4 Aplikasi Andalan Belajar Memahami Al-Quran

Selasa, 10 Agustus 2021 06:23 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belajar kandungan ayat-ayat al-quran lebih mudah dengan aplikasi tafsir digital. Anda tidak perlu lagi membuka buku tafsir yang tebal. Aplikasi tafsir menyediakan fitur tafsir per ayat.

Sayyidah Aisyah ra. pernah suatu kali ditanya, “Tolong ceritakan kepadaku tentang akhlak Rasulullah saw.” Lalu Aisyah menjawab, "Akhlak beliau adalah Al-Qur’an." (HR. Ahmad no. 24139).

Rasulullah saw. mengamalkan lalu mengajarkan pedoman hidup dalam Al-Qur’an kepada para sahabat dan diteruskan kepada generasi-generasi berikutnya.

Ulama pun mulai menulis buku khusus tentang penjelasan makna Al-Qur’an. Buku-buku itu dikenal dengan kitab tafsir. Kitab-kitab para ulama inilah yang bisa menjadi salah satu pedoman kita agar tak tersesat di kehidupan dunia yang mudah membuat kita terlena.

Dunia zaman now yang serba digital membuat kita tak perlu lagi bersusah payah membawa buku tafsir ke mana-mana. Banyak kitab tafsir yang mudah diakses dari gadget, bahkan beberapa aplikasi menunjang pencarian tafsir per ayat.

Sebagai referensi, berikut ini 4 aplikasi yang menyediakan fitur Al-Qur’an beserta tafsirnya yang bisa diakses dengan mudah

1. KESAN

kesan app

 

 

Aplikasi KESAN adalah aplikasi ibadah muslim dan santri. Aplikasi ini mempunyai fitur Al-Qur’an yang bersumber dari Kementrian Agama. Aplikasi ini memiliki dua fitur Al-Qur’an yaitu Al-Qur’an Kemenag dan Al-Qur’an Tajwid. Aplikasi KESAN juga menyediakan fitur audio Qur’an untuk didengarkan di mana saja. Aplikasi ini juga bebas iklan sehingga audio dan proses membaca tidak akan terganggu. 

Untuk Tafsir, Aplikasi KESAN telah dilengkapi 4 tafsir, yaitu Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Kemenag dan Tafsir Al-Qur’an dan Maknanya. Aplikasi ini adalah pilihan utama jika ingin mengakses tafsir karya ulama nusantara, Prof. Quraish Shihab. Untuk lebih memudahkan, 4 jenis tafsir dapat diakses per ayat sehingga tidak perlu scroll terlalu jauh ke ayat yang diinginkan.

Aplikasi ini sudah tersedia versi Android dan iOS. Anda bisa download versi Android melalui play store.

2. Al-Quran Indonesia

al-quran indonesia

 

 

Al-Quran Indonesia adalah aplikasi khusus Al-Qur’an yang menyediakan fitur Al-Qur’an, terjemahan, dan tafsir. Aplikasi ini menyediakan fasilitas bagi user untuk merekam suaranya sendiri saat membaca Al-Qur’an. Juga ada fitur pencarian ayat per kata.

Untuk fitur tafsir, Al-Quran indonesia menyediakan empat jenis tafsir, yaitu tafsir Kemenag, Tafsir Jalalain, Tafsir Al-Muyassar, dan Tafsir Ibnu Katsir.

Anda dapat mendownload versi Android.

3. AL-QURAN TAFSIR JALALAIN 30 JUZ

alquran tafsir jalalain 30 juz

 

 

Aplikasi Al-Quran Tafsir jalalain 30 juz menyediakan Al-Qur’an,  audio Al-Qur’an, terjemahan, dan Tafsir Jalalain. Seperti namanya, aplikasi ini khusus menyediakan tafsir Jalalain saja.

Aplikasi ini juga sudah tersedia dalam versi Android. Anda dapat mendownload versi Android di Playstore.

4. Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz

tafsir ibnu katsir 30 juz

 

 

Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz adalah aplikasi khusus tafsir Imam Ibnu Katsir. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang menyediakan Al-Qur’an dan terjemahan, aplikasi Tafsir Ibnu Katsir langsung mencantumkan tafsir setelah ayat.

Jika anda tertarik, aplikasi ini dapat didownload dalam versi Android.

Bagikan Artikel Ini
img-content
rifatul mahmudah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Aplikasi Pencari Kitab Ulama Nusantara

Minggu, 26 September 2021 06:11 WIB
img-content

Obat Rindu pada Baginda Nabi

Jumat, 17 September 2021 08:17 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua