x

Iklan

Felisian Christie

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2021

Rabu, 29 September 2021 08:18 WIB

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Komersialisasi Kebun Raya

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Komersialisasi Kebun Raya. Kkerjasama dengan swasta itu berpotensi menyimpang dari tujuan utama pendirian kebun raya, yaitu sebagai pusat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan, wisata ilmiah dan jasa lingkungan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

lndonesiana.id — Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah untuk mengevaluasi kerjasama pengelolaan empat kebun raya dengan pihak swasta.

Menurutnya, kerjasama itu berpotensi menyimpang dari tujuan utama pendirian kebun raya yaitu pusat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan, wisata ilmiah dan jasa lingkungan.

Tiga fungsi pertama merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan menjadi acuan bersama seluruh kebun raya di dunia.

Sebab itu, berbagai kegiatan dan program pengembangan kebun raya Indonesia harus selalu berpegang pada kelima tugas dan fungsi kebun raya yang sekaligus sebagai marwah (harga diri) kebun raya.

“Pemerintah harus berpikir masak untuk mengkomersialisasikan kebun raya nasional kita. Jangan sampai gagasan untuk mendapatkan untung melalui eksploitasi aspek wisata kebun raya malah menuai buntung,” kata Mulyanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Mulyanto mengatakan pemerintah harus konsisten menjaga tugas dan fungsi kebun raya untuk konservasi, penelitian dan pendidikan.

Pasalnya, hal ini merupakan tugas yang berat dan penting karena Indonesia terletak di garis Khatulistiwa dengan keragaman hayati yang sangat kaya.

Mulyanto menambahkan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) seharusnya mempertimbangkan masukan dari para ahli, terkait dampak dari komersialisasi kebun raya ini.

“Pemerintah jangan kehabisan ide dalam pengembangan aspek konservasi, riset, dan pendidikan kebun raya apalagi dengan mengorbankan visi jangka panjangnya untuk keuntungan jangka pendek yang tidak seberapa,” katanya.

Diketahui BRIN melakukan kerjasama pengelolaan empat kebun raya kepada pihak swasta. Dengan kerjasama ini pengelolaan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali akan diserahkan ke PT Mitra Natuna Raya (MNR)

Nantinya pihak MNR akan memaksimalkan fungsi wisata dan pendidikan kebun raya dengan berbagai atraksi hiburan. MNR akan menyiapkan tur kebun raya malam hari, sebagaimana di Singapura dengan memanfaatkan lumina tenaga laser.

Ikuti tulisan menarik Felisian Christie lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler