Bahu-membahu Seluruh Lapisan Masyarakat, Demi Lingkungan Morowali Tetap Asri - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kegiatan yang dilakukan Sombori Dive Conservation Morowali. Sumber foto: sultengraya.com

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Senin, 11 Oktober 2021 06:15 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Bahu-membahu Seluruh Lapisan Masyarakat, Demi Lingkungan Morowali Tetap Asri

    Untuk menjaga lingkungan tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak. Maka dari itu, PT IMIP di Morowali mengajak Sombori Dive Conservation (SDC), Sang penyelamat Pulau Sombori yang baru saja dianugerahkan Penghargaan Kalpataru 2021, untuk bekerja sama menggodok rencana pelestarian ekosistem lingkungan di Morowali lebih lanjut.

    Dibaca : 422 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Indonesia memang dikelilingi oleh pulau-pulau yang cantik dan menawan. Dari sekian banyak pulau di Tanah Air,  salah satunya dianggap sebagai the next Raja Ampat. Pulau tersebut bernama Sombori. 

    Keindahan di Pulau Sombori ini sering disebut sebagai Raja Ampat mini. Pulau Sombori merupakan sebuah pulau yang terletak di Morowali, Sulawesi Tengah ini menyuguhkan pemandangan laut yang indah layaknya menyerupai Raja Ampat.

    Pulau ini masih terbilang baru karena masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Padahal Air laut di pinggir pantai pulau tersebut juga memiliki warna hijau kebiruan yang sangat jernih.

    Selain memiliki air yang jernih, pada pesisir pantai Pulau Sombori juga terdapat aneka ragam warna dan bentuk karang dan hamparan pasir putih yang membentang garis pantai. Bahkan, terkadang kelompok lumba-lumba atau paus berkeliaran di perairan pulau tersebut.

    Karena memiliki potensi yang besar, Pemerintah Kabupaten Morowali pun sangat ingin menjadi Pulau Sombori sebagai ikon wisata di Kabupaten Morowali. Dan untuk pelestarian ekosistem di Pulau Sombori terutama di pesisir pantai dari bawah laut dibutuhkan kerjasama dari semua pihak.

    Mengenal Sombori Dive Conservation

    Termasuk Sombori Dive Conservation (SDC), komunitas penyelamat lingkungan di Morowali yang juga menjadikan daerah wisata Pulau Sombori sebagian perhatian utama untuk terus dijaga.

    Telah banyak berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas SDC ini, seperti berhasil menyelamatkan kawasan pesisir dan laut pantai Morowali dari bencana abrasi dan kerusakan terumbu karang, melakukan rehabilitas dan transplantasi terumbu karang, serta melakukan pelestarian dan identifikasi biota laut salah satunya lewat gerakan Kampanye Stop Destructive Fishing (DF) dan Illegal Fishing (IF) pada Maret 2021 silam.

    Sombori Dive Conservation juga yang menolak tegas pembangunan hellypad di wisata Pulau Sombori karena ingin lingkungan terus terjaga.  

    Sombori Dive Conservation Dianugerahi Bikin Bangga Morowali

    Karena kegiatan yang dilakukannya sangat berdampak baik bagi Morowali, maka komunitas SDC pun menerima Penghargaan Kalpataru 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam kategori Penyelamat Lingkungan.

    Seluruh lapisan masyarakat pun berbondong-bondong memberikan apresiasi terhadap komunitas yang telah mengharumkan nama Morowali, termasuk PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) yang juga mempunyai visi misi sama dengan SDC yaitu melestarikan lingkungan di Morowali. 

    Kedepannya, PT IMIP akan menggandeng SDC untuk  membahas kelanjutan pelestarian ekosistem pesisir Morowali. Hal ini semakin membuat lingkungan Morowali terjamin kelestariannya karena hampir seluruh lapisan masyarakat dari mulai komunitas pecinta lingkungan, pelaku industri hingga pemerintah turun tangan membantu.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.