Pantai Biru Kersik, Wisata Favorit di Kutai Kartanegara - Travel - www.indonesiana.id
x

zainal fahruddin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2020

Senin, 8 November 2021 09:36 WIB

  • Travel
  • Topik Utama
  • Pantai Biru Kersik, Wisata Favorit di Kutai Kartanegara

    Di Indonesia hampir setiap wilayahnya memiliki tempat wisata pantai yang indah, contohnya adalah di wilayah pesisir Kutai Kartanegara, dan di Kutai Kartanegara pun memiliki banyak sekali obyek wisata bahari di sepanjang pantainya dan salah satunya adalah Pantai biru kersik, yang terletak di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan timur.

    Dibaca : 669 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia, dengan banyaknya pulau yang tersebar di negara ini menjadikan negara Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata bahari, salah satunya adalah pantai yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi. 

    Di Indonesia hampir setiap wilayahnya memiliki tempat wisata pantai yang indah, contohnya  adalah  di wilayah pesisir Kutai  Kartanegara, dan di Kutai Kartanegara pun memiliki  banyak sekali obyek wisata bahari di sepanjang pantainya dan salah satunya adalah Pantai biru kersik, yang terletak di  Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan timur.

    Pantai ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya terlebih di hari weekend Sabtu dan Ahad, bahkan seringkali wisatawan membludak di hari raya seperti idul Fitri dan idul Adha. 

    Pantai ini terbuka untuk umum dan siapa saja boleh mengunjunginya, pengunjung atau wisatawan  akan disambut baik oleh penduduk lokal daerah wisata pantai ini, pengunjung bisa mengajak teman komunitas untuk mengadakan acara di Pantai biru kersik seperti camping atau acara keluarga, dan pesona alam pantai ini akan menjadi pelengkap kesuksesan acara para pengunjung.

    Beberapa keindahan di pantai ini dapat dilihat dari ombaknya yang tenang, hamparan pasir yang bersih, saung dan warung berjejer di sepanjang pantai serta jembatan yang membentang masuk ke laut yang dihiasi dengan lampu - lampu  indah dan tulisan - tulisan  unik yang menambah nuansa hangat di malam hari, serta terdapat spot foto yang instagramable di pantai ini. Bagi fotografer yang gemar traveling dapat memotret foto kualitas terbaik di pantai ini dengan memanfaatkan beragam objek yang bisa diabadikan.


    Objek wisata pantai Biru Kersik sangat  disukai dan menjadi favorit bagi warga Kutai Kartanegara termasuk Samarinda, Bontang dan Tenggarong. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir ketika memasuki pantai dan itu tergolong murah sehingga bisa menarik banyak wisatawan ke pantai tersebut. Akses menuju Pantai Biru Kersik pun cukup nyaman di tempuh, sekitar 2,5 – 3 jam dari tenggarong, 30 menit dari bontang, 1 jam dari Muara Badak, dan 2 jam dari samarinda. Untuk yang belum pernah ke pantai ini bisa mengaksesnya dengan menggunakan bantuan aplikasi google maps.

    Keunikan lain di Desa Kersik adalah banyaknya suku – suku yang terdiri dari suku Bugis, Kutai dan juga suku – suku lain yang hidup damai, rukun serta memiliki seni budaya yang masih di lestarikan oleh para tetua adat. Para warga setempat juga banyak mengembangkan SDM dari wisata pantai biru ini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.