Apakah Wanita Lebih Menarik dengan Lipstik Merah? - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi wajah wanita

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 27 September 2021 19:11 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Apakah Wanita Lebih Menarik dengan Lipstik Merah?

    Nicolas Guéguen, dalam sebuah penelitian untuk menjawab pertanyaan benarjah lipstik merah lebih menarik bagi melibatkan sejumlah wanita. Dia meminta mereka memakai lisptik warna merah, coklat, pink, juga ada yang diminta tanpa lipstik sama sekali. Subyek diminta duduk di bar selama satu jam pada hari Rabu dan Sabtu malam di tempat populer di Prancis. Dan, hasilnya?

    Dibaca : 810 kali

    Apakah Wanita Lebih Menarik dengan Lipstik Merah

    Poin Penting

    • Wanita memiliki kontras luminance lebih banyak antara fitur wajah dan kulit daripada pria, yang ditingkatkan melalui make-up.
    • Penelitian menunjukkan bahwa bibir merah secara universal menarik, mungkin karena hubungan yang dirasakan dengan gairah seksual.
    • Wanita yang sangat menarik dianggap lebih menarik dengan warna merah.

     

    Kita semua telah melihat gambar glamor. Dari model hingga bintang film, bibir merah terlihat merah membara. Mengapa? Dan apakah itu benar untuk semua orang? Atau hanya mereka yang akan terlihat bagus dalam segala hal? Penelitian berusaha untuk menentukan sejauh mana warna penting, dan untuk siapa.

    Lipstik Merah Menarik Pria

    Nicolas Guéguen, dalam sebuah penelitian berjudul "Apakah Lipstik Merah Benar-benar Menarik Pria?" meneliti apakah pria di bar akan lebih tertarik pada wanita yang memakai lipstik merah dibandingkan dengan warna lain. Dia meminta subjek wanita memakai warna merah, coklat, pink, dan tanpa lipstik sama sekali, duduk di bar selama satu jam antara jam 8: 30 sore dan tengah malam, pada hari Rabu dan Sabtu malam di tempat populer di Prancis. Benar saja, wanita yang memakai lipstik merah dikaitkan dengan lebih banyak ajakan oleh pria yang dinilai berusia antara 20 dan 28 tahun, serta waktu tunggu yang lebih singkat antara saat mereka tiba dan pendekatan pertama.

    Apakah ada sesuatu tentang sebuah bar, apakah waktu, kehadiran alkohol, atau konotasi lain yang membuat lipstik merah menonjol? Apakah wanita-wanita ini akan dipersepsikan dengan cara yang sama di toko kelontong atau pom bensin? Penelitian lain menunjukkan daya tarik bibir merah sebenarnya adalah warnanya, bukan settingnya.

    Ian D. Stephen dan Angela M. McKeegan meneliti bagaimana warna bibir memengaruhi daya tarik wajah yang dirasakan. Mereka mulai dengan mencatat bahwa wanita memiliki kontras luminance lebih banyak antara fitur wajah dan kulit daripada pria, yang ditingkatkan melalui make-up. Mereka mencatat bahwa dalam foto hitam-putih wajah wanita, jumlah kontras pencahayaan yang lebih tinggi meningkatkan feminitas dan daya tarik yang dirasakan. Untuk bule, Stephen dan McKeegan mencatat bahwa sebagian besar kontras antara bibir dan kulit wajah dibuktikan dengan kemerahan, dan bibir merah secara universal menarik, mungkin karena hubungan yang dirasakan dengan gairah seksual.

    Seberapa penting bibir merah jika seorang wanita sudah menarik? Adam D. Pazda dkk. meneliti pertanyaan itu sehubungan dengan warna merah secara umum, dalam sebuah artikel yang berjudul "Pengaruh Warna Merah pada Daya Tarik Wanita yang Sangat Menarik" (2021). Mereka mulai dengan mengakui penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan persepsi pria tentang daya tarik wanita kecuali seorang wanita memiliki fitur yang lebih tua, tidak menarik, atau maskulin. Membatasi pemeriksaan mereka ke ujung lain spektrum, mereka mempelajari wanita muda yang sangat menarik dan berpakaian provokatif.

    Melalui serangkaian tiga percobaan, mereka memanipulasi warna pakaian dalam pada model yang sangat menarik dan memeriksa persepsi pria tentang daya tarik seksual, penerimaan seksual, dan daya tarik model. Di antara temuan lain, mereka menemukan bahwa wanita berbaju merah menerima peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan hijau di ketiga eksperimen. Mereka menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, hasil mereka menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan daya tarik wanita yang sudah dianggap menarik dan diinginkan. Kita mungkin mengasumsikan hasil yang sama jika kita menambahkan lipstik merah.

    Lebih dari Warna

    Hubungan yang langgeng membutuhkan lebih dari sekadar warna, baik yang ditampilkan melalui riasan atau pakaian. Tidak ada yang salah dengan semua orang mencari yang terbaik, tetapi persepsi awal tentang daya tarik tidak mengungkapkan hal terpenting tentang potensi hubungan. Pengingat bahwa kecantikan itu sedalam kulit dapat membantu memastikan orang tidak mengabaikan pentingnya karakter, kebaikan, kasih sayang, dan kecocokan. Tidak seperti riasan dan pakaian, yang seseorang kenakan dan lepas, kualitas batin ada atau tidak, membuktikan bahwa kualitas yang paling menarik datang dalam warna hitam dan putih.

    ***
    Solo, Sabtu, 25 September 2021. 9:21 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.