x

uang koin

Iklan

Dedi Mokodompit

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 November 2021

Senin, 8 November 2021 15:35 WIB

Perekonomian Indonesia Bangkit di Kuartal III TA 2021, Industri Pengolahan Sebagai Penopang

Perekonomian Indonesia tumbuh di kuartil III TA 2021

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada tahun 2020 dunia di goncangkan dengan sebuah virus yang bernama Covid-19, Pandemi Covid-19 berdampak luas terhadap krisis kesehatan maupun ekonomi global sepanjang tahun 2020 sampai dengan saat ini Pemerintah diberbagai dunia berusaha melakukan berbagai langkah mitigasi dan kerja sama untuk memulihkan perekonomian Negara.

Hal ini berdampak juga terhadap perekonomian Negara Indonesia yang mengakibatkan perekonomiaan di Indonesia menrun dan tidak stabil dan berbagai cara dilakukan supaya ekonomi negara kembali stabil dan berjalan lancar.

Pada kuartil III TA 2021 Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh sebesar 3,51% Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh di angka 3,51 % secara tahunan pada kuartal III 2021. Ekonomi Indonesia pada triwulan ketiga juga tumbuh 1,55 % secara kuartalan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika kita mencoba menghitung secara kumulatif pada Januari s.d September 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal III berada di kisaran 3,24 %. Margo Yuwono (Kepala BPS) mengatakan, "Pergerakan ekonomi nasional di Triwulan III tahun ini banyak ditopang oleh industri pengolahan, yang memberikan kontribusi sampai dengan 0,75 % terhadap pertumbuhan ekonomi".

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 3,51 % pada Triwulan III 2021 ini sumbernya berasal dari industri pengolahan. Itu menjadi sumber pertumbuhan tertinggi mencapai 0,75 % diikuti dengan perdagangan 0,67 %, pertambangan 0,56 %, konstruksi 0,38 %, dan kategori lainnya sebesar 1,15 %.

Jika kita menghitung secara per sektor, pertumbuhan tertinggi diberikan sektor perdagangan yang tumbuh karena adany relaksasi PPnBM. Sektor perdagangan besar dan eceran tumbuh sebesar 5,16 % karena perdagangan mobil, sepeda motor dan reparasi tumbuh sebesar 14,91 %. Di sisi lain, terdapat sektor pertanian juga mengalami pertumbuhan sebesar 1,31 %. Lalu industri pengolahan tumbuh sebesar 3,68 %, dan sektor kontruksi tumbuh 3,84 %.

Ikuti tulisan menarik Dedi Mokodompit lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu