x

AsaurusEdu!Wujudkan Merdeka Belajar Tanpa Ribet

Iklan

twinny yunda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Agustus 2021

Rabu, 1 September 2021 15:47 WIB

Solusi Atasi Permasalahan Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Masa Pandemi membuat permasalahan dalam dunia pendidikan semakin kompleks, salah satu permasalahan yang perlu untuk segera diselesaikan adalah pemenuhan media pembelajaran. Salah satu platform yang dapat memenuhi kebutuhan itu adalah "AsaurusEdu" platform pembuat media pembelajaran otomatis sesuai dengan karakteristik siswa. Harapannya platform ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dengan optimal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terhitung mulai kehadiran pertamanya hingga saat ini, sudah hampir dua tahun Covid-19 hadir di tengah-tengah kita. Kehadirannya secara tiba-tiba tentu mengubah kondisi, situasi, serta kebiasaan-kebiasaan yang seharusnya sudah wajar kita lakukan. Mulai dari kita harus menahan diri untuk keluar rumah, menghindari kerumunan, cuci tangan sesering mungkin, dan selalu memakai masker serta membawa handsantizer kapanpun dan di manapun. Situasi, serta keadaan ini tentu sedikit banyak mempengaruhi sektor-sektor penting di Indonesia, seperti sektor kesehatan, ekonomi, pariwisata, dan yang tidak kalah berdampak adalah sektor pendidikan.

Pada sektor pendidikan, proses belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka dan melibatkan siswa secara langsung dengan tiba-tiba harus ditiadakan dan digantikan dengan proses belajar mengajar secara online. Tentu saja hal baru ini menuntut pihak-pihak seperti sekolah, guru, siswa, hingga wali siswa beradaptasi dengan cepat untuk menghadapi situasi ini. Namun, pada prosesnya masih banyak kesulitan yang dihadapi. Mulai dari bagaimana proses belajar yang efektif ketika pembelajaran online, bagaimana siswa tetap bisa berinteraksi dengan siswa lainnya, hingga yang paling urgent adalah media pembelajaran apa yang harus digunakan dalam proses pembelajaran secara online.

Pada implementasinya berbagai platform untuk menunjang proses pembelajaran mulai dari google classroom, edmodo, moodle, whatsappgroup, hingga aplikasi video conference pun telah digunakan. Namun guru masih kesulitan dalam membuat bahan memilih media pembelajaran yang cocok dalam proses belajar online yang sesuai dengan karakteristik siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut kami melihat adanya urgensi untuk memfasilitasi media pembelajaran siswa, agar proses belajar mengajar secara online atau bahkan nantinya akan diadakan secara offline kembali dapat berjalan lebih optimal. Sehingga kami memperkenalkan platform pembuat media pembelajaran otomatis yaitu “AsaurusEdu”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

ÁsaurusEdu ini merupakan platform pembuat media pembelajaran otomatis yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, sehingga dengan hadirnya AsaurusEdu dapat mempercepat proses guru dalam proses pembuatan media pembelajaran dengan mudah dan tanpa ribet, sehingga guru akan lebih fokus dalam proses mengajar pada kegiatan pembelajaran. Asaurusedu ini juga dilengkapi dengan media pembelajaran lengkap berupa media literasi, media slides (power point), video pembelajaran, hingga audio. Pada proses nya siswa akan dibebaskan untuk memilih akan belajar menggunakan media apa yang mereka sukai, sehingga proses belajar mengajar akan lebih sesuai dengan karakteristik mereka. AsaurusEdu juga memfasilitasi soal evaluasi pada setiap media pembelajarannya sehingga guru akan tahu sejauh mana siswa memahami materi yang telah mereka pelajari.

Platform “AsaurusEdu” ini terintegrasi dengan website yang proses pengoperasiannya  lebih mudah, cepat, dan tidak menghabiskan banyak kuota. Selain guru, siswa juga akan dapat mengakses media pembelajaran dari “AsaurusEdu” dengan mudah dan cepat, serta siswa diberikan kebebasan untuk memilih media apa yang mereka sukai agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan maksimal. Dengan kemudahan dan kelebihan yang AsaurusEdu tawarkan, harapannya platform ini akan dapat memfasilitasi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dan membantu mensukseskan Merdeka Belajar.

AsaurusEdu Source

Ikuti tulisan menarik twinny yunda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler