x

Iklan

sangpemikir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 11:23 WIB

Pejuang Lingkungan Dari Haruku, Ajarkan Pentingnya Tanah Adat

Menjaga budaya dan tradisi bukanlah perkara mudah, dibutuhkan ketabahan dan konsistensi untuk mempertahankannya. Adalah, Eliza Marthen Kissya Ketua Pemangku Adat Negeri Haruku, Maluku atau biasa dipanggil Kewang. Tanpa lelah, Om Eli terus menghidupkan tradisi para pendahulunya dengan mengedepankan kearifan lokal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keberaniannya, dalam menjaga tanah adat dengan membangkitkan kembali lembaga dan hukum adat mengenai pengelolaan lingkungan hidup agar tetap lestari dilakukannya sejak tahun 1979. Salah satu tugasnya adalah penyempurnaan hukum sasi (larangan adat) untuk melindungi populasi dan habitat ikan lompa di perairan Haruku.

Bukan hal aneh, jika kakek 16 cucu ini di juluki pejuang lingkungan hidup. Berderet penghargaan diterimanya, baik dari pihak swasta maupun pemerintahan namun tidak membuatnya jumawa. Ia tetap berpedoman pada satu pemikiran, bahwa melestarikan lingkungan dan mengajarkan hal tersebut kepada anak-cucu Negeri Haruku. Selain itu, manusia tanpa lingkungan tentu akan mati.

Hal Itu juga menjadi alasan mengapa dirinya begitu aktif membangun taman-taman konservasi di sekitar tempat tinggalnya, baik untuk burung, ikan, dan lain sebagainya. Tangannya yang terlihat kokoh dan suaranya yang bergetar terus berupaya mendidik masyarakat di daerahnya, agar taat pada aturan adat. Utamanya terkait sasi, atau larangan mengambil hasil sumber daya alam tertentu sebagai upaya pelestarian alam yaitu laut, hutan, sungai, dan sasi dalam negeri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Harapan yang sangat besar terbersit, dari dalam diri Eli kedepannya anak – anak Pulau Haruku bisa menjadi penerus perjuangan terhadap lingkungan kedepannya. Oleh sebab itu, ia selalu menggelorakan hal – hal sederhana kepada mereka mulai dari menanam pohon hingga membersihkan sampah di laut, juga membuat sanggar seni dan perpustakaan.

Apa yang dilakukan Eliza Marthen Kissya adalah wujud nyata yang patut ditiru oleh generasi muda, bahwasanya membangun revolusi mental jangan setengah – setengah, totalitas tanpa batas dan percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil. Terimakasih, pejuang lingkungan jasamu akan selalu menjadi suri tauladan.

Ikuti tulisan menarik sangpemikir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler