Haornas ke-38, Semoga DBON Terwujud - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Haornas 2021

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 10 September 2021 08:58 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • Haornas ke-38, Semoga DBON Terwujud

    Semoga semangat peringatan Haornas ke-38 2021 dengan tema besar DBON, prestasi olah raga nasional menuju level SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan Paralimpiade dapat mewujud. Dan, pastinya, peringatan Haornas ke-38 tahun 2022 tema besarmya juga harus melanjutkan DBON. Atau akan ganti lagi? Sebab, target menuju prestasi di level yang dicitakan tidak bisa instan dalam setahun dua tahun. Sementara tradisi berbagai hari peringatan di Indonesia termasuk Haornas, setiap tahun temanya berganti dan entah mengapa, tema selalu menjadi sebatas slogan.

    Dibaca : 310 kali

    Selamat Hari Olahraga Nasional ke-38,  9 September 2021 dengan Tema: Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju. Semoga tema tersebut dapat mengantar olahraga nasional benar-benar maju. Aamiin.

    Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diluncurkan saat peringatan Haornas 9 September 2021 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). DBON akan menyeluruh untuk urusan hulu sampai hilir. Semua hal akan dipersiapkan mulai dari target, sasaran, hingga saran dan prasarananya. Menpora ingin, prestasi olahraga yang didapat tidak lagi by accident, melainkan membuat pabrik prestasi dengan merancang.

    Atas tema dan harapan Haornas ke-38 ini,  karena dunia dan Indonesia masih dilanda pandemi, jangan sampai tema menjadi sekadar slogan saja. Pasalnya, tema besar peringatan Haornas ke-37 tahun 2020, yang ada tiga target yaitu sport science, sport tourism dan sport industry, nyatanya tak sesuai harapan.

    Bagaimana dengan sport science? Lalu, tentu tak ada kabar dengan sport tourism. Pun sport industry, ke mana batang hidungnya? Semua bak ditelan bumi, menjadi sekadar kata-kata yang tak dapat memberikan makna.

    Karenanya, sadar bahwa dunia dan Indonesia juga masih belum tahu kapan usai corona, sepertinya tema Haornas ke-38 juga terlalu muluk. Jangan sampai ada istilah nafsu besar tenaga kurang. Akhirnya, tema besar peringatan Haornas 2021, akan kembali sekadar menjadi slogan, hanya berhenti pada kata-kata saja.

    Paradigma menatap ke depan

    Terlebih, sesuai tema Haornas 2021, ada paradigma bahwa Indonesia sesuai DBON sudah jauh menatap ke depan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games. Tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade. Dengan begitu, ajang-ajang regional hanya menjadi sasaran antara.

    Wah, luar biasa paradigmanya. Apalagi dalam DBON, juga disebutkan ada 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk dapat meraih medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade. Kerangka pembinaannya pun mengacu pada DBON. Menpora Amali memastikan bahwa DBON ini menjadi pondasi olahraga Indonesia.

    Pertanyaannya, apakah yakin DBON benar-benar akan dijalankan sesuai tujuan? Pasalnya, tiga target sesuai tema peringatan Haornas 2020, juga seperti ditelan angin.

    Masyarakat sangat berharap, agar DBON benar-benar dapat diwujudkan. Terlebih sesuai rencana program DBON akan ditempatkan dalam satu training camp di Cibubur, dengan menerapkan sistem degradasi. 

    Dalam program, meski cabang olahraga (cabor) unggulan, namun faktanya tidak dapat berprestasi, maka akan didegradasi dan memungkinkan diganti dengan cabor lain.

    Semoga semangat peringatan Haornas ke-38 2021 dengan tema besar DBON, prestasi olah raga nasional menuju level SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan Paralimpiade dapat mewujud. Dan, pastinya, peringatan Haornas ke-38 tahun 2022 tema besarmya juga harus melanjutkan DBON. Atau akan ganti lagi? Sebab, target menuju prestasi di level yang dicitakan tidak bisa instan dalam setahun dua tahun.

    Sementara tradisi berbagai hari peringatan di Indonesia termasuk Haornas, setiap tahun temanya berganti dan entah mengapa, tema selalu menjadi sebatas slogan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.