Pola Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 - Urban - www.indonesiana.id
x

Peen nadia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Minggu, 14 November 2021 16:27 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Pola Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19

    Menjaga pola hidup sehat dimasa pandemi saat ini sangat penting. Virus Covid-19 akan mudah menyebar jika masyarakat tidak pandai dalam menjaga kesehatannya. Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan membagikan tips-tips pola hidup sehat agar terhindar dari virus covid-19 yang berbahaya, dan bisa mematikan ini.

    Dibaca : 347 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Nama : Putri Viennadia Ressa

    NIM : P07133121044

    Tema : Optimis Hadapi Covid-19

    Sub Tema : Sehat Selama Pandemi

     

    Pola Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19

                Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi Kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutris yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan kita dari penyakit. Terutama disaat masa genting yang terjadi di negara kita saat ini. Menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat selama pandemi adalah hal yang penting. Selain menerapkan protocol Kesehatan, ada beberapa cara lain yang perlu diterapkan perlahan dalam kehidupan sehari-hari.

    Hingga saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19. Setiap harinya kasus angka positif covid-19 terus bertambah, dalam masa stress dan ketidakpastian selama pandemic ini, akan sangat mudah bagi seseorang untuk jatuh dalam kebiasaan buruk. Karena pandemic, seseorang bisa saja mengabaikan rutinitas sehat yang padahal sebelumnya sudah diterapkan. Padahal menerapkan dan memepertahankan gaya hidup sehat, akan mendukung pikiran dan tubuh serta membuat kamu lebih siap untuk menghadapi kesulitan dimasa pandemic. Pada masa pandemic covid-19 seperti ini pola hidup sehat tentunya akan sangat membantu kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat ini Indonesia tengah menerapkan kehidupan new normal atau perubahan pola hidup pada masa pandemic covid-19. Perubahan pola hidup ini diharap mampu mengurangi penyebaran covid dan juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit

    Selama tinggal di rumah, baik itu sambil bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya, bukan berarti abai terhadap Kesehatan. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan Langkah pencegahan agar system imun terus terjaga tetap harus dilakukan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari diri dari serangan virus selama berada dirumah :

    • Istirahat dan minum air putih yang cukup
    • Konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh
    • Aktivitas fisik 30 menit/hari
    • Pola pikir yang positif
    • Berhenti merokok
    • Jika ingin keluar rumah, pastikan kondisi diri sedang sehat atau baik-baik saja.
    • Selalu menggunakan masker.
    • Selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Dengan meminimalisir kontak fisik dengan orang lain maka itu akan membantu memutus rantai penyebaran virus.
    • Saat memasuki tempat umum, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.
    • Tetap berolahraga dan berjemur sinar matahari setiap paginya.
    • Menjaga kebersihan lingkungan.

    Berbagai cara dan tips sudah dilakukan untuk membuat kehidupan sehari-hari selama di rumah akibat pandemic virus covid-19 ini tetap produktif. Mulai bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik, dan tidak mengalami gangguan. Hal itu dapat berkaitan dengan system imunitas tubuh. Jika imun rendah itu sangat memudahkan kita untuk terjangkit virus covid-19. Jadi yang terpenting, selain kita memperhatikan pola makan dan pola hidup yang baik, kita wajib mematuhi protocol Kesehatan yang sudah dirancangkan oleh pemerintah, yaitu dengan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas). Dengan demikian, kita bisa melindungi diri dan orang sekitar dari virus Covid-19.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.078 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.