Cara Membuat Bonsai Serut dan Merawatnya dengan Gampang untuk Pemula - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Membuat Bonsai Kelapa tidak banyak tantangan bagi warga Natuna. Asal mau saja, sebab buah kelapa di Natuna melimpah.

Ahmad Fikrulloh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 November 2021

Selasa, 16 November 2021 16:50 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Cara Membuat Bonsai Serut dan Merawatnya dengan Gampang untuk Pemula

    Tanaman bonsai sebenarnya salah satunya tanaman yang condong mahal. Bonsai serut sebagai tanaman bonsai yang mempunyai daun warna kehijauan dengan tangkai dan bonggol warna keputihan.

    Dibaca : 300 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tanaman bonsai sebenarnya salah satunya tanaman yang condong mahal. Bonsai serut sebagai tanaman bonsai yang mempunyai daun warna kehijauan dengan tangkai dan bonggol warna keputihan.

    Pohon serut yang dipakai untuk dibonsai sebagai pohon yang mempunyai daun memiliki ukuran kecil, punyai buah memiliki ukuran kecil warna hijau, dan mempunyai bunga. Watak bonsai serut sebagai tipe tanaman yang menggugurkan daun.

    Cara Membuat Bonsai Serut

    Termasuk unik, tidaklah aneh beberapa orang yang tertarik menanam bonsai serut ini. Tingginya ketertarikan menanam bonsai serut, banyak pemula yang belum ketahui langkah membuat bonsai serut. Tidak cuman langkah membuat bonsai serut, tetapi juga penting lengkapi ilmunya dengan menjaga bonsai serut supaya hasilnya terlihat cantik.

    Pilih Bakalan atau Bonggol Bonsai Serut

    Langkah membuat binsai serut yang pertama ialah pilih akan atau bonggol bonsai serut. Kamu dapat memperolehnya pada tempat pemasaran benih tanaman untuk memperoleh kualitas bonsai serut yang bagus.

    Sesudah memperoleh bonggol bonsai serut, potong semua daun yang ada di bonggol memakai gunting khusus. Potong akar-akar terlalu berlebih pada bonggol bonsai untuk mengatur perkembangan akar.

    Selanjutnya bersihkan sampai bersih akar dari bonggol bonsai serut sampai bersih memakai air dan oleskan dengan perangsang perkembangan secara rata. Obata tahu pupuk perangsang ini dapat kamu dapatkan secara mudah di lokasi yang jual tanaman hias.

    Persiapkan Media Tanam yang Pas

    Pilih tempat tanam yang pas sebagai langkah membuat bonsai serut seterusnya yang perlu jadi perhatian. Tempat tanam yang diperlukan untuk menanam bonsai serut berlainan dengan tanaman yang lain, yakni berbentuk kombinasi dari tanah gunung.

    Tanah gunung sebagai humus dan pupuk kandang yang dari kambing atau sapi. Adapun perbedaan tempat tanam ke-3 nya yakni 1:1:1 setiap pot yang hendak ditanam brow.

    Kamu bisa juga memakai tempat tanam dari sekam padi atau cacahan sabut kelapa. Tempat tanam ini akan membuat akan terbangun dan cepat untuk tumbuh.

    Proses Penyesuaian Bonsai Serut

    Langkah membuat bonsai serut setelah itu menanm bonggol bonsai serut di media tanamnya seperti pot besar. Saat sebelum membuatnya, kamu perlu memberi waktu untuk bonggol tumbuh dan menyesuaikan dengan tempat tanam yang baru saat sebelum kamu wujud memakai kawat stainless steel.

    Jika akar telah tumbuh perlahan-lahan dan umurnya cukup dewasa, kamu dapat meneruskan pada proses seterusnya dengan membuat bonsai.

    Membuat Bonsai Serut dengan Kawat Lilit

    Langkah membuat bonsai serut yang paling akhir dengan membuat bonsai serut. Untuk membuatnya kamu perlu mempersiapkan kawat lilit dari stainless stee; atau kawat yang lain yang tidak gampang putus dan berkarat.

    Pakai kawat yang berdiameter 3 mm. Kemudian, lilitkan kawat dimulai dari sisi bonggol sampai ke sisi dahan-dahannya. Lilitkan kawat dengan kuat membuat skema sama seperti yang kamu harapkan.

    Kerjakan ini secara berhati-hati supaya dahan dari bonsai serut yang kamu wujud tidak patah. Sesudah usai, beri bonsai serut supaya tumbuh dan memulai tercipta sesuai skema yang telah wujud memakai kawat.

    Saat sebelum kawat-kawat dilepaskan, penting untuk memperhatikan proses perawatan bonsai.

    Langkah Menjaga Bonsai Serut

    Siram Secara Teratur

    Langkah menjaga bonsai serut sama dengan tanaman yang lain. Siram bonsai serut sama air seperlunya sekali satu hari. Yakinkan tempat tanam bonsai serut masih tetap lembap, tetapi tidak terllau basah.

    Beri Pupuk untuk Bonsai Serut

    Selainnya penuhi keperluan cairan untuk bonsai serut, langkah menjaga bonsai serut setelah itu penuhi gizinya. Kamu dapat memberi pupuk pada tanaman bonsai serut.

    Beri pupuk secara berhati-hati karena bonsai benar-benar peka dengan gizi terlalu berlebih.

    Taruh di Ruang dengan Sinar Cukup