x

Iklan

sangpemikir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2021

Kamis, 11 November 2021 11:00 WIB

Neles Kamar, Pemuda Kampung Skofro Distrik Arso Timur Pertama yang Jadi Prajurit TNI

"Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit… Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang” begitu pesan Bung Karno, Bapak Proklamator negeri ini. Ada yang berbeda dari situs website resmi TNI AD, tniad.mil.id, ada sebuah kisah yang memantik hati penulis untuk dibaca. Benar, kisah perjuangan Neles Kamar yang menginspirasi. Berasal dari pelosok pebatasan antara Papua dan Papua Nugini. Tidak menyurutkan tekad dan cita-cita Neles untuk menjadi prajurit TNI dan mengabdikan diri bagi segenap tumpah darah tanah air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mentari mulai terbenam, tidak bersinar lagi sementara waktu, untuk kemudian terbit kembali esok hari.  Neles Kamar kecil bergegas pulang, aroma matahari menyengat setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Neles, langsung membersihkan diri, siang berganti malam, Neles mulai memandangi langit yang bertabur berbintang. Sambil berharap, cita-citanya menjadi anggota TNI tergapai di kemudian hari. 

Perlahan, Neles kecil beranjak dewasa, dirinya kini menjelma menjadi seorang pemuda yang gagah, pemberani dan tidak kenal lelah untuk mengejar apa yang dia inginkan. Berasal dari pelosok Papua, tepatnya dari Kampung Skofro Distrik Arso Timur, perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Neles kini menjadi pemuda kebanggaan warga tempat dia dilahirkan.

Terlahir dari rahim keluarga sederhana di pelosok pedalaman Papua tidak menghalangi Neles Kamar untuk bercita-cita tinggi. Meski hidupnya penuh keterbatasan, namun ia memiliki cita-cita sebagai anggota TNI. Neles Kamar sendiri merupakan anak dari seorang Kepala Suku atau Ondoafi Kampung Skofro. Meski tidak ada keturunan seorang tentara, Neles Kamar mengaku sangat gigih mewujudkan cita-citanya. Ia pun bekerja keras melatih fisik, pengetahuan, dan mental agar bisa lolos di seleksi TNI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama dua bulan sebelum menjalani tes, Neles Kamar setiap hari mendatangi Pos Pitewi dan Pos SKofro Lama Satgas RI-PNG Yonif MR413/Bremoro Kostrad untuk belajar dan berlatih fisik.  Neles yang tengah memiliki semangat yang berapi api digembleng selama dua bulan untuk berlatih fisik dan materi-materi yang akan diujikan.

Melihat anak kesayangannya memiliki semangat yang kuat, Neles mendapatkan dukungan dari orang tua dan kakaknya. Hal inilah yang membuatnya semakin mantap mewujudkan cita-citanya sebagai prajurit TNI.

Proses tidak menghianati hasil, perjuangan keras Neles berbuah manis. Pada 24 September 2020 lalu, ia dinyatakan lolos sebagai Bintara PK TNI Angkatan Darat dalam pengumuman seleksi pengadaan TNI.

Momen haru pun terlihat saat Danpos Pitewi Kapten Inf Rum Patria memberikan pengumuman tersebut kepada keluarga Neles. Sanak keluarga dan warga kampung bercucuran air mata saat mengetahui ada putra daerah mereka yang berhasil menjadi anggota TNI. Neles Kamar pun menjadi orang pertama asal Kampung Skofro Distrik Arso Timur yang berhasil menjadi anggota TNI. Kami ucapkan selamat untuk Neles Kamar, semangatmu, perjuanganmu, patut dicontoh generasi bangsa ini. Bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam mengejar cita-cita. Seklai lagi, selamat!

Ikuti tulisan menarik sangpemikir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler