Apa Itu Stair Nosing? Cek Apa Tanggamu Sudah Memiliki Stair Nosing - Urban - www.indonesiana.id
x

Geraldo Indaharto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 12:15 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Apa Itu Stair Nosing? Cek Apa Tanggamu Sudah Memiliki Stair Nosing


    Dibaca : 642 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Tangga merupakan salah satu bagian rumah yang paling membahayakan. Banyak kecelakaan yang mungkin saja ada pada bagian tangga. Dari benturan yang mungkin menyebabkan memar hingga jatuh dari tangga yang dapat menyebabkan cidera berat. Karena itu kita tak dapat seenaknya dalam membuat tangga di rumah. Membuat tangga harus dengan standart yang ada dari lebar anak tangga, ketinggian, bahan hingga finishing. Hal ini memiliki tujuan untuk meminimalisir cidera atau kecelakaan berat yang mungkin ada.

    Apa itu stairnosing?

    Ada suatu bagian anak tangga yang penting untuk meminimalisir kecelakaan namun tidak banyak yang mengetahui bagian tersebut, bagian ini adalah stair nosing. Stair nosing merupakan bagian anak tangga yang biasa letaknya di sudut depan anak tangga. Biasanya stair nosing memiliki warna yang berbeda dari anak tangga.

    Bagian ini idealnya ada pada setiap anak tangga rumah maupun bangunan apapun, namun kita sering tidak tahu atau bahkan tidak peduli pada bagian ini. Karena tidak banyak yang tahu, maka banyak pula orang yang tidak menggunakan stairnosing pada rumah nya. Biasanya rumah-rumah yang di bangun sendiri tanpa jasa ahli tidak memiliki stairnosing pada rumahnya karena ketidaktahuan.

    Mengapa stair nosing itu ideal untuk tangga? Tanpa stairnosing sudut tangga  akan cenderung tajam dan dapat melukai orang. Selain itu, jika finishing anak tangga licin orang akan riskan untuk kepleset. Lalu anak tangga cenderung memiliki warna yang sama sehingga akan sulit melihat anak tangga demi anak tangga. Tanpa stair nosing akan tidak inklusif karena beberapa orang yang memiliki masalah pada mata mereka akan kesulitan melewati anak tangga karena  warna anak tangga yang cenderung sama. Stairnosing mampu cukup efektif dalam meminimalisir kecelakaan.

    Bagaimana? Sudahkahh kamu tahu apa itu stairnosing? Mari coba cek apakah anak tangga mu memiliki stairnosing. Jika belum ada baiknya kamu memasang stairnosing pada tangga mu. Jika sudah memiliki anak tangga yang belum build-in stair nosing, kamu dapat menggunakan stairnosing tambahan yang biasanya berbahan dari karet untuk dipasang di tanggamu.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.