GM Novendra Priasmoro Tampil Sebagai Juara 3 Zone 3.3 Zonal Chess Championships 2021 - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Saat menerima apresiasi.

Raiders Marpaung

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2020

Rabu, 8 September 2021 11:13 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • GM Novendra Priasmoro Tampil Sebagai Juara 3 Zone 3.3 Zonal Chess Championships 2021

    Hasil di babak terakhir ini merupakan anti klimaks bagi Tim Indonesia. Indonesia yang sampai dengan babak kedelapan masih punya peluang untuk memborong dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021, malah gagal meraih satu tiket pun.

    Dibaca : 387 kali

    Asian Chess Federation bekerjasama dengan Federasi Catur Filipina (PHI) tanggal 1 s/d tanggal 9 Mei menyelenggarakan turnamen catur dengan titel “Zone 3.3 Zonal Chess Championships 2021”. Turnamen tersebut diselenggarakan dalam rangka perebutan dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia.

    GM Novendra Priasmoro berhasil keluar sebagai juara tiga turnamen yang diikuti 52 peserta dengan 25 diantaranya bergelar internasional (3 GM, 10 IM, 2 WIM, 7 FM, 3 CM) dari 6 negara dengan meraih point 6 dari sembilan babak yang dimainkan. Diurutan pertama diraih oleh IM Daniel Quizon dari Filipina dengan point 7 dan IM Michael Concio Jr juga dari Filipina dengan point 6,5, keluar sebagai juara dua.

    Memasuki babak kesembilan (babak terakhir) yang dimainkan, Minggu (9/5/2021) GM Novendra Priasmoro akhirnya tergeser ke posisi tiga. GM Novendra Priasmoro dengan elo rating 2502 harus mengakui keunggulan IM Michael Concio dari Filipina dan gagal meraih tiket ke Piala Dunia Catur 2021. Bagi IM Michael Concio, hasil tersebut membuat posisinya naik ke urutan dua dengan megumpulkan 6,5 point, sekaligus mengantarkannya meraih tiket ke Piala Dunia Catur 2021 mendampingi rekan senegaranya IM Daniel Quizon.

    Pecatur Indonesia lainnya yang berhasil masuk sepuluh besar adalah IM Mohamad Ervan dengan elo rating 2356, IM Yoseph Theolifus Taher dengan elo rating 2455 dan IM Sean Winshand Cuhendi dengan elo rating 2419.

    Pecatur yang tak terkalahkan sampai dengan babak kedelapan IM Mohamad Ervan harus puas berada pada posisi keempat dengan meraih 6 point setelah di babak terakhir menderita kekalahan dari pecatur Malaysia Lik Zang Lye. Satu-satunya kekalahan tersebut membuatnya gagal meraih tiket ke Piala Dunia Catur 2021.

    Selanjutnya IM Yoseph Theolifus Taher berada pada posisi kelima, walaupun perolehan nilainya sama dengan perolehan nilai IM Mohamad Ervan yaitu 6 point. Di babak terakhir, IM Yoseph Theolifus Taher berhasil mengalahkan FM Rohan Shan Tze Navaratnam dari Malaysia.

    Sementara itu, IM Sean Winshand Cuhendi di babak terakhir ditahan remis oleh Merben Roque dari Filipina. Dengan hasil tersebut membuat posisi IM Sean Winshand Cuhendi turun ke posisi enam dengan point 6 juga.

    Hasil di babak terakhir ini merupakan anti klimaks bagi Tim Indonesia. Indonesia yang sampai dengan babak kedelapan masih punya peluang untuk memborong dua tiket ke Piala Dunia Catur 2021, malah gagal meraih satu tiket pun.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.