Kehilangan Cinta dalam Hidup Anda - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: Miss Date Doctor

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 28 September 2021 17:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Kehilangan Cinta dalam Hidup Anda

    Jatuh cinta dengan seseorang adalah kegembiraan dan intensitas yang tiada duanya, dan sulit membayangkan pernah merasakan hal itu lagi ketika sudah tiada.

    Dibaca : 644 kali

    Kehilangan seseorang yang Anda cintai bisa terasa seperti kehilangan sebagian dari diri Anda; seperti melepaskan sesuatu yang Anda tidak ingin hidup tanpanya.

    Jika ini pertama kalinya Anda jatuh cinta, rasa sakit dari akhir itu mungkin terasa mustahil untuk ditanggung karena pengalaman cinta Anda terbatas pada satu hubungan. Anda tidak dapat memahami bagaimana hidup dapat terus berjalan.

    Anda mungkin merasa bingung dan tersesat sekarang setelah hubungan Anda berakhir, dan berjuang untuk melihat bagaimana bangkit kembali. Sulit, ketika Anda begitu terikat secara emosional dengan seseorang, untuk membayangkan seperti apa hidup tanpa mereka. 
    Apakah Anda dapat menerimanya sekarang atau tidak, hubungan Anda telah berakhir karena suatu alasan. Selalu ada sesuatu untuk dipelajari dari suatu hubungan, dan meskipun Anda tidak ingin memercayainya saat ini, mungkin ini yang terbaik yang telah terjadi.

    Jika Anda mencoba mengatasi kehilangan seseorang yang Anda cintai, teruslah membaca beberapa saran tentang cara melanjutkan dan mulai menavigasi hidup tanpa dia.

    1. Beri diri Anda waktu untuk berduka.

    Kehilangan cinta dalam hidup Anda adalah traumatis dan memilukan.

    Ada harapan bahwa setelah beberapa tangisan dan es krim, Anda akan bangkit dan melanjutkan. Tetapi kenyataannya, jauh lebih sulit dari itu.

    Ketika Anda telah jatuh cinta dengan seseorang, keterikatan itu tidak hilang begitu saja ketika dia berhenti menjadi bagian dari hidup Anda.

    Untuk mengatasi penyesuaian ini, Anda harus membiarkan diri Anda berduka karena kehilangan hubungan Anda dan menavigasi seperti apa dunia tanpa dia di sisi Anda.

    Menyingkirkan perasaan itu dan berpura-pura bahwa Anda terlalu cepat melupakan seseorang tidak realistis, dan itu hanya akan membuat proses untuk benar-benar pindah darinya membutuhkan waktu lebih lama.

    Penyembuhan dari kehilangan seseorang yang Anda cintai membutuhkan waktu, dan ada baiknya untuk mengungkapkan perasaan Anda. Tetapi saat ini berubah menjadi pemanjaan diri adalah saat menjadi tidak sehat.

    Mengingat mantan Anda dan membutuhkan waktu untuk diri sendiri sangat berbeda dengan dengan sengaja mengambil foto lama Anda bersama atau dengan sengaja bertanya-tanya di mana dia berada atau dengan siapa dia.

    Ada saatnya dalam proses berduka Anda ketika Anda mulai menemukan jalan keluar darinya. Anda harus mengajari diri sendiri untuk semakin jarang mengingat kembali kenangan mantan Anda sehingga rasa sakit karena kehilangannya memudar. Kesedihan adalah cara untuk mengatasi emosi kita, tetapi membiarkannya menghabiskan Anda hanya akan menjebak Anda di tempat yang gelap.

    Jika Anda tahu hubungan Anda telah berakhir dan Anda telah menerima kehilangannya, inilah saatnya untuk mengambil hidup kembali ke tangan Anda sendiri. Anda bisa mengatasi ini, dan Anda memiliki kekuatan untuk bahagia tanpa dia seperti yang Anda pikirkan saat bersamanya.

    2. Jangan mencoba mengawasi mantan Anda.

    Ketika Anda putus dengan seseorang yang Anda cintai, mungkin terasa aneh bahwa dia ada di luar sana, namun Anda tidak tahu apa yang dia lakukan dengan hidupnya. Mungkin sulit untuk memahami konsep ini, terutama ketika Anda tidak pernah berpikir Anda akan berpisah.

    Godaan untuk menjalin semacam kontak atau mengecek media sosialnya bisa sangat besar, hanya untuk merasakan kedekatan dengannya lagi.

    Tetapi ini seringkali dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Media sosial hanya menampilkan snapshot dalam waktu dan dapat dipentaskan. Anda tidak akan pernah benar-benar tahu bagaimana perasaan dia dari gambar atau komentar, dan melihatnya bahagia di suatu tempat tanpa Anda hanya akan membuat Anda lebih sakit.

    Biasanya ketika kita merasa paling rentan, kita menyerah dan ingin memeriksa mantan. Ini adalah waktu terburuk untuk melihat gambar bahagia yang sangat kontras dengan betapa menyedihkannya perasaan Anda.

    Sebisa mungkin Anda tidak ingin memutuskan hubungan dengan seseorang yang Anda cintai, menyembunyikannya di media sosial atau memblokir nomornya untuk sementara waktu bisa menjadi hal yang Anda butuhkan untuk membantu Anda move on.

    Memikirkannya akan terasa sangat aneh setelah dekat begitu lama, tetapi itu layak dilakukan.

    3. Percaya bahwa waktu akan membantu.

    Ini adalah klise yang mungkin tidak ingin Anda dengar ketika Anda baru saja kehilangan seseorang yang Anda cintai, tetapi waktu sering kali membuat segalanya lebih baik. Atau, setidaknya, itu bisa membantu.

    Tentu saja, mengetahui Anda akan merasa lebih baik di beberapa titik di masa depan bukanlah banyak kenyamanan ketika Anda tampaknya tidak dapat melakukan apa pun selain memikirkan mantan Anda dan merindukannya di masa sekarang.

    Tetapi itu adalah sesuatu yang harus Anda percayai.

    Rasanya tidak mungkin ketika perasaan Anda begitu mentah, tetapi percaya pada waktu untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda rasakan untuk seorang mantan dan melunakkan tepi kenangan Anda bersama adalah sesuatu yang dapat Anda andalkan.

    Tidak ada jawaban tunggal tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi putus cinta dan menerima situasi tersebut. Itu tergantung pada seberapa siap Anda untuk fokus melihat ke depan daripada ke belakang.

    Tetapi di setiap saat kesedihan, jika Anda tiba-tiba dilanda rasa sakit karena kehilangan apa yang Anda miliki, tenanglah karena mengetahui bahwa hari esok akan lebih mudah daripada hari ini.

    4. Bicaralah dengan terapis.

    Tidak harus ada sesuatu yang 'salah' dengan Anda untuk mencari seorang profesional untuk diajak bicara.

    Berbicara dengan terapis hubungan tentang pengalaman Anda dapat menjadi cara yang berharga dan efektif untuk memahami diri sendiri dan belajar bagaimana mengelola emosi Anda ketika mereka merasa luar biasa.

    Ini adalah kesempatan untuk berbicara dengan seseorang yang tidak akan menilai apa yang Anda katakan, apa yang menyebabkan perpisahan, atau seberapa emosional Anda tentang hal itu. Seseorang yang tidak memiliki niat selain mendengarkan Anda.

    Berbicara dengan teman dan keluarga itu bagus, tetapi mereka tidak dilatih untuk mengatakan hal yang benar untuk membantu Anda mengungkapkan perasaan Anda dengan cara yang konstruktif dan membantu Anda melanjutkan hidup.

    Seorang terapis – orang yang berspesialisasi dalam hubungan dan rasa sakit karena putus cinta – adalah seseorang yang akan benar-benar mendengarkan Anda dan dapat membantu Anda menavigasi ladang emosi dan keanehan hidup Anda tanpa seseorang di sisi Anda.

    Dia dapat mulai membawa Anda keluar dari ruang kepala gelap tempat Anda berada dan membantu Anda membantu diri Anda sendiri ke tempat penerimaan dan pengertian.

    Dan ingat, Anda belum 'gagal' jika Anda meminta bantuan; itu menunjukkan keinginan yang tulus untuk memperbaiki diri dan bisa menjadi hal terbaik bagi Anda untuk mengatasi kehilangan ini.

    5. Jangan mencoba untuk mengganti mantan Anda.

    Saat Anda menghadapi kehilangan pasangan – terutama yang benar-benar Anda cintai – menjalani gerakan sebagai seorang lajang tidak terasa normal.

    Anda begitu terbiasa memasukkan orang lain ke dalam rencana, waktu, dan pikiran Anda, sehingga setiap aktivitas harian yang harus Anda lalui sendiri semakin menonjolkan ketidakhadirannya.

    Dapat dimengerti jika Anda menemukan diri Anda mencari seseorang untuk mengisi kekosongan itu. Anda akan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda siap untuk melanjutkan dan bahwa Anda tidak terburu-buru melakukan apa pun. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak terlibat dalam suatu hubungan terlalu cepat setelah kehilangan cinta dalam hidup Anda.

    Berkencan bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu orang baru dan kembali ke sana, mengingatkan Anda bahwa ada orang selain mantan Anda yang bisa Anda hubungi.

    Tetapi jika Anda memulai sesuatu yang serius dalam beberapa bulan pertama, Anda dapat menemukan diri Anda kehilangan mantan Anda lebih dari sebelumnya.

    Pasangan baru tidak akan menggantikan hubungan yang Anda miliki, dan Anda tidak akan tiba-tiba merasakan cinta yang sama untuk dia seperti yang Anda lakukan untuk mantan Anda. Pasangan baru Anda akan memiliki kebiasaan uniknya sendiri yang akan berbeda dari hubungan Anda sebelumnya, bertindak sebagai pengingat semua yang pernah Anda miliki dan tidak lagi.

    Terlalu banyak untuk mencoba menangani perasaan lama Anda terhadap mantan Anda sambil juga menyeimbangkan emosi pasangan baru Anda dan perasaan kebingungan Anda terhadapnya. Itu tidak adil bagi Anda berdua dan pada akhirnya akan menyakiti Anda berdua. 
    Sebanyak Anda merindukan seseorang di sekitar, menemukan pasangan baru tidak akan memulihkan hubungan yang hilang. Anda perlu waktu untuk sepenuhnya memproses pengalaman Anda, sama asingnya dengan perasaan Anda sendiri.

    6. Pertimbangkan bahwa mantan Anda tidak seperti yang Anda pikirkan.

    Saat Anda menghadapi kehilangan seseorang yang Anda cintai, Anda mungkin menemukan bahwa Anda melihat kembali hubungan Anda dengan kacamata berwarna mawar.

    Kenangan yang Anda pegang adalah kenangan saat Anda merasa paling bahagia; ketika Anda dan mantan Anda dalam kondisi terbaik.

    Kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa orang yang Anda pikirkan tidak ada lagi. Kenangan bahagia yang Anda pegang berasal dari waktu yang berbeda ketika Anda dan mantan Anda berada pada tahap yang berbeda dalam hidup Anda.

    Sejak saat-saat itu, Anda mencapai suatu tempat dalam hubungan Anda di mana ia telah hancur. Mantan Anda di luar sana sekarang bukanlah orang yang Anda bayangkan dalam pikiran Anda, tetapi orang yang tidak ingin menjalin hubungan dengan Anda lagi.

    Ini adalah kebenaran yang dingin dan sulit untuk ditanggung, dan tidak selalu masuk akal bagaimana Anda berpindah dari satu ekstrem ke ekstrem lainnya. Tetapi untuk mengatasi kehilangannya, Anda perlu membingkai ulang perspektif Anda tentang orang yang Anda dambakan.

    Berhentilah berpikir tentang dia sebagai satu-satunya cinta sejati dalam hidup Anda. Katakan pada diri Anda bahwa dia adalah cinta dalam hidup Anda; berpotensi salah satu dari banyak.

    Sayangnya kita tidak bisa memutar kembali waktu dan kembali ke saat kita paling bahagia. Yang bisa kita lakukan adalah menghargai kenangan itu dan mencoba untuk melanjutkan hidup kita dan mengalami lebih banyak seperti itu.

    Melalui perpisahan ini, Anda sudah menjadi orang yang berbeda dengan diri Anda yang dulu di saat-saat berharga itu.

    Ingatkan diri Anda bahwa hubungan Anda berakhir karena suatu alasan, meskipun itu bukan pilihan Anda. Dan bahwa kamu pantas bersama seseorang yang ingin bersamamu, bukan membuang emosimu pada seseorang yang hanya ada di masa lalu.

    7. Luangkan waktu untuk belajar dari hubungan Anda.

    Sebanyak yang Anda pikir Anda telah kehilangan hubungan yang sempurna, pasti ada alasan untuk itu berakhir.

    Setelah rasa sakit mereda dan emosi Anda tenang, cobalah untuk mengevaluasi di mana letak kesalahannya.

    Orang tidak putus tanpa alasan. Jika Anda meluangkan waktu untuk benar-benar memikirkan hubungan masa lalu Anda, apakah semuanya sebaik yang terlihat?

    Apakah Anda berdebat? Apakah Anda cemburu? Apakah Anda benar-benar bahagia dan nyaman menjadi diri sendiri di sekitar mantan Anda atau apakah Anda mencoba menjadi seseorang yang bukan Anda agar sesuai dengan harapannya?

    Pikirkan tentang bagaimana Anda berperilaku terhadap dia dan kapan saja Anda bisa melakukan sesuatu secara berbeda. Mengatasi kesalahan masa lalu dapat membantu membentuk hubungan masa depan Anda menjadi lebih baik, dan membantu Anda menerima kenyataan bahwa apa yang telah hilang mungkin tidak sesempurna yang Anda pikirkan.

    Ketika Anda harus berjuang untuk membuat suatu hubungan berhasil, akan terasa lebih sulit untuk melepaskannya ketika akhirnya berakhir. Tetapi hubungan yang sehat dan bahagia seharusnya tidak terasa seperti kerja keras. Anda mungkin memiliki cinta yang intens dan penuh gairah, tetapi seringkali hubungan yang tenang dan solid adalah yang terbaik bagi kita untuk jangka panjang.

    Kita hanya bisa tumbuh dari kesalahan. Hubungan ini tidak berhasil, tetapi Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda untuk itu. Jika Anda tidak pernah putus, Anda bisa terjebak dalam hubungan yang kacau dan tidak pernah bisa bertemu belahan jiwa Anda yang sebenarnya.

    Perpisahan yang buruk dapat membantu kita mengenali ketika kita akhirnya menemukan sesuatu yang baik, jadi berharaplah bahwa dari sakit hati ini, Anda akan menemukan sesuatu yang lebih baik.

    8. Ingat, Anda tidak ditentukan oleh hubungan ini.

    Ada Anda yang bahagia sebelum hubungan ini. Akan ada kebahagiaan untuk Anda setelahnya.

    Saat ini, mungkin terasa seperti tidak ada kehidupan tanpa mantan Anda dan Anda tidak dapat membayangkan bahagia tanpa cintanya, tetapi percayalah bahwa Anda akan bahagia.

    Hubungan dan cinta yang Anda bagikan bukanlah yang membuat Anda menjadi pribadi yang menarik dan unik. Faktanya, karena siapa Anda, Anda menemukan koneksi itu.

    Maka masuk akal bahwa jika Anda menarik seseorang yang mencintai Anda dengan cara itu hanya dengan menjadi diri sendiri, itu bisa terjadi lagi. Itu akan terjadi lagi.

    Patah hati dan kehilangan seseorang yang Anda cintai adalah momen yang menentukan dalam kehidupan siapa pun. Ini membentuk bagaimana Anda terus merespons hubungan, dan itu memiliki dampak yang bertahan lama pada pandangan Anda. Itu bukan sesuatu yang akan pernah Anda lupakan dan akan menjadi salah satu pengalaman tersulit yang harus Anda atasi.

    Tetapi, pengalaman ini bukanlah yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri; itu hanya salah satu dari banyak yang membentuk permadani pengalaman hidup Anda.

    Coba perhatikan apakah Anda menyebutkan perpisahan Anda ketika Anda memperkenalkan diri kepada orang-orang atau sedang berkencan. Hentikan diri Anda jika Anda menemukan bahwa Anda selalu kembali ke kenangan mantan Anda untuk anekdot. Investasikan waktu dan energi dalam diri Anda dan mulailah berpikir tentang hidup Anda yang terpisah dari yang Anda bagikan dengan mantan Anda.

    Kenangan tidak akan pernah hilang dan, pada akhirnya, Anda akan belajar untuk melihat ke belakang dan mengambil hal positif dari pengalaman yang Anda bagikan. Tetapi Anda tidak ditentukan oleh hubungan itu atau hubungan apa pun yang akan datang. Ini adalah bab dalam hidup Anda, tetapi terserah Anda untuk memutuskan bagian selanjutnya dari cerita Anda.

    9. Pikirkan sebelum Anda menjangkaunya.

    Ketika Anda berhenti berbicara atau bertemu seseorang setiap hari dan berbagi setiap aspek kehidupan Anda dengannya, akan terasa aneh jika tiba-tiba menutup semua kontak.

    Sebagian dari Anda mungkin ingin menghubungi, bahkan hanya untuk check-in dan melihat bagaimana keadaan mantan Anda. Atau, Anda mungkin merasa seolah-olah Anda masih belum memiliki penutupan dan ingin berbicara dengan nya tentang mengapa dia kehabisan cinta untuk Anda.

    Sebelum Anda mengambil langkah ini, pikirkan baik-baik tentang apa yang Anda harapkan darinya.

    Apakah Anda mengharapkan rekonsiliasi atau penjelasan tentang mengapa semuanya menjadi seperti itu? Jika ya, apakah Anda benar-benar memikirkan respons apa yang mungkin Anda dapatkan?

    Jika Anda putus, akan ada alasan untuk ini. Anda mungkin masih mencintai dia, tetapi perasaannya terhadap Anda bisa saja berubah. Berbicara kepadanya bisa menjadi pengalaman yang lebih menyakitkan daripada tidak mendengar kabar dari dia sama sekali.

    Pikirkan bagaimana perasaan Anda jika Anda mengulurkan tangan dan dia mengabaikan Anda. Apakah Anda ingin dibiarkan dengan cemas memeriksa ponsel Anda untuk mendapatkan balasan? Apakah itu hanya menambah rasa malu pada rasa sakit yang sudah Anda rasakan?

    Jika dia merespon, bagaimana perasaan Anda jika apa yang dia katakan dingin atau menyakitkan, atau jika Anda tidak mendapatkan jawaban yang Anda cari? Apakah Anda bisa pergi atau akan membuat Anda lebih kesal dan frustrasi? Bagaimana jika dia memberi tahu Anda bahwa dia sudah pindah dengan orang lain?

    Bahkan jika dia memberi tahu Anda semua yang Anda pikir ingin Anda dengar dan dia ingin kembali bersama, tidakkah ada sebagian kecil dari pikiran Anda yang selalu bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika Anda tidak mengulurkan tangan? Bisakah Anda benar-benar memaafkan dan melupakan semua sakit hati yang Anda alami untuk mencoba lagi?

    Jika dia belum menghubungi Anda, bukankah itu berarti sesuatu? Jika dia merindukan Anda sama seperti Anda merindukannya, dia bisa saja menghubungi Anda jika dia mau.

    Ini adalah pilihan pribadi, tetapi sebelum Anda mengambil risiko dan mencoba menjalin kontak apa pun lagi, pastikan Anda merasa cukup kuat secara emosional untuk menangani rasa sakit jika itu tidak berjalan seperti yang Anda harapkan.

    10. Tentukan pilihan untuk move on.

    Ada begitu banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda bangkit dari kehilangan seseorang yang Anda cintai, dan Anda akan menemukan saran yang datang kepada Anda dari semua sudut.

    Setiap orang akan memiliki pendapat berbeda tentang apa yang akan membantu, apakah itu pergi untuk sementara waktu, melakukan hobi, mengubah gaya Anda, atau makan seluruh kotak cokelat sambil menangis.

    Semoga Anda memiliki jaringan dukungan yang kuat dari teman dan keluarga yang ada untuk menghibur Anda dan mendengarkan saat Anda perlu berbicara. Atau Anda bahkan mungkin telah mencoba berbicara dengan terapis hubungan untuk membantu memahami semua emosi yang mengalir di kepala Anda.

    Bahkan jika Anda melakukan semua hal ini dan merasa seolah-olah Anda mengerahkan semua yang Anda bisa, satu-satunya orang yang dapat membantu Anda akhirnya move on dari mantan adalah Anda.

    Tidak peduli seberapa sering Anda mengunjungi terapis atau pergi ke gym, jika Anda memanjakan diri dengan memeriksa media sosial mantan Anda dan menolak untuk memutuskan kontak, maka Anda tidak akan pernah bisa move on.

    Bahkan jika Anda membiarkan diri Anda duduk di sana mengenang kenangan masa lalunya atau melamun tentang di mana dia bisa berada dan apakah dia merindukan Anda, Anda masih memberinya kekuatan atas pikiran dan emosi Anda dan tidak membiarkan diri Anda menciptakan jarak emosional antara Anda.

    Akan ada saat-saat ketika Anda tidak memiliki kendali atas otak Anda dan tiba-tiba Anda terkena sesuatu yang mengingatkan Anda pada dia. Ini tentang bagaimana Anda merespons momen-momen yang menentukan seberapa cepat Anda bisa move on darinya.

    Jika Anda benar-benar ingin merasa lebih baik dan mulai beralih dari cinta dalam hidup Anda, Anda harus melatih otak Anda dan ketat dengan pikiran Anda untuk menjauh dari kenangan cinta Anda yang hilang.

    Setiap kali Anda merasa tergoda untuk memikirkannya, cobalah fokus pada sesuatu atau orang lain. Jangan biarkan diri Anda tergelincir kembali ke dalam emosi dan kenangan lama yang akan membuat Anda sedih dan bernostalgia.

    Sebanyak bantuan dan dukungan di luar sana untuk Anda, Anda adalah satu-satunya yang dapat mengontrol apa yang Anda fokuskan. Jadi percayalah pada kekuatan Anda sendiri untuk membangun kehidupan yang jauh dari hubungan masa lalu Anda dan fokus pada kebahagiaan apa yang ada di masa depan Anda.

    Anda mungkin tidak ingin melakukannya, tetapi Anda harus mulai membuat pilihan sadar untuk fokus pada Anda dan bukan dia, dan mencurahkan energi Anda ke masa depan Anda, bukan masa lalu Anda.

    Pindah dari cinta yang hilang adalah mungkin. Bahkan jika Anda merasa putus asa saat ini, ada orang di luar sana yang tahu perasaan yang Anda alami dan akan mendukung Anda sampai Anda keluar dari sisi lain itu.

    Hubungan tidak selalu berjalan seperti yang kita rencanakan, dan meskipun perpisahan terasa sangat salah pada saat itu, biasanya itu yang terbaik.

    Di waktu yang akan datang, Anda akan dapat melihat kembali momen ini dan menyadari betapa kuatnya Anda untuk itu, dan melihat bagaimana hal itu membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Tetapi sekarang, cobalah untuk fokus menemukan apa yang membuat Anda bahagia lagi.

    Ambil kesempatan untuk berhubungan kembali dengan teman dan keluarga dan lakukan semua hal yang Anda sukai. Cinta teman dan keluarga mungkin tidak sama dengan cinta yang hilang dari Anda, tetapi itu sama pentingnya dan dapat menopang Anda melalui saat-saat paling sepi.

    Jangan melihat diri Anda sendiri. Sebaliknya, lihat diri Anda bebas untuk dapat fokus hanya pada diri sendiri dan kebahagiaan Anda sendiri.

    Anda lebih kuat dari yang Anda rasakan saat ini, dan suatu hari Anda akan bersyukur bahwa Anda tidak bertahan dalam hubungan yang tidak tepat untuk Anda. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan cinta yang baru saja Anda bagikan karena Anda tidak akan pernah bisa membuatnya kembali, dan penting untuk tidak menilai hubungan masa depan dengan yang baru saja Anda miliki.

    Cinta itu unik seperti dua orang dalam suatu hubungan. Berpeganglah pada harapan bahwa ada orang baru dengan jenis cinta yang sama sekali baru untuk Anda hanya menunggu Anda menemukannya, ketika Anda siap untuk itu.

    ***
    Solo, Senin, 27 September 2021. 8:00 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.