Pesona dan Keindahan Alam Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri - Travel - www.indonesiana.id
x

Wiliya Anjun Sari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 November 2021

Rabu, 3 November 2021 12:17 WIB

  • Travel
  • Topik Utama
  • Pesona dan Keindahan Alam Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri

    Kabupaten wonogiri mempunyai suatu bendungan yang lumayan populer, yakni waduk serba guna yakni waduk gajah mungkur didaerah wonogiri. Waduk Gajah Mungkur merupakan suatu waduk yakni yang terletak 3 km di selatan kabupaten kota wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

    Dibaca : 140 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kabupaten wonogiri mempunyai suatu bendungan yang lumayan populer, yakni waduk serba guna yakni waduk gajah mungkur didaerah wonogiri. Waduk Gajah Mungkur merupakan suatu waduk yakni yang terletak 3 km di selatan kabupaten kota wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini terbuat dengan cara membendung sebuah sungai terpanjang di pulau Jawa yakni sungai Bengawan Solo. Danau buatan ini dibentuk pada kisaran tahun 1970 serta digunakan sejak tahun 1978. Pembangunan waduk gajah mungkur menggambarkan pengorbanan dari sebagian besar warga wonogiri demi pembangunan.

    Waduk Gajah Mungkur

    Kurang lebih sekitar 51 kelurahan ataupun desa ditenggelamkan serta 60. 000 ribu orang ditransmigrasikan atau dipindahkan keluar pulau jawa seperti daerah Palembang, daerah Lampung, serta masih banyak wilayah lain, dengan menggunkan sistem bedol desa. Bendungan ini ialah waduk terbanyak se- Asia Tenggara yang dibentuk dengan guna utama yakni selaku pengendalian wabah banjir di selama aliran sungai bengawan solo. Dibukanya Waduk Gajah Mungkur sebagai objek wisata, banyak berikan suatu keuntungan serta berakibat terhadap penduduk disekitar waduk tersebut, serta pula memberi sumbangan buat pendapatan Pendapatan Asli Daerah atau yang biasanya disebut PAD yang tidak sedikit terhadap kabupaten Wonogiri.

    Waduk Gajah Mungkur

    Tidak hanya itu serta terdapat banyak penduduk sekitar lokasi obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur yang mencari nafkah atau biaya kehidupan di wilayah Waduk Gajah Mungkur tersebut. Terdapat berbagai usaha yang dapat di jalani warga di dekat wilayah waduk setempat, misalnya mendirikan sebuah rumah makan, jual beli dagangan oleh- oleh, berjualan cenderamata seperti buah tangan, anyaman alami dari jerami padi, apalagi membuat homestay ataupun rumah warga lokal yang disewakan yang bermanfaat guna tempat istirahat para turis dari luar kota yang mau bermalam disana, serta fasilitas semua ini pada akhirnya akan menaikkan kesejahteraan ekonomi penduduk setempat. Di waduk ini pula ada sebagian tempat wisata seperti, kebun binatang, wisata air water boom serta pula terdapat bukit paralayangnya. Di dalam kebun binatangnya ada beberapa binatang seperti, gajah, monyet, merak serta masih banyak lagi.

    Kita pula dapat mengelilingi waduk gajah mungkur dengan menyewa perahu, dengan kita memakai jasa itu, kita pula dapat menikmati serta memandang luasnya waduk serta apabila air waduk surut seperti kala waktu kemarau terkadang kita dapat memandang sebagian pemukiman tempat tinggal masyarakat yang terdahulu saat sebelum waduk ini didirikan. Harga masuk waduk yang begitu murah bagi aku pula membuat para penikwat wisata merasa tidak sangat mimikirkan harga.

    Oleh sebab itu, Saat ini di waduk gajah mungkur pula dapat mengadakan camp kecil– kecilan di tepi sungai waduk gajah mungkur. perihal ini lah yang membuat aku mau menjadikan Waduk Gajah Mungkur selaku tempat wisata yang aku peruntukan sebagai tugas pariwisata aku.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.