x

Iklan

Felisian Christie

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2021

Rabu, 29 September 2021 06:14 WIB

Vaksinasi di Kaki Gunung

SUATU hari di penghujung Agustus lalu, sekitar pukul 08.00 WIB, beberapa orang di desa kaki Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat, sudah berkumpul. Mereka tengah bersiap menerima vaksin covid-19. Hingga pukul 09.00, setidaknya ada sekitar 100 orang. Barulah di jam berikutnya, ada 100 orang lagi, hingga seterusnya berjumlah 500 orang. Keesokan harinya, kegiatan serupa berlangsung lagi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesiana.id - SUATU hari di penghujung Agustus lalu, sekitar pukul 08.00 WIB, beberapa orang di desa kaki Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat, sudah berkumpul.
Mereka tengah bersiap menerima vaksin covid-19. Hingga pukul 09.00, setidaknya ada sekitar 100 orang. Barulah di jam berikutnya, ada 100 orang lagi, hingga seterusnya berjumlah 500 orang. Keesokan harinya, kegiatan serupa berlangsung lagi.

Kegiatan itu diinisiasi sekumpulan pencinta alam yang tergabung dalam gerakan Mandalangi Bergerak. Sulitnya akses vaksin yang sejauh ini hanya menjangkau di titik-titik perkotaan, menggerakkan hati, pikiran, dan tenaga mereka untuk turut membantu membuka akses vaksin bagi masyarakat di sekitar kaki gunung. 

Salah satu kekhawatiran mereka ialah, kelak ketika beberapa gunung di Indonesia telah kembali dibuka untuk pendakian, warga di sekitar kaki gunung bakal rentan terpapar virus akibat lalu-lalang masuknya para pendaki. Para porter, pemandu, juga pemilik warung hingga warga yang menyediakan penginapan, adalah beberapa di antara yang bersinggungan langsung. 

Sebab itu, Mandalawangi Bergerak berinisiatif mengupayakan percepatan vaksinasi masyarakat di kaki gunung. “Karena di kaki gunung itu vaksinasinya masih minim. Kami mikirnya, jangan sampai ketika nanti ada yang naik gunung, malah bawa risiko buat masyarakat sekitar,” terang Ketua Mandalawangi Bergerak, Rahmi Hidayati, saat dihubungi Media Indonesia melalui sambungan telepon, Senin (13/9). Saat ini, Rahmi dkk sudah mengupayakan vaksinasi untuk masyarakat di Selabintana Sukabumi, Cibodas, dan di kaki Gunung Putri. 

Ke depan, mereka memproyeksikan akan mempercepat vaksinasi bagi warga di sekitar 10 gunung yang paling ramai dan menjadi favorit para pendaki, seperti Gunung Slamet dan Gunung Perahu di Jawa Tengah, Gunung Ciremai di Jawa Barat, Gunung Agung di Bali, dan Gunung Rinjani di Lombok, NTB. Untuk menjamin itu, vaksin disediakan oleh dinas setempat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. 

Mereka juga bekerja sama dengan para aktivis lingkungan dan pencinta alam setempat, juga para tenaga kesehatan di puskesmas setempat di kaki gunung. “Sebelum bergerak, kami juga pelajari karakter masyarakat di sekitar kaki gunung. Bikin riset awal, bagaimana sebaiknya saat bergerak di gunung selanjutnya, termasuk nanti di luar Jawa. Kami juga ajak nakes puskesmas setempat, mereka yang lakukan penyuntikan dan skrining,” tutur Rahmi.


Selain mengupayakan akses vaksin bagi warga kaki gunung, tim Mandalawangi Bergerak juga melakukan edukasi kepada masyarakat. Tidak semua warga sudah memahami pentingnya vaksinasi covid-19. Rahmi yang juga anggota Mapala Universitas Indonesia ini bercerita tidak sedikit warga menolak karena terpapar informasi yang kurang tepat. 


Karena itu, sebelum vaksinasi berlangsung, beberapa waktu sebelumnya juga dilakukan sosialisasi pentingnya warga mendapat vaksin covid-19. “Misal yang di jalur pendakian Gunung Putri, itu masyarakat di sana awalnya sempat tolak vaksin. Tapi kami lakukan sosialisasi mengenai kegunaan dan dampaknya.  Akhirnya di menit-menit akhir, warga berbondong daftar dan mau vaksin,” kata dia. Rahmi menyatakan timnya juga menjamin hingga proses vaksinasi kedua. Adapun bagi warga yang belum mendapatkan vaksin, ia mendorong pemda dan dinas setempat untuk segera mendata mereka. Sebab, jika melihat antusiasme dari beberapa kegiatan yang sudah berjalan, warga umumnya mau divaksin. 

Memang awalnya memang sempat ada beberapa penolakan. Rahmi juga menyatakan siap jika ia dan timnya dimintai tolong oleh beberapa komunitas di sekitar kaki gunung yang ada di wilayah lain di Indonesia untuk percepatan vaksinasi. “Kalau misal ada teman-teman di gunung lain yang mau dan bisa mengakomodasi, kami bisa mendukung untuk kepentingan di lapangan,” terang perempuan yang pernah berprofesi sebagai jurnalis ini. “Concern kami adalah tidak ingin masyarakat di sekitar pegunungan terkena dan terpapar dari para pendaki nantinya. Dan, mudah-mudahan ini juga bisa menjadi kesadaran bersama untuk teman-teman.” (M-4)

Ikuti tulisan menarik Felisian Christie lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB