Mengapa Aku Stres tanpa Alasan? - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: Health Magazine

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 16 November 2021 14:49 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mengapa Aku Stres tanpa Alasan?

    Stres datang dalam kekuatan dan rasa yang berbeda. Sering kali, seseorang yang mengalami banyak stres merasakan beban dari banyak tekanan kecil yang digabungkan. Mungkin bukan masalah besar untuk menangani semua tanggung jawab kecil dalam hidup, tetapi ketika Anda menggabungkan semuanya bersama-sama atau memberikan tekanan yang lebih besar di atas itu semua, itu dapat menyebabkan Anda terbebani.

    Dibaca : 294 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apakah Anda mengalami terlalu banyak stres dan kecemasan tanpa alasan? Apakah Anda merasa khawatir tentang masa depan atau terus-menerus gelisah?

    Anda tidak sendirian. Banyak orang merasa stres meskipun mereka merasa seharusnya baik-baik saja.

    Stres datang dalam kekuatan dan rasa yang berbeda. Sering kali, seseorang yang mengalami banyak stres merasakan beban dari banyak tekanan kecil yang digabungkan. Mungkin bukan masalah besar untuk menangani semua tanggung jawab kecil dalam hidup, tetapi ketika Anda menggabungkan semuanya bersama-sama atau memberikan tekanan yang lebih besar di atas itu semua, itu dapat menyebabkan Anda terbebani.

    Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi satu hal besar yang menyebabkan Anda stres, akan sangat membantu untuk melihat komponen yang lebih kecil dari kehidupan dan gaya hidup Anda untuk melihat bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental Anda.

    1. Diet Anda Tidak Seimbang atau Tidak Sehat

    Makanan dan minuman berfungsi sebagai bahan bakar penting untuk menjaga tubuh Anda tetap berjalan. Ketika Anda tidak memiliki bahan bakar yang sesuai di sistem Anda, itu akan berjalan tidak efisien dan di bawah tekanan.

    Pola makan yang buruk dapat memiliki efek dramatis pada kesehatan mental, emosional, dan fisik Anda. Makanan manis yang penuh dengan kalori kosong tidak menyediakan jenis bahan bakar nutrisi yang Anda butuhkan.

    Dan ini bukan hanya tentang makan makanan yang lebih baik. Ini juga tentang apa yang Anda minum.

    Berapa banyak orang yang Anda kenal yang tidak dapat berfungsi tanpa setidaknya satu cangkir kopi atau teh? Hampir semua orang di dunia kerja, bukan? Nah, coba tebak? Kafein dalam zat tersebut memicu kecemasan dan stres. Tambahkan setumpuk gula halus dan sirup manis ke dalam kopi pagi Anda, dan Anda meningkatkan stres Anda sendiri.

    Minuman energi sangat buruk karena menyebabkan stres dan kecemasan. Melemparkan diri Anda ke dalam overdrive itu sehingga Anda bisa melewati hari Anda membutuhkan banyak korban.

    Benar-benar melihat apa yang Anda makan dan minum. Lihat apakah ada makanan atau minuman tidak sehat yang dapat Anda hentikan dari diet Anda. Air minum hampir tidak selezat kopi rasa baru dari kedai kopi lokal Anda, tetapi kurang menimbulkan kecemasan.

    2. Penggunaan Media Sosial Menghadapkan Anda pada Hal-hal Negatif secara Teratur

    Media sosial adalah alat luar biasa yang menyatukan orang-orang dari seluruh dunia. Sayangnya, itu juga telah direkayasa untuk mengeksploitasi tics psikologis tertentu dari otak Anda untuk membuat Anda menggulir lebih banyak, dengan cara yang sama seperti mereka menggunakan psikolog untuk membuat permainan kasino lebih membuat ketagihan.

    Bukan hanya itu, tetapi media sosial membuat Anda terus-menerus takut kehilangan. Anda secara teratur melihat gulungan sorotan teman dan keluarga Anda – senyum bahagia, liburan, menjalani kehidupan terbaik mereka. Hanya sedikit orang yang memposting tentang betapa tidak bahagianya mereka. Dan bahkan ketika mereka melakukannya, berapa banyak orang yang benar-benar memperhatikan hal itu?

    Itu bahkan tidak menyentuh berita buruk yang terus-menerus disebarkan dan sampah bodoh yang dibagikan orang secara teratur.

    Sebermanfaat dan sekuat media sosial, itu juga bisa membuat ketagihan dan memicu stres. Mengurangi konsumsi atau berhenti sama sekali kemungkinan besar akan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

    3. Membawa Pulang Stres Kerja

    Pekerjaan sepertinya merupakan hal yang jelas untuk ditekankan. Tetapi ini lebih dari sekadar pekerjaan. Ini juga hubungan kita dengan tempat kerja dan apa yang kita bawa pulang.

    Majikan terus-menerus mendorong amplop tentang apa yang dapat diterima karena melanggar hidup Anda. Anda harus menjadi orang yang menetapkan batasan tegas dan memastikan batasan tersebut tidak dilanggar. Sayangnya, semakin lembut batasan Anda, semakin mereka akan mendorong.

    Memang, majikan yang kasar dapat menggunakan batasan Anda sebagai alasan untuk mencoba menyingkirkan Anda. Tetapi jika Anda berada dalam situasi pekerjaan yang kasar, Anda pasti ingin mencari jalan keluar.

    Apakah Anda menjawab email atau memeriksa perangkat kerja Anda setiap saat? Berhenti lakukan itu. Anda hanya ada dari waktu Anda masuk sampai waktu Anda keluar. Sebelum atau sesudah itu adalah waktu Anda, bukan mereka. Mereka tidak membayar Anda untuk itu kecuali Anda sedang menelepon atau semacamnya.

    Apakah Anda mendapati diri Anda terus-menerus memikirkan pekerjaan di luar jam kerja? Stres karena akan kembali besok? Akan baik untuk bekerja pada perhatian dan membumikan diri Anda pada saat ini. Anda ingin menjaga diri Anda di masa sekarang, sehingga Anda tidak memikirkan pekerjaan di waktu senggang Anda.

    Apakah Anda mendapati diri Anda berbicara dengan sesama karyawan di luar jam kerja? Orang memiliki pendapat yang berbeda tentang bagaimana berhubungan dengan rekan kerja. Jika Anda ingin berteman, keren. Hanya saja, jangan habiskan waktu luang Anda untuk mengeluh satu sama lain tentang betapa buruknya pekerjaan, bos, atau orang-orangnya.

    4. Terlalu Banyak Waktu Menatap Layar

    Teknologi cukup menakjubkan. Ini juga bisa sangat berbahaya. Menatap layar secara teratur dan memproses semua informasi yang disajikan menyebabkan otak Anda terus bekerja. Terlalu banyak waktu menatap layar dapat menimbulkan kecemasan pada beberapa orang karena mereka terlalu banyak bekerja.

    Batasi waktu Anda di perangkat. Beristirahatlah secara teratur untuk mengistirahatkan mata dan otak Anda.

    5. Lingkungan Anda Stres

    Lingkungan yang Anda jaga di sekitar Anda dapat menjadi sumber stres atau kedamaian. Sama seperti layar perangkat, ruang yang berantakan menyebabkan otak Anda terus bekerja secara berlebihan. Otak Anda perlu memproses dan mengidentifikasi semua hal yang Anda lihat saat Anda melihat-lihat ruang Anda. Ini bisa menjadi sumber stres yang ekstrem bagi sebagian orang karena pikiran mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

    Di luar ruang hidup pribadi, lingkungan Anda termasuk tempat Anda tinggal atau tempat Anda bekerja. Misalnya, tinggal di lingkungan yang kasar selalu membuat stres. Anda tidak akan pernah bisa sepenuhnya yakin dengan apa yang akan Anda temukan saat membuka pintu depan. Mungkin berisik, mungkin ada suara tembakan, orang-orang berteriak dan berdebat, dan segala macam hal negatif.

    Mungkin orang yang tinggal bersama Anda menyebabkan Anda stres. Mereka mungkin tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, tidak menarik beban mereka di sekitar rumah, atau hanya menjadi orang yang tidak menyenangkan berada di sekitar mereka.

    Berada di sekitar orang-orang sulit dapat meningkatkan tingkat stres Anda, bahkan jika mereka adalah seseorang yang Anda cintai. Misalnya, seorang pengasuh mungkin sangat mencintai orang yang mereka jaga, tetapi bertanggung jawab atas kesejahteraan orang yang dicintai adalah hal yang membuat stres.

    6. Anda Tidak Mendapatkan Tidur yang Sehat

    Pentingnya tidur untuk kesehatan mental Anda tidak dapat diremehkan. Kurangnya kualitas tidur yang baik mencegah otak Anda mencapai tahap tidur yang lebih dalam. Otak menghasilkan banyak bahan kimia penyeimbang suasana hati yang akan digunakannya di hari mendatang saat dalam tahap tidur yang lebih dalam ini. Jadi, jika Anda kurang tidur atau mengantuk, Anda akan mengalami lebih banyak stres daripada orang yang cukup tidur.

    Meningkatkan kebersihan tidur Anda dapat menjadi cara yang signifikan untuk mengurangi stres Anda. Mencoba tidur pada jadwal yang sama dengan ritme sirkadian Anda dapat membantu Anda tetap selaras. Misalnya, jangan menggunakan perangkat elektronik selama satu jam sebelum Anda tidur. Jangan makan atau minum beberapa jam sebelum tidur, jadi Anda tidak bangun jam 3 pagi. untuk menggunakan kamar mandi. Tempat tidur yang nyaman, bantal, dan lingkungan untuk tidur harus menjadi prioritas utama.

    7. Penggunaan Zat

    Penggunaan zat adalah subjek yang menarik karena cara orang melihatnya. Kebanyakan orang menyadari bahwa terlalu banyak zat apa pun adalah hal yang tidak sehat. Tetapi, banyak orang menemukan bahwa itu membantu mereka menenangkan saraf atau menenangkan apa pun yang terjadi di kepala mereka. Permainan yang adil. Itu benar-benar bisa melakukan itu. Itu sebabnya orang mengobati sendiri.

    Ada dua masalah, meskipun. Masalah pertama adalah toleransi. Pada awalnya, Anda hanya perlu sedikit, tetapi kemudian Anda perlahan-lahan menginginkan dan membutuhkan lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama.

    Masalah kedua adalah efek jangka panjang penggunaan zat pada sistem saraf. Penggunaan zat apa pun secara teratur dapat mengubah cara dasar fungsi tubuh Anda.

    Segelas anggur untuk bersantai mungkin tidak tampak seperti masalah besar sampai satu gelas tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Lalu dua gelas. Kemudian tiga. Kemudian empat. Kemudian seluruh botol. Dan bagaimana dengan saat-saat ketika Anda tidak bisa duduk untuk menikmati segelas anggur untuk bersantai?

    Ganja adalah topik hangat saat ini. Banyak orang bersumpah dengan itu untuk menghilangkan stres, menghilangkan rasa sakit, dan segala macam hal lain yang dipertanyakan. Tetapi menggunakan ganja dalam waktu lama benar-benar dapat mengacaukan otak dan sistem saraf Anda. Beberapa orang mengalami kecemasan penuh atau serangan panik akibat penggunaan ganja.

    8. Obat

    Berbagai macam obat dapat menyebabkan stres dan kecemasan tambahan. Itu tidak hanya terbatas pada obat-obatan psikiatri. Obat-obatan psikiatri tampaknya cukup jelas. Itu seharusnya memengaruhi otak Anda, bukan?

    Tetapi karena segala sesuatu di tubuh Anda terhubung, obat lain dapat berdampak negatif terhadap stres dan kesehatan mental Anda.

    Anda mungkin ingin memeriksa ulang efek samping dari berbagai obat yang Anda minum, termasuk obat yang dijual bebas. Cari apa pun yang dapat menyebabkan efek buruk seperti depresi, kecemasan, atau jenis pengaruh mental lainnya. Pertimbangkan bagaimana perasaan Anda sebelum pengobatan dan apakah itu mungkin bertanggung jawab atau tidak.

    Konsultasikan dengan dokter Anda tentang hal itu. Mereka mungkin bisa memberi tahu Anda lebih banyak. Dan jangan membuat perubahan apa pun pada obat Anda tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

    9. Hubungan

    Orang hanya bisa stres pada waktu-waktu tertentu. Terkadang, kita tidak menyadari betapa stresnya orang lain. Sangat mudah untuk diabaikan, terutama jika Anda melihat orang dengan kacamata berwarna mawar.

    Pertimbangkan orang-orang di sekitar Anda. Apakah mereka sumber kebahagiaan dan kesejahteraan bagi Anda? Atau apakah mereka membawa hal-hal negatif? Apakah mereka menyebabkan masalah? Apakah Anda mendapati diri Anda menghindari orang-orang tertentu karena Anda tidak menyukai perasaan mereka?

