x

Iklan

Asrul Rivaldio

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Agustus 2021

Senin, 30 Agustus 2021 08:58 WIB

Mahasiswa KKN UNEJ Inovasikan Literasi Kesehatan Masyarakat Desa Karanganyar, Bondowoso

Pandemi Covid-19 memberikan banyak sekali dampak buruk pada masyarakat yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang berdampak di masyarakat akibat pandemi Covid-19 yaitu menurunnya tingkat literasi pada masyarakat khususnya tentang kesehatan. Salah satu inovasi yang diberikan yaitu dengan mengenalkan salah satu aplikasi tentang kesehatan yang menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan tentunya. Aplikasi yang bernama “Sehatpedia” ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat akan kesehatan dengan adaptasi di era digital sehingga tingkat literasi pada masyarakat akan meningkat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung membaik hingga saat ini, tidak menjadi penghalang bagi Asrul Rivaldio Syah Putra, salah satu mahasiswa Universitas Jember (http://unej.ac.id) yang sedang melaksanakan KKN Back to Village III, dalam memilih tema Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19. Asrul didampingi DPL (Dosen Pembimbing Lapang) Ir. Sundahri, PGDip.Agr.Sc., M.P. 

Kegiatan KKN dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus hingga 9 September 2021. Berbeda dengan KKN sebelumnya yang biasanya dilakukan secara berkelompok, KKN kali ini dilakukan secara individu di daerah tempat tinggal masing-masing dengan tujuan untuk meminimalisasi terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Pandemi Covid-19 memberikan banyak sekali dampak buruk pada masyarakat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang berdampak di masyarakat akibat pandemi Covid-19 yaitu menurunnya tingkat literasi pada masyarakat khususnya mengenai kesehatan. Hal tersebut yang membuat literasi terkait kesehatan harus diterapkan dan ditingkatkan dalam kehidupan di masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Literasi kesehatan tidak hanya mencakup kemampuan untuk memperoleh, memproses, dan memahami informasi serta pelayanan yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan kesehatan yang tepat. Namun, literasi kesehatan juga berpengaruh untuk membentuk perilaku kehidupan sehari-hari yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Hal inilah yang menyebabkan tingkat literasi dapat berguna dalam mengontrol kesehatan individu, keluarga, bahkan masyarakat umum.

Desa Karang Anyar merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso. Desa tersebut mengalami berbagai macam dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat dari pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu masyarakat yang rentan terinfeksi virus Covid-19, dimana hal ini diduga banyak masyarakat yang mengabaikan terkait dengan penerapan pola hidup sehat selama masa pandemi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang sedang mengikuti program KKN Back to Village III, Asrul segera merancang kegiatan yang dapat meningkatkan tingkat literasi kesehatan supaya masyarakat mau untuk mengubah sudut pandang mereka dan terdorong untuk menerapkan pola hidup sehat dikehidupan sehari-harinya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu dengan mengenalkan aplikasi tentang mengenai kesehatan yang menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan tentunya. Aplikasi yang bernama “Sehatpedia” ini menyajikan berbagai informasi menarik seputar kesehatan, dimana dengan aplikasi ini, masyarakat diajak untuk membaca sehingga memperkaya kemampuan akan literasinya. Selain itu, berbagai macam penyuluhan mengenai penerapan pola hidup sehat selama masa pandemi juga dilakukan, seperti anjuran pola makan dan tidur yang benar, pentingnya melakukan aktivitas fisik, serta edukasi tentang vaksinasi Covid-19.

Oleh karena itu, dengan adanya KKN Back to Village III ini, diharapkan dapat memberikan solusi terkait dengan permasalahan yang ada pada masyarakat di Desa Karang Anyar tersebut dengan menyesuaikan kondisi sasaran berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan pada kegiatan sebelumnya.

Ikuti tulisan menarik Asrul Rivaldio lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB