Keuntungan yang Bisa Kamu dapat dengan menerapkan Ergonomi - Urban - www.indonesiana.id
x

Putra Siregar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Rabu, 22 September 2021 20:16 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Keuntungan yang Bisa Kamu dapat dengan menerapkan Ergonomi


    Dibaca : 596 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menerapkan ergonomi pada kehidupan sehari-hari. Ergonomi adalah sebuah prinsip untuk membuat lingkungan pekerjaan disekitar manusia dapat menjadi kondusif dan mendukung kegiatan manusia itu sendiri. Simpelnya ergonomi itu ada untuk membuat kualitas pekerjaanmu meningkat melalui faktor eksternal.

    Ergonomi dapat diterapkan pada berbagai produk, lingkungan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Ergonomi pada produk dapat berupa postur atau dimensi dari produk tersebut. Ada juga material apa yang digunakan pada suatu produk, apakah material tersebut berfungsi dengan baik pada produk tersebut.

    Pada lingkungan dan kebiasaan, ergonomi lebih menjurus tentang bagaimana keadaan sekitar manusia beraktivitas dan kebiasaan beraktivitas seperti apa yang dilakukan. Keadaan sekitar pekerjaan yang dimaksud apakah disekitar manusia ada banyak manusia lainnya, atau barang-barang seperti apa yang ada disekiarnya. Kebiasaan beraktivitas misalnya, kepala yang terbiasa melihan keatas atau kebawah, atau kaki yang selalu diangkat atau dilipat. Ergonomi ada untuk memberikan yang terbaik kepada user ketika beraktivitas.

    Lalu apa saja keuntungan bagi Manusia yang menerapkan Ergonomi?

    Setelah mengetahui apa itu dan dimana saja penerapan ergonomi, lalu apa keuntungan atau benefit yang didapat?

    • Kualitas Pekerjaan yang meningkat

    Dengan kondisi environtment yang kondusif akan membuat manusia lebih fokus ketika mereka bekerja. Akurasi dan kecepatan dalam bekerja pun akan meningkat, karena kenyamanan yang ada dari produk atau lingkungan yang mendukung.

     

    • Meningkatkan Keterampilan SDA

    Ergonomi yang telah ada akan terus berkembang dan memperluas cakupannya agar manusia semakin meningkat kualitas hidupnya. Ini menimbulkan munculnya banyak ide-ide yang lebih beragam melalui generasi-generasi muda nantinya. Menginspirasi banyaknya variasi ide dan keterampilan yang dihasilkan, yang dimulai dari ide sederhana menjadi suatu terobosan nantinya.

     

    • Efesiensi Waktu

    Ketika manusia telah menerapkan ergonomi waktu yang diperlukan akan menipis, ini dikarenakan beberapa faktor. Faktor mental yang merasakan bahwa dengan kondisi yang nyaman, maka mood untuk bekerja akan naik dan mempercepat jam kerja. Atau secara fisik yang dimana ketika prinsip ergonomi belum diterapkan dan dapat mengganggu jalannya pekerjaan. Jika suatu pekerjaan terganggu maka akan menyebabkan terlambatnya suatu pekerjaan.

     

    • Memperkecil Resiko Kesehatan dalam Pekerjaan

    Ketika suatu lingkungan pekerjaan sudah menerapkan Ergonomi resiko adanya kecelakaan akan menurun. Karena semua perlengkapan dan lingkungan pekerjaan sudah sesuai standar yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

     

    Jika kita menerapkan prinsip Ergonomi pada kehidupan sehari-hari, itu akan meningkatkan dan kualitas kegiatan yang kita lakukan. Bagaimana semua, apakah kalian sudah melakukan prinsip ergonomi di kehidupan kalian?



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.