x

Sampul Kampanye Makan Buah untuk Sehatkan Indonesia bersama Forum Indonesia Muda Regional Bogor

Iklan

Bagja Nugraha

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 14 November 2021 05:33 WIB

Hari Kesehatan Nasional, Forum Indonesia Muda Ajak Kampanye #MakanBuah untuk Sehatkan Indonesia

Forum Indonesia Muda Regional Bogor mengajak masyarakat khususnya kaum muda untuk berpartisipasi dalam kampanye #MakanBuah melalui aplikasi Campaign #ForChange guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dalam pencegahan penyakit tidak menular.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bogor – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (12/11), Forum Indonesia Muda Regional Bogor (FIM Bogor) mengajak masyarakat, khususnya kaum muda, mengikuti kampanye #MakanBuah untuk Sehatkan Indonesia. Pada kampanye #MakanBuah ini, FIM Bogor bekerja sama dengan Campaign.com dalam menyediakan platform partisipasi masyarakat melalui aplikasi Campaign #ForChange. 

Ayo Sehatkan Indonesia dengan Makan Buah

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Inisiatif FIM Bogor dalam mengadakan kampanye #MakanBuah ini hadir dilatarbelakangi oleh tingkat konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia yang belum memenuhi anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan sebanyak 95,5% penduduk usia di atas 5 tahun masih kurang mengonsumsi sayur dan buah. Secara jelas, hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 juga menyebutkan bahwa konsumsi gabungan sayur dan buah masyarakat Indonesia hanya sebesar 209,89 gram per hari. Padahal, secara umum WHO menganjurkan agar mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 400 gram per hari. 

 

Koordinator FIM Bogor Bagja Nugraha mengatakan, melalui kampanye ini pihaknya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan gizi seimbang. “Kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya kaum muda di Bogor, untuk mengikuti tantangan 7 hari makan buah bersama FIM Bogor di aplikasi Campaign #ForChange. Bersama kaum muda, kami berharap kampanye ini dapat memberikan dampak jangka panjang bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” kata Bagja. 

 

Menurutnya, asupan gizi yang tidak seimbang, termasuk di antaranya kurang konsumsi buah, dapat mengganggu kesehatan karena menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit tidak menular. “Oleh karena itu, konsumsi buah dapat melengkapi asupan gizi seimbang dan mengurangi faktor risiko penyakit tidak menular. Apalagi, konsumsi buah juga dapat menjadi subtitusi dari rokok sehingga membantu orang untuk berhenti merokok,” tegas Bagja. 

Dokumentasi Kampanye Makan Buah

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kampanye #MakanBuah ini, dapat memasang (install) aplikasi Campaign #ForChange yang dapat diunduh melalui AppStore maupun Play Store. Selanjutnya, partisipan dapat mendukung kampanye (campaign) dan mengikuti tantangan (challenge) Makan Buah untuk Sehatkan Indonesia. Partisipan dapat mengunggah (upload) foto diri saat sedang memakan buah sambil memberikan takarir yang mempromosikan gaya hidup sehat. Setiap partisipan yang berhasil mengikuti tantangan selama 7 hari dalam masa periode kampanye, sama dengan berdonasi sebesar Rp10.000,00 untuk kegiatan promosi kesehatan bersama FIM Bogor. Masa tantangan #MakanBuah dapat diikuti hingga 5 Desember 2021. 

 

Selain berpartisipasi dalam platform aplikasi Campaign #ForChange, masyarakat juga dapat berkontribusi menyebarluaskan informasi kampanye #MakanBuah dengan memfoto buah yang dimakan lalu mengunggahnya ke media sosial masing-masing dengan menggunakan tagar #MakanBuah. Informasi lebih lanjut mengenai Kampanye #MakanBuah yang diselenggarakan oleh FIM Bogor dapat dilihat pada media sosial @fimbogor dan membuka situs campaign.com/makanbuah 

Ikuti tulisan menarik Bagja Nugraha lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB