Sering Terabaikan, Pencahayaan di Ruang Makan Ternyata Penting - Urban - www.indonesiana.id
x

Zalva Nafila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Jumat, 24 September 2021 21:18 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Sering Terabaikan, Pencahayaan di Ruang Makan Ternyata Penting

    Ruang makan diperlukan untuk mempererat hubungan sesama anggota dengan keluarga, atau pasangan. Menurut penelitian, remaja lebih merasa bahagia dan memiliki harga diri yang baik ketika keluarganya rutin mengadakan makan malam bersama. Maka perlu ruangan ini didukung pencahayaan yang tepat.

    Dibaca : 608 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Sering terabaikan, pencahayaan di ruang makan ternyata penting, sama pentingnya dengan pencahayaan di ruangan lainnya. Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang diperlukan untuk mempererat hubungan dengan keluarga atau pasangan. Dilansir dari klikdokter.com, remaja lebih merasa bahagia dan memiliki harga diri yang baik ketika keluarganya rutin mengadakan makan malam bersama.

    Saat makan malam bersama, pastikan anggota keluarga duduk bersama. Matikan perangkat elektronik, dan berikan perhatian penuh satu sama lain saat makan. Keluarga bisa saling bertanya tentang kegiatan yang dijalani di hari itu, ataupun hanya sekadar berbagi cerita-cerita lucu. Selain itu, saling mengobrol tentang aktivitas yang dijalani juga membuat anggota keluarga merasa diapresiasi dan diperhatikan.

    Nah, gimana sih cara mengatur pencahayaan di ruang makan agar kumpul bersama menjadi nyaman? Yuk, disimak!

     

    Gunakan Lampu Gantung

    Gunakan lampu gantung yang diletakkan tepat di atas meja makan. Lampu gantung bisa digunakan sebagai focal point di ruang makan serta cahayanya juga dapat langsung terfokus ke makanan. Selain itu, pilihan material kap lampu juga beragam, seperti rotan, kaca, alumunium, dan masih banyak lagi. Pemilihan kap lampu bisa menyesuaikan tema ruangan agar ruangan menjadi semakin aesthetic.

    Pemilihan Jenis dan WarnaLampu

    Peneliti dari Cornell University, Brian Wansink dan Koert van Ittersum menuturkan bahwa pencahayaan yang temaram pada saat makan membuat lebih rileks sehingga dapat lebih menikmati suasana bersama orang tersayang. Selain itu, penerangan temaram juga mengurangi nafsu makan. Hal ini dapat menghindari kelebihan kalori dan obesitas.

    Pemilihan warna lampu juga perlu diperhatikan. Warna kuning merupakan warna yang tepat untuk ruang makan. Warna kuning sendiri memberikan kesan hangan dan tenang terhadap ruangan. Selain itu, hindari penggunaan warna putih, karena cahaya putih dapat menyilaukan mata dan membuat mata cepat lelah.

    Gunakan Adjustable Brightness Lamp

    Selama pandemi ini, banyak juga orang yang menggunakan ruang makan untuk bekerja. Oleh karena itu, penggunaan lampu yang bisa diatur kecerahannya dapat menjadi alternatif di ruang makan. Ketika makan, pencahayaan lampu bisa dikurangi, sedangkan ketika bekerja keterangan lampu bisa ditngkatkan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.