PKM Mahasiswa UNPAM: Pelatihan Keterampilan Desain Web untuk Pelajar Rekayasa Perangkat Lunak SMK Bakti Idhata - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Fajar Septian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 06:49 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • PKM Mahasiswa UNPAM: Pelatihan Keterampilan Desain Web untuk Pelajar Rekayasa Perangkat Lunak SMK Bakti Idhata

    Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang dengan Judul Pelatihan Keterampilan Desain Web untuk Siswa/i Rekayasa Perangkat Lunak SMK Bakti Idhata

    Dibaca : 509 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk One Day Class di SMK Bakti Idhata yang beralamat di Jl. Melati No.25 RT 13 RW 10, Kelurahan Cilandak Barat Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.  Pihak sekolah sangat antusias dengan adanya kegiatan PkM ini dengan tema “Pelatihan Keterampilan Desain Web untuk Siswa Rekayasa Perangkat Lunak SMK Bakti Idhata”. Peserta PkM adalah siswa-siswi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas XII. Kegiatan PkM yang dilaksanakan di tengah masih diberlakukannya PPKM Pandemi Covid-19 tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

     Acara dihadiri oleh Kepala Sekolah, para guru dan siswa-siswi SMK kelas XII dari Jurusan RPL.  Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Nurman, SPd. Selaku Kepala SMK Bakti Idhata. Beliau menyampaikan harapan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menyerap ilmu yang diberikan. Selain itu beliau juga berharap agar kegiatan ini tidak berhenti hanya di hari itu saja, melainkan menjadi keiatan rutin dan berkelanjutan untuk memberikan pengelaman kepada siswa ketika nanti melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

    Sambutan berikutnya disampaikan oleh Bapak Fajar Septian, S.Pd., S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Pembimbing kegiatan PkM Mahasiswa. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak SMK Bakti Idhata yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan PkM di SMK Bakti Idhata. Selain itu juga kegiatan PkM ini juga adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa sebagai bentuk kepedulian UNPAM terhadap peningkaan Sumber Daya Manusia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

    Sebelum memulai pelatihan, kami memberikan materi pengenalan Bahasa pemrograman dan framework yang akan kita praktekan di laboratorium komputer. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan adalah sebanyak 20 orang siswa-siswi. Di akhir sesi pelatihan kami mengadakan quiz berupa post test kepada peserta untuk mengukur bahwa materi dan pelatihan yang diberikan telah diterima dengan baik oleh para peserta. Kami memberikan beberapa hadiah quiz kepada para peserta yang aktif selama jalannya pelatihan dan peserta yang memperole skor post test terbaik. Selain itu kami memberikan sertifikat pelatihan kepada para peserta sebagai bentuk apresiasi kami atas kehadiran dan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

    Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh mahasiswa kepada pihak sekolah sebagai tanda terimakasih dan kenang-kenangan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa bekal pengetahuan kepada siswa-siswi RPL kelas XII ketika melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi ataupun di lingkup pekerjaan. Antusiasme peserta pada saat pelatihan pun membuat kami para narasumber melanjutkan pelatihan ini dengan membuat pembelajaran jarak jauh melalui grup chat telegram.

    (Deshinta Ariani, Aprilia Monika, Arif Iik Haerudin, Aris Agustian, Aji Gunawan, Muhammad Agus Saputra, Rafly Meidiaz Satria, Robby Koswara, Sirat Juddin, Sumarlin)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.080 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.