x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 29 September 2021 06:11 WIB

Kampung Literasi, Jadikan Taman Bacaan Lebih Asyik dan Inklusif

Program Kampung Literasi yang dijalankan TBM Lentera Pustaka Bogor jadikan taman bacaan lebih asyik dan inklusif. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat di kampung-kampung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TBM Lentera Pustaka sebagai penyelenggara Kampung Literasi Sukaluyu, sebagai realisasi program Kampung Literasi tahun 2021 yang diinisiasi Direktorat PMPK Kemdikbud RI dan Forum TBM bertekad menjadikan taman bacaan lebih asyik dan inklusif dari kondisi sebelumnya. Agar taman bacaan lebih diminati anak-anak dan masyarakat. Tidak sebatas jadi tempat membaca buku.

 

Menyadari sulitnya mengelola taman bacaan. Maka di era digital ini, sudah jadi konsekuensi taman bacaan harus beradaptasi dengan dinamika. Sehingga mampu jadi “tempat pilhan” bagi banyak orang. Taman bacaan yang mampu jadi tempat asyik dan menyenangkan. Karena itu, dengan gagasan model “TBM Edutainment”, TBM Lentera Pustaka akan menambah porsi tempat dan program yang lebih asyik. Karena selama ini, bisa jadi, taman bacaan kurang diminati karean kurang asyik. Kalah sama kafe-kafe atau sejenisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan “TBM Edutainment”, taman bacaan diharapkan mampu menjadi sentra pendidikan masyarakat berbasis edukasi dan hiburan. Di samping jadi sentra pemberdayaan masyarakat. Beberapa tempat asyik dan menyenangkan yang sudah diimplmentasi di TBM Lentera Pustaka, antara lain: 1) jajanan kampung gratis sebulan sekali, 2) senam literais sebelum membaca, 3) menyanyi lagu gemar membaca, 4) salam dan doa literasi, 5) membaca bersuara, 6) event bulanan, dan 7) tersedianya kebun baca. Di sampin free wifi di setiap Sabtu dan Minggu.

 

Ke depan, TBM Lentera Pustaka melalui program Kampung Literasi Sukaluyu akan menambah spot-spot asyik seperti: 1) 3 pojok baca di 3 kampung, 2) giant letter kampung literasi, 3) saung kopi lentera, 4) tempat duduk baca d kebun baca, dan 5) rooftop area baca di lantai 2 (bila disetujui sponsor).

 

“Program Kampung Literasi jadi energi baru bagi TBM Lentera Pustka untuk menggenjot aktivitas giat membaca dan literasi di Desa Sukaluyu. Untuk lebih asyik dan menyenangkan. Siapa pun harus happy di taman bacaan.Maka harus ada cara yang kreatif dan beda dalam mengembangkan taman bacaan” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor sekaligus peraih “Guardian Wonderful People 2021” kategori pegiat literasi dan pendiri taman bacaan.

 

Kenapa taman bacaan harus asyik dan menyenangkan?

Karena memang tidak mudah mengelola taman bacaan. Faktanya, banyak taman bacaan masyarakat seakan “mati suri” akibat tiga hal; 1) buku ada anak tidak ada, 2) anak ada buku tidak ada, dan 3) komitmen pengelola TBM yang setengah hati, tidak fokus mengelola taman bacaan. Maka taman bacaan di manapun harus berani keluar dari masalah klasih. Caranya dengan menjadikan taman bacaan sebagai tempat asyik dan menyenangkan.

 

Sekain itu, taman bacaan pun harus mampu menunjukkan 1) kinerja yang baik, 2) promosi yang konsisten, dan 3) kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti korporasi dan komunitas apapun. Karena mengelola taman bacaan tidak bisa sendiri. Butuh kolaborasi demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat.

 

Untuk diketahui, TBM Lentera Pustaka sejaka berdiri tahun 2017, kini memiliki 11 program antara lain: 1) TABA (Taman BAcaan) dengan 160 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, tamansariu, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) pada 2018 yang diikuti 9 warga belajar buta huruf, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) yang diikuti 26 anak usia PAUD, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo, 6) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu sebagai koperasi simpan pinjam untuk mengatasi soal rentenir dan utang berbunga tingg, 8) DonBuk (Donasi Buku) untuk menerima dan menyalurkan buku bacaan, 9) RABU (RAjin menaBUng) karena semua anak punya celengan, 10) LITDIG (LITerasi DIGital) seminggu sekali setiap anak, dan 11) LITFIN (LITerasi FINansial).  Bersyukur pula tahun 2021 ini, TBM Lentera Pustaka terpilih 1 dari 30 TBM di Indonesia yang menggelar program “Kampung Literasi 2021” dari Direktorat PMPK Kemdikbud RI dan Forum TBM. 

 

Taman bacaan masyarakat adalah momentum semua pihak untuk ikut berbuat menyiapkan masa depan anak-anak yang lebih baik dari orang tuanya. Maka, semua pihak harus turun tangan dan terlibat. Agar niat baik segera berubah jadi aksi nyata.

 

Jangan pernah menyerah mengelola taman bacaan masyarakat. Karena selalu ada cara yang kreatif dan inovatif untuk menjadikan taman bacaan masyarakat agar lebih asyik dan menyenangkan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka #KampungLiterasiSukaluyu

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB