Ketinggian Standar Stop Kontak yang Benar untuk Rumah Minimalis - Urban - www.indonesiana.id
x

Putra Siregar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Senin, 18 Oktober 2021 12:38 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ketinggian Standar Stop Kontak yang Benar untuk Rumah Minimalis


    Dibaca : 724 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Setiap rumah, baik rumah minimalis sekalipun tentunya memerlukan Stop Kontak didalamnya. Stop kontak sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memutuskan aliran positif dan negatif pada listrik. Stop kontak sendiri adalah bagian komponen dari instalasi listrik yang memiliki fungsi mengantarkan listrik dari rumah ke berbagai macam peralatan.

    Stop kontak sendiri biasanya diletakkan pada tembok ruangan, yang biasanya dekat dengan peletakan barang. Hampir semua barang-barang elektronik memerlukan sumber listrik yang sama terus menerus (konstan). Hal ini menyebabkan ketinggian stop kontak yang ada biasanya berbeda-beda tergantung kebutuhan seperti apa peralatan yang membutuhkan listrik.

    Stop kontak tentu memiliki standar penempatan tersendiri, agar ketika digunakan ia dapat berfungsi dengan baik. Tidak terlalu tinggi, atau pun tidak terlalu rendah, agar pengguna maupun peralatan tidak tersulitkan. Lalu bagaimana pembagian standar penempatan stop kontak berdasarkan kegunaannya?

    Macam-macam Ketinggian Stop Kontak Menurut Fungsionalitasnya

    • Kebutuhan Umum

    Kebutuhan umum yang dimaksud disini adalah, kebutuhan sehari-hari kita yang portable atau dapat berpindah-pindah ketika membutuhkan arus daya. Sama halnya seperti kita ingin mencari tempat untuk mengisi ulang daya baterai telepon genggam. Pada kebutuhan ini ketinggian stop kontak yang sebaiknya digunakan adalah tidak lebih dari 25 centimeter.

    • Alat Penyedot Debu

    Kebutuhan aliran listrik bagi alat kebersihan seperti penyedot debu memerlukan ketinggian yang sedikit lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kebutuhan penyedot debu agar dapat lebih leluasa ketika digunakan, seperti untuk menjangkau tempat-tempat terpencil. Ketinggian yang sebaiknya digunakan untuk kebutuhan ini adalah 35 sampai 40 centimeter.

    • Meja Pribadi

    Meja pribadi, terutama yang digunakan untuk bekerja atau belajar tentu memerlukan kebutuhan arus listrik yang dapat menunjang kegiatan. Berbagai macam peralatan mulai dari komputer/laptop, lampu belajar, jam, kipas angin, dan lain sebagainya. Semua peralatan ini biasanya memerlukan arus listrik pada ketinggian yang sama, yaitu sebaiknya pada 70 sampai 90 centimeter. Ketinggian ini juga telah sesuai dengan standar ergonomi yang bertujuan memudahkan pekerjaan manusia.

    • Mesin Cuci

    Mesin cuci adalah sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan berbagai macam pakaian yang kita gunakan. Mesin cuci biasanya mempunyai stop kontak untuknya sendiri, dan tentu saja standar ketinggian nya sendiri. Hal ini dikarenakan mesin cuci biasanya diletakan di ketinggian yang berbeda dengan lantai yang dimiliki rumah. Ketinggian terbaik untuk meletakkan stop kontak mesin cuci adalah 105 sampai 110 centimeter. Permasalahan yang perlu diperhatikan adalah resiko kebasahan atau kelembaban yang dikeluarkan mesin cuci yang berbahaya bagi arus listrik.

    • Pendingin Ruangan

    Pendingin ruangan umumnya diletakkan dibagian atas ruangan, dan menyemburkan hawa dingin ke dalam ruangan. Dengan peletakan yang berbeda dari peralatan atau kegunaan lainnya, tentunya pendingin ruangan memerlukan stop kontak untuk dirinya sendiri. Ketinggian stop kontak untuk pendingin ruangan sebaiknya berada pada 180 sampai 200 centimeter.

     

    Itu dia berbagai macam ketinggian stop kontak berdasarkan kegunaannya, apakah ketinggian stop kontakmu sudah sesuai dengan standar yang ada?



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

    Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur

    Dibaca : 88 kali



    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Rabu, 1 Desember 2021 21:39 WIB

    Area Kerja Lesehan untuk Rumah Minimalis

    Dibaca : 101 kali