x

Ilustrasi Orang-Orang menggunakan masker - Sumber: Freepik.com

Iklan

036_Berlian Andhara Hermasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Oktober 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 21:10 WIB

Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi

Di saat pandemi Covid-19, Menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan. Terdapat beberapa manfaat menjaga pola hidup sehat dimasa pandemi,yaitu: meningkatkan imun tubuh agar penyakit / virus tidak dapat masuk ke tubuh kita, mendapat energi positif, memperpanjang usia, dan lain-lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

            Di saat pandemi Covid-19, Menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan. Terdapat beberapa manfaat menjaga pola hidup sehat dimasa pandemi,yaitu: meningkatkan imun tubuh agar penyakit / virus tidak dapat masuk ke tubuh kita, mendapat energi positif, memperpanjang usia, Berat badan terkotrol, meningkatkan produktivitas, hidup teratur, kesehatan mental terjaga. Selain menerapkan protokol kesehatan, ada beberapa cara lain yang perlu diterapkan perlahan ke dalam kehidupan sehari – hari. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan hidup sehat pada masa pandemi seperti sekarang:

  1. Rutin melakukan Olahraga

Melakukan Olahraga di masa pandemi seperti ini dapat menyehatkan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan memori otak dan menambah semangat untuk melakukan aktivitas. Untuk kondisi seperti ini, olahraga lebih baik di lakukan di dalam rumah atau bisa di halaman rumah yang terhindar dari kerumunan.

  1. Pola makan yang sehat

Menjaga pola makan dengan mengonsumsi Buah - buahan dan Sayuran secara teratur. Dengan rajin mengonsumsi buah - buahan dan sayur maka kebutuhan vitamin dapat terpenuhi yang dapat menaikkan imun tubuh. Ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan instan untuk saat ini agar tubuh kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Usahakan makan terarur dan tidak melewatkan jam makan.

  1. Kebutuhan air tercukupi
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebutuhan air setiap harinya harus terpenuhi dari 1,5 hingga 2 liter per hari. Mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, Memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar. Sebaliknya jika kebutuhan air tidak tercukupi akan menyebabkan dehidrasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal dan masalah masalah kulit, rambut dan kuku.

  1. Waktu Tidur

Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup untuk mengisi energi agar merasa bugar kembali untuk menjalani aktivitas. Tubuh memerlukan waktu tidur selama 7 – 9 jam per malam. Orang yang memiliki waktu tidur yang cukup akan terhindar dari penyakit penyakit yang akan menyerang. Dan sebaliknya jika orang tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka tubuh tersebut lebih mudah untuk terserang penyakit.

  1. Memiliki pikiran positif

Dengan selalu berpikir positif kita akan merasa lebih tenang dan tentram, karena kita telah menjauhi berbagai penyakit hati yang akan hanya dapat membuat kita stress. Kesehatan mental dimasa pandemi seperti ini sangat penting untuk dijaga.

Ikuti tulisan menarik 036_Berlian Andhara Hermasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler