Ukuran Meja Kerja Ideal agar Kerja Semakin Produktif - Urban - www.indonesiana.id
x

Zalva Nafila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 17:42 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ukuran Meja Kerja Ideal agar Kerja Semakin Produktif


    Dibaca : 607 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Ketika sedang bekerja, penggunaan furnitur ergonomis sangat penting bagi tubuh. Ergonomi perlu diterapkan baik ketika bekerja di kantor maupun di rumah. Selain untuk menjaga postur tubuh, furnitur yang ergonomis juga mempengaruhi mental pekerja. Seperti, menbuat lebi semangat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja.

    Untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, tidak hanya memperbaiki cara duduk saja. Tetapi juga harus dilengkapi fasilitas yang mendukung. Ukuran furnitu kerja juga perlu diperhatikan, salah satunya meja. Meja perlu diukur dengan baik agar bisa menyesuaikan tinggi badan.

    Pemilihan meja yang dilengkapi dengan lemari penyimpanan sangat disarankan agar membawa perlengkapan kerja lebih mudah. Pastikan bagian permukaan atas meja rata. Lalu, pastikan memilih meja dengan material berkualitas baik, seperti kayu jati, MDF, dan pinus. Selain itu, hindari juga membeli meja dengan bahan tipblock karena permukaannya kasar sehingga tidak nyaman digunakan saat bekerja.

    Ketinggian meja kerja ergonomis yang benar dapat membantu para pekerja untuk menghindari cedera, nyeri, dan bentuk tubuh yang buruk di masa mendatang dengan mempertahankan postur dan kenyamanan yang tepat ketika sedang bekerja.

    Ukuran meja standar di pasaran paling kecil adalah 100 cm x 60 cm dan 120 cm x 60 cm. Tinggi meja standar adalah 72 hingga 76 cm. Tinggi meja kerja bagi orang Indonesia sebaiknya tidak lebih dari 75 cm dan paling rendah 72,5 cm. Jika tinggi meja 75 cm, maka tinggi kaki meja 72,5 cm dan table top 2,5 cm. Sedangkan bila tinggi meja 72,5 cm, maka tinggi kaki meja 70 cm dan table top 2,5 cm.

    Tebal table top 2,5 cm adalah tebal minimal yang harus dimiliki, sedangkan ketebalan maksimalnya adalah 3 cm. Jika ketebalan meja kurang dari ukuran tersebut, meja tidak akan berdiri kokoh. Sebaliknya, jika melebihi ketebalan tersebut, akan berpengaruh pada kenyamanan saat bekerja.

    Jika hanya memerlukan meja untuk menaruh laptop, meja dengan panjang 70 cm sudah cukup. Jika kerja sambil lesehan, gunakanlah meja lesehan dengan tinggi sekira 40 cm



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.