Kata Njeh yang Bisa Melegakan Orang Lain - Analisis - www.indonesiana.id
x

kholis nujib

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Oktober 2019

Minggu, 10 Oktober 2021 06:49 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kata Njeh yang Bisa Melegakan Orang Lain


    Dibaca : 360 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Oleh: M. Nur Kholis Al Amin

    Terlahir sebagai seorang yang berpengetahuan limit, bagi saya cukup menyenangkan. Walaupun banyak yang ngenyek, dan apalah, ya, karena itu salah satu bentuk kesempurnaan dalam kehidupan.
    Kenapa menyenangkan berpengetahuan limit/terbatas?
    Jawabnya, sebenarnya banyak banget, tapi setidaknya terdapat beberapa poin umum. Di antaranya:
    1. Tidak men-justice diri ini pintar dan benar. Ya, pasalnya kalo orang yang berpengetahuan DDR (Daya Donge Rendah) kaya saya ini, ya gak pantes banget kalau ngira ataupun nilai diri ini pintar, apalagi benar. Ya, cukup jawab njeh saja apabila dinilai bodoh dan salah. Selesai tuh masalah dengan sekedar jawaban njeh. Kamu salah dan bodoh ya. Jawab njeh saja selesai masalah dan tidak banyak cing cong, pun bisa menyenangkan hati orang yang mem-bully.

    2. Nylesaiin Masalah Lebih Singkat.
    Jawaban njeh, bagi saya yang mungkin ber-DDR dibawah standart lebih terkesan lebih cepat nylesaiin masalah tanpa cing-cong. Kagak usah ribet-rebet bermujadalah ngehabisin waktu apalagi kalau mujadalahnya dengan orang puintar, cerdas, dan keras serta bertabiat kaku. Kalau disalahin dan diremehin kan cukup dijawab dengan jawaban Njeh. Beres kan? Tapi gak usah pakai ngedhumel, melainkan pakai ilmu legowo.

    3. Haus akan rasa Ingin tau dan belajar lagi.
    Menyenangkannya lagi tuh, DDR rendah kaya saya menyadari bahwa diri ini bodo, terus mau belajar dan belajar. Gak usah musingin berebut benar  ataupun pengakuan untuk diakui. Kan gak rugi kalaupun dianggap salah walaupun tidak salah. Iya to?
    Gitu aja kok repot...

    #enaknya berDDR (Daya Donge Rendah) dibawah standar.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.