x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 13 Agustus 2021 07:08 WIB

Sebanyak 63% Koleksi Buku Taman Bacaan di Indonesia Tidak Memadai, Apa Solusinya?

Survei Tata Kelola Taman Bacaan yang dilakukan TBM Lentera Pustaka menyebutkan 62,7% responden menyatakan koleksi bukubacaan mereka tidak memadai, Padahal koleksi buku memiliki peran penting bagi taman bacaan. Buku adalah "jalan hidup" taman bacaan untuk bisa bertahan. Sejauh ini ada 3 sebab sebuah taman bacaan mati suri, apa sajakah?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh Syafirudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor.

Susah-susah gampang memang mengelola taman bacaan. Bukan gampang-gampang susah. Artinya, menyediakan akses bacaan di era digital begini memang susah. Tapi bila dilakukan dengan sepenuh hati akhirnya bisa gampang. Apalagi taman bacaan adalah “jalan sunyi” yang relatif belum banyak dipedulikan orang. Sekalipun gerakan literasi sudah jadi bahan diskusi yang cetar membahana di antero Nusantara.

Apalagi di negeri Indonesia ini. Penduduknya lebih dari 272 juta, pulau-nya pun 13.000-an lebih membentang dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas ke Pulau Rote. Mengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sungguh tidak mudah, menyediakan akses bacaan anak-anak tidak gampang. Selain butuh dukungan lingkungan sekitar dan pemerintah daerah, dibutuhkan pula partisipasi donatur buku dan korporasi yang peduli.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Faktanya bukan tidak mungkin, taman bacaan masyarakat (TBM) pada akhirnya akan mati suri. Seperti hidup segan mati tak mau. TBM yang eksistensi-nya ada tapi esensi-nya tidak ada. Taman bacaan yang seolah ada tapi tiada. Silakan dicek di masing-masing kota, kunjungilah taman bacaan yang ada. Bagaimana keadaan mereka, berikan kepedulian untuk taman bacaan?

Survei Tata Kelola Taman Bacaan yang dilakukan TBM Lentera Pustaka (Juni 2019) di 33 lokasi di Indonesia menyebutkan, bahwa 62,7% responden menyatakan koleksi bukubacaan mereka tidak memadai. Lalu 27,5% menjawab mungkin memadai dan hanya 9,8% yang sudah memadai . Itu berarti 63% koleksi buku di taman bacaan tidak memadai. Padahal koleksi buku memiliki peran penting di taman bacaan. Buku adalah "jalan hidup" taman bacaan untuk bisa bertahan hidup.

Menurut penulis eksistensi taman bacaan di era digital tergolong berat. Karena koleksi buku yang ada masih terbatas. Maka kepedulian donator buku dan korporasi sangat dibutuhkan. Agar akses buku yang bisa dibaca anak-anak lebih memadai dan lengkap. Bila tidak, bukan tidak mungkin taman bacaan mati suri bahkan tutup ke depannya.

Setidaknya ada 3 (tiga) sebab taman bacaan di Indonesia mati suri. Pertama, ada anak tapi tidak ada buku, kedua, ada buku tapi tidak ada anak, dan ketiga, komitmen pengelola taman bacaan yang setengah hati ibarat hangat-hangat tai ayam. Bila begitu, agak wajar bila taman bacaan kurang diminati. Apalagi sifatnya yang sosial, sangat tergantung kepedulian orang lain. Baik untuk donasi buku, biaya operasional, atau lainnya.

Sebagai upaya meningkatkan tata kelola taman bacaan dan gerakan literasi di Indonesia, penulis saat ini sedang menyusun disertasi tentangTBM Edutainment” sebagai model tata kelola taman bacaan.  Berjudul Peningkatan Minat Baca dan Budaya Literasi Masyarakat melalui Model TBM Edutainment pada Taman Bacaan di Kabupaten Bogor. Disertasi saya susun sebagai kandidat doktor taman bacaan dari Prodi  Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor. Penulis mendedikasikan ilmu untuk taman bacaan di Indonesia dan para pegiat literasi agar tetap termotivasi dalam mengelola taman bacaan.

Melalui studi lapangan dengan model TBM Edutainment, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki 168 anak pembaca aktif usia sekolah dari sebelumnya hanya 60 anak di tahun 2020 dan 14 anak saat berdiri tahun 2017. Anak-anak yang membaca buku seminggu 3 kali berasal dari 3 desa, yaitu Sukaluyu, Tamansari, dan Sukajaya Kecamatab Tamansari Bogor. 

Dengan koleksi lebih dari 6.000 buku, setiap anak mampu membaca 5-8 buku per minggu. Bahkan lebih dari itu, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak pun menjalankan program seperti 1) Gerakan BERantas BUta aksaRA (Geberbura) dengan 9 warga belajar, 2) Kelas PRAsekolah (Kepra) dengan 21 anak, 3) Difabel 3 anak, 4) YAtim BInaan (Yabi) dengan 16 anak yatim, 5) JOMpo BInaan (Jombi) dengan 8 lansia, 6) Koperasi Lentera dengan 20 anggota, 7) gerakan RAjin menaBUng (RABU), 8) DONasi BUKu, dan 9) LITerasi DIGital rutin seminggu sekali. TBM Lentera Pustaka pun kini menuju taman bacaan yang inklusif an ramah anak disabilitas.

Karena itu, kepedulian berbagai pihak sangat diperlukan di taman bacaan. Dan mengelola taman bacaan pun tidak bisa lagi sendirian. Harus ada kolaborasi dan sinergi dengan individu atau korporasi seperti relawan, donator buku, maupun CSR korporasi. Untuk diketahui, di tahun 2021 ini, TBM Lentera Pustaka disponsori CSR korporasi dari 1) AJ Tugu Mandiri, 2) Bank Sinarmas, dan 3) Pacific Life Insurance yang membantu operasional taman bacaan.

Sungguh, taman bacaan tidak akan mati suri, bila ada kepedulian dan komitmen semua pihak. Untuk saling membantu dan bergotong royong demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak Indonesia. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #TamanBacaan #GerakanLiterasi

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler