Dukung Pembelajaran Tatap Muka, Pertamina Perhatikan Gizi dan Kesehatan Siswa - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Kamis, 7 Oktober 2021 11:39 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Dukung Pembelajaran Tatap Muka, Pertamina Perhatikan Gizi dan Kesehatan Siswa

    Dengan adanya pembelajaran tatap muka, hal itu membawa angin segar bagi anak-nak. Namun proses pelaksanaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan protokol kesehatan. Selain faktor protokol kesehatan, asupan gizi yang cukup juga mesti diperhatikan. Sebab anak-anak akan kembali banyak beraktivitas di sekolah.

    Dibaca : 324 kali

    Pandemi covid-19 telah membuat banyak hal mengalami hambatan, termasuk proses belajar-mengajar. Belajar online memang bisa dijadikan jalan keluar, tapi ada implikasi buruk dari cara belajar seperti itu. Kejiwaan anak terganggu, karena mereka terkungkung di dalam rumah. Anak-anak mengalami depresi. Proses belajar tatap muka itu selain sebagai sarana pembelajaran yang baik, juga berfungsi sebagai sarana interaksi sosial dengan teman-teman sebaya mereka.

     

    Dengan adanya pembelajaran tatap muka, hal itu membawa angin segar bagi anak-nak. Namun proses pelaksanaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan protokol kesehatan. Selain faktor protokol kesehatan, asupan gizi yang cukup juga mesti diperhatikan. Sebab anak-anak akan kembali banyak beraktivitas di sekolah.

     

    Pertamina turut terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka itu dengan baik. Yaitu dengan cara memberikan bantuan makanan sehat dan masker kepada para siswa-siswi SD.

     

    Sebagai wujud perhatian Pertamina, melalui kelompok OMSET Balongan dilaksanakan kegiatan pembagian daging olahan dan masker kepada kepada siswa-siswi di SDN 4 Balongan dan SDN 1 Balongan, dengan total sebanyak 477 siswa. Selain membagikan olahan nugget dari ikan tenggiri, ibu-ibu OMSET yang diwakilkan ibu Yuli memberikan edukasi mengenai makanan sehat dan pola hidup sehat kepada para murid, khususnya di masa pandemi sekarang ini.

     

    Balongan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Indramayu, dengan luas wilayah mencapai lebih dari 500 hektar. Di sinilah berdiri Integrated Terminal (IT) Balongan, salah satu unit operasi PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, yang bergerak dalam distribusi penyaluran BBM.

     

    Sebagai tempat beroperasi perusahaan, IT Balongan melaksanakan program pemberdayaan pada masyarakat sekitar, terutama yang berada di ring 1 atau area terdekat dengan perusahaan. Salah satunya adalah program pengembangan kelompok masyarakat OMSET Balongan atau Olahan Makanan Sehat di wilayah Balongan. Makanan diolah dari bahan dasar ikan yang memiliki kandungan gizi dan protein tinggi.

     

    Kegiatan ini merupakan komitmen Pertamina dalam tanggung jawab sosial perusahaan pada pilar Pertamina Cerdas di bidang pendidikan, khususnya perkembangan anak-anak dan Pertamina Sehat. Dengan program ini diharapkan anak-anak tetap sehat dan mampu melaksanakan kegiatan belajar mereka dengan baik.

     

    "Selama pandemi melanda, kita semua harus menjaga sistem imunitas yang ada di dalam tubuh, apalagi untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, anak-anak bisa bersemangat untuk kembali sekolah tatap muka setelah sekian lama menjalani sekolah online, dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ungkap Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat, Eko Kristiawan.

     

    Dengan kembali dibukanya sekolah tatap muka, satu persoalan teratasi, yaitu masalah depresi yang menghantui anak-anak selama masa pembelajaran online. Proses belajar tatap muka juga memiliki risiko penularan Covid-19. Maka untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, proses belajar tatap muka harus sesuai protokol kesehatan. Setiap orang harus saling menjaga dan mengingatkan, demi keselamatan anak-anak dan guru mereka di sekolah.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.