Strategi Meningkatkan Penjualan Menggunakan Software Akuntansi - Urban - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Rabu, 25 Agustus 2021 12:58 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Strategi Meningkatkan Penjualan Menggunakan Software Akuntansi

    Software akuntansi memungkinkan anda untuk mencapai target penjualan pada perusahaan ataupun bisnis skala kecil. Terdapat tiga jenis software akuntansi untuk kebutuhna ini. Namun yang paling cocok untuk meningkatkan penjualan adalah yang berbasis cloud. Bagaimana ini bisa terjadi?

    Dibaca : 1.354 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam perusahaan, peran marketing sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Berbagai upaya dan strategi terus dilakukan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Seperti, mempromosikan produk di media sosial ataupun memberikan diskon pada produk yang dipasarkan.

    Hal tersebut merupakan strategi umum yang banyak dilakukan para marketing. Namun, apakah Anda tahu bahwa software akuntansi dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menggapai target pemasaran?

    Software akuntansi sangatlah memungkinkan untuk mencapai target penjualan pada perusahaan ataupun bisnis skala kecil. Terdapat 3 jenis software akuntansi yang biasa digunakan oleh berbagai perusahaan, namun yang paling cocok untuk meningkatkan penjualan yaitu software akuntansi online berbasi cloud.

    Pada dasarnya, software ini bertujuan untuk mencatat semua transaksi dan membuat laporan keuangan. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, maka software akuntansi juga bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.

    Manfaat Software Akuntansi Untuk Perusahaan dan Bisnis

    Sebelumnya, Anda perlu memahami beberapa manfaat software akuntansi untuk bisnis sebagai berikut.

    • Membuat Laporan Keuangan dengan Cepat. Sistem otomatis yang terdapat software akuntansi memungkinkan Anda untuk mempercepat proses pembuatan laporan. Anda akan mendapatkan kecepatan pembuatan laporan keuangan lebih maksimal dengan menggunakan software akuntansi online berbasis cloud, karena hanya membutuhkan koneksi internet.
    • Minim Resiko Kesalahan Menghitung. Semua data pada perusahaan ataupun bisnis akan di proses dan dikerjakan oleh sistem dari software akuntansi. Alhasil, akan minim sekali kemungkinan terjadinya human error. Anda hanya perlu fokus dalam input, sedangkan untuk proses dan output akan dikerjakan oleh program yang terdapat pada software tersebut.
    • Dapat Mengetahui Keuangan Perusahaan Secara Real Time. Semua kondisi keuangan dalam perusahaan dapat dipantau secara real time melalui report dari software ini. Namun, pemantauan secara langsung ini bisa Anda lakukan jika menggunakan software akuntansi online.
    • Semua Pencatatan Akuntansi Dilakukan Secara Otomatis. Kemudahan lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan software akuntansi yaitu semua pencatatan akan berjalan secara otomatis. Hal ini merupakan perbedaan yang cukup mencolok dari software akuntansi dengan sistem akuntansi manual.

    Tentunya, setiap perusahaan maupun bisnis memiliki target penjualan tersendiri. Target tersebut dapat diambil dari data penjualan sebelumnya. Software akuntansi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui data penjualan terdahulu. Anda hanya perlu memasukkan periode penjualan dan secara otomatis program akan menampilkan hasil sesuai periode yang Anda tentukan.

    Setrategi Mencapai Target Penjualan dengan Software Akuntansi

    Berdasarkan hasil yang muncul, maka Anda bisa dengan mudah menetapkan target penjualan. Perusahaan atau bisnis Anda bisa menentukan target penjualan naik atau turun karen software akuntansi menyajikan data akurat dan real teme.

    Jika perusahaan sudah mengetahui histori penjualan sebelumnya, artinya perusahaan dapat mebentukan nilai pernjualan yang dibutuhkan untuk mencapai target. Setelah mengetahui nilai yang dibutuhkan, Anda bisa membuat strategi marketing untuk mencapai target penjualan. Misalnya yaitu, promosi atau mengiklan, diskon, cuci gudang, dan strategi lainnya.

    Salah satu kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dengan menggukanak software akuntansi yaitu Anda bisa mengetahui jumlah produk yang tersisa dalam gudang melalui data stok produk. Melalui data tersebut, Anda bisa memutuskan produk mana yang perlu di promosikan, ataupun dijual secara bundling dengan produk lainnya. Metode ini dapat membuat target penjualan cepat tercapai namun tetap memperhatikan inventory perusahaan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.