    Ini adalah jenis koneksi yang ingin Anda lihat. Mungkin ada baiknya berbicara dengan orang tersebut tentang apakah Anda merasa cukup aman untuk melakukan itu. Membatasi waktu Anda dengan orang-orang seperti ini dapat meningkatkan stres dan kesehatan mental Anda.

    10. Kesibukan yang Berlebihan

    Apakah Anda orang yang sibuk? Apakah Anda terus-menerus memiliki hal-hal yang harus dilakukan? Apakah Anda melompat dari tanggung jawab ke tanggung jawab tanpa berhenti sejenak untuk bersantai selama beberapa menit? Apakah Anda memikirkan hal-hal yang perlu Anda lakukan setelah selesai membaca artikel ini?

    Menjadi terlalu sibuk adalah sumber stres yang konstan dan menguras energi Anda. Sekarang, beberapa orang hidup untuk kesibukan itu. Beberapa orang menggunakan kesibukan untuk menghindari menghadapi masalah atau memikirkan hidup mereka yang juga menyebabkan stres. Orang yang sibuk tidak perlu memikirkan bagaimana pekerjaan mereka tidak memuaskan, atau hubungan mereka berbatu, atau kehidupan pribadi mereka adalah api sampah.

    Mengabaikan masalah itu adalah stres tambahan karena otak Anda masih tahu bahwa itu adalah masalah bahkan jika Anda tidak secara aktif memikirkannya. Menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah yang muncul akan membantu meringankan stres itu.

    11. Paparan Jangka Panjang terhadap Tekanan yang Lebih Kecil

    Ada kepercayaan umum bahwa orang membutuhkan praktik penghilang stres yang baik untuk mengatasi stres jangka panjang. Padahal sebenarnya bukan itu cara kerja otak.

    Stres jangka panjang masih akan menjadi stres hingga menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Anggap saja seperti air yang mengikis batu. Ya, batu itu kokoh dan kokoh. Ini sementara berurusan dengan tekanan air yang mengalir di atasnya. Tapi, sedikit demi sedikit, batu itu terkikis oleh tekanan yang ada di bawahnya. Seiring waktu, batu akan aus dan pecah.

    Faktanya adalah, jika Anda berada dalam situasi di mana Anda berada di bawah tekanan jangka panjang, itu mempengaruhi Anda bahkan jika Anda tidak merasa seperti itu sekarang. Cepat atau lambat, itu akan terjadi. Lakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah dan menjauh dari stres itu.

    12. Harapan yang Tidak Realistis

    Beberapa orang pasti stres karena mereka memiliki harapan yang tidak realistis. Mereka terus-menerus khawatir, marah, kesal, atau tertekan karena keadaan tidak berjalan seperti yang mereka bayangkan.

    Belajar menerima apa yang bukan mengharapkan sesuatu menjadi berbeda adalah cara yang dapat diandalkan untuk mengurangi stres dan kecemasan Anda. Bagaimana Anda melakukannya? Dengan berfokus pada apa yang ada di depan Anda. Berharap untuk hal-hal yang berbeda adalah tinggal di masa depan. Kalau saja pekerjaanku lebih baik! Andai saja hubunganku lebih baik! Jika saja, jika saja, jika saja!

    Tidak ada yang benar-benar penting. Yang penting adalah apa yang ada di sini di depan Anda.

    Mempunyai masalah? Luangkan waktu untuk menyelesaikannya, menuntaskannya, dan melanjutkan.

    Tidak bisa menyelesaikannya? Kerjakan, simpan saat Anda selesai mengerjakannya, kembali lagi nanti.

    Jangan buang energi mental Anda dengan berharap hal-hal menjadi apa pun selain apa adanya.

    Sebagai Penutup

    Dunia bisa menjadi tempat yang kasar dan kacau. Hidup bisa terasa tidak pasti dan menakutkan. Ada begitu banyak hal yang terjadi dengan iklim, COVID, berita, politik, dan masyarakat sehingga stres hanyalah bagian biasa dari kehidupan kita.

    Lakukan apa yang Anda bisa untuk menghilangkan stres dari hidup Anda untuk menjaga kesehatan mental Anda. Menghilangkan stres kecil atau tersembunyi dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan Anda.

    ***
    Solo, Selasa, 16 November 2021. 7:47 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.