x

kesan

Iklan

rifatul mahmudah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2021

Jumat, 10 September 2021 17:21 WIB

Menemukan Barzanji di Malam Jumat

Jika membaca teks Maulid tak bisa lewat kertas lagi, mari berpindah saja ke smartphoe. Semoga berkah membaca kisah Rasulullah dan bershalawat padanya tetp tercurah pada kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Maulid Barzanji yang berisi sejarah Nabi Muhammad tidak bisa dipisahkan dari kegiatan mingguan saya sebagai santri. Hari pembacaan Maulid Barzanji selalu dinanti para santri karena aktivitas mudzakarah (belajar mandiri) dan halaqah (belajar dengan ustaz) akan libur sementara.

Malam itu angkatan saya kebagian giliran memimpin pembacaan maulid. Teman-teman yang suaranya bagus memegang mikrofon agar pembacaan makin khusyuk.

Namun, ada satu fenomena yang selalu terjadi tiap malam Jum’at. Sebagian naskah Barzanji menghilang entah ke mana. Padahal, penanggung jawab selalu memfotokopikan naskah sejumlah santri yang ada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak heran jika malam Jum’at selalu jadi ajang rebutan naskah Barzanji. Siapa cepat, dia dapat. Saya hampir tak pernah kebagian. Akhirnya, agar tetap bisa ikut menyenandungkan maulid, kami mulai beralih ke naskah digital di smartphone.

Sayang sekali, teks Barzanji yang tertera di berbagai website ada berbagai versi, yang sering membuat kami kesulitan. Saya pun berselancar mencari teks maulid di aplikasi playstore, lalu saya menemukan KESAN.

Alhamdulillah, di KESAN saya menemukan teks Barzanji yang sesuai dengan naskah di pondok kami. Beruntungnya, bukan hanya menemukan Barzanji, saya juga mendapatkan berbagai macam bacaan maulid lain, mulai dari Diba’i sampai Burdah. Ditambah lagi ada macam-macam doa dan shalawat.

Saya juga baru sadar akhir-akhir ini, ternyata berbagai fitur di KESAN, mulai dari doa-doa, maulid, shalawat, sampai qasidah, juga dilengkapi dengan audionya masing-masing. Hitung-hitung buat bahan belajar saya untuk melagukan maulid dengan enak. 

Setelah menemukan teks Barzanji di KESAN, saya tidak perlu ikut berebut naskah Barzanji lagi di malam Jum’at. Teman-teman bisa download KESAN di playstore dan iOS. Sekian kisah menuju malam Jum’at ini, dan jangan lupa Yasinan, banyak bershalawat, dan baca surat Al-Kahfi besok pagi.

Ikuti tulisan menarik rifatul mahmudah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler