dibilang pioneer adalah IPOTSyariah milik Indo Premier Sekuritas. IPOTSyariah adalah aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN) dan dikhususkan untuk transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Dari sisi market share IPOTSyariah menguasai pangsa pasar karena IPOTSyariah ini memang yang pertama sebagai platform investasi saham syariah di Indonesia.

    Nah, seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah terdapat 17 Anggota Bursa yang sudah memiliki SOTS. Memilih satu dari 17 SOTS yang ada, tentu saja bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, calon investor wajib memilih yang terbaik. Berikut ini 5 tip memilih SOTS yang terbaik:

    1. Pilih SOTS milik sekuritas terbaik

    Kredibilitas sekuritas sebagai pemilik SOTS menjadi pertimbangan pertama sebelum kamu memutuskan memilih SOTS tertentu. Nah, dalam memilih sekuritas yang memiliki SOTS, pertimbangan terkait MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) tak boleh dianggap sepele. MKBD menjadi ukuran kecukupan modal sekuritas dalam operasinya. MKBD memperlihatkan kekokohan permodalan sekuritas. So, jika nilainya makin besar maka makin kuatlah kondisi keuangan sekuritas tersebut. Idealnya, nilai minimum MKBD yang baik minimal Rp200 miliar. Adapun rumus menghitung MKBD yakni MKBD = Total Aset Lancar - Total Kewajiban. Selain itu, pengalaman dalam layanan juga penting dalam pertimbangan ini.

    2. Fee beli dan jual kecil

    Fee jual-beli yang kecil juga wajib menjadi pertimbangan. Jangan sampai cuan yang didapatkan terpotong cukup besar karena harus membayar fee yang tidak murah. Buat investor retail yang jumlah investasinya relatif kecil, fee akan sangat terasa. Begitu juga bagi investor yang melakukan trading harian, fee yang tinggi akan cepat menggerus keuntungan. Kalau pun fee nggak terlalu kecil, tapi layanannya nyaman dan aman, tentu sangat baik jika tetap menjadi pertimbangan untuk dipilih. 

    3. Tersedia di berbagai platform dan aplikasi

    Penting untuk memilih SOTS yang tersedia di berbagai platform mulai website, desktop, android dan iOS. Hal ini tentu akan memudahkan investor dalam pilihan untuk mentransaksikan saham-sahamnya kapan saja dan di mana saja dengan platform yang ada. Beragam pilihan memudahkan investor melakukan investasi dan trading. Investor bisa memilih platform yang paling nyaman.

    4. Platform dan aplikasi tradingnya user friendly

    Platform dan aplikasi yang mudah digunakan dan nggak bikin bingung investor dari segala level usia dan kalangan perlu menjadi pertimbangan selanjutnya. Toh, investasi atau trading tidak hanya akan dilakukan saat ini, tetapi dilakukan secara berkelanjutan. Ileh sebab itu, memilih platform atau aplikasi yang bagus sekaligus tentu menjadi sangat penting. 

    5. Customer service (CS) yang cepat tanggap dan solutif

    Kendala sekecil apa pun dalam investasi saham-saham syariah pasti akan dialami investor. Nah, saat menghadapi kendala apa pun, customer service (cs) biasanya yang menjadi tujuan para investor ini. Oleh sebab itu, keberadaan CS yang memiliki pengetahuan yang cukup terkait saham syariah dan SOTS tidak boleh disepelekan. Makanya, CS yang cepat tanggap dan solutif sangat diperlukan.

    Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












    Oleh: Dwi Kurniadi

    Sabtu, 13 Agustus 2022 09:06 WIB

    Sajadah Basah

    Dibaca : 2.478 kali

    Sebuah Puisi karya Dwi Kurniadi