Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19 - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Philein Yustitia_013_SanitasiA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Minggu, 14 November 2021 16:33 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19


    Dibaca : 257 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat khawatir. Sehingga banyak masyarakat yang tidak berani keluar rumah dan lebih baik di dalam rumah. Kita harus membatasi aktivitas di luar rumah. Bekerja dan sekolahpun dilakukan di rumah untuk menghindari kerumunan. Masyarakat menyetok kebutuhan sandang,pangan,rumah tangga. Maka dari itu,kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat.
    1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi
       Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan Anda dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.Anda dapat menerapkan 4 Sehat 5 Sempurna  yang memenuhi gizi seimbang 
    2. Rutin berolahraga
       Meskipun di rumah kita juga harus tetap berolahraga agar tubuh kita gerak, meningkatkan otot, tulang, dan imun kita. Dengan berolahraga dapat mencegah risiko penyakit, tubuh tetap bugar dan sehat, menjaga berat badan ideal, dan meningkatkan energi
    3. Menjaga sanitasi rumah dan lingkungan sekitar
       Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 1 menit secara berkala, seperti sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah beraktivitas, dan jika tangan kotor. Jika Anda batuk atau bersin, tutupi hidup dan mulut Anda dengan tisu. Setelahnya, segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan hingga bersih. Kebersihan rumah juga harus dijaga. Bersihkan tempat-tempat yang mungkin terdapat kuman dan bakteri seperti toilet, dapur, tempat-tempat cucian, dan seluruh ruangan rumah.
    4. Tidur dan minum air putih 
         Istirahat yang cukup, tidur kurang lebih selama 7-9 jam. Agar tubuh Anda tetap segar dan sehat. Pastikan Anda tidak begadang karena berakibat buruk untujkesehatan. Selain cukup istirahat, konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.
    5. Menjaga mental dan melakukan hobi 
    Selalu berpikiran positif dan melakukan hal yang membuat senang. Seperi kita melakukan hobi kita agar imun kita meningkat, mengatasi suasana hati kita agar lebih santai. Melakukan aktivitas bersama dengan bercerita, bermain dengan keluarga,menonton film di rumah, bernyanyi, dan jangan lupa berdoa beribadah. 
    Dengan kita menjaga tubuh agar tetap sehat selama pandemi COVID-19, kita akan lebih siap untuk menjalani hari dan bisa melakukan hal produktif lainnya. Karena salah satu kunci dari tubuh yang sehat itu hati yang gembira adalah obat. Selalu terapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun berada.

    Ikuti tulisan menarik Philein Yustitia_013_SanitasiA lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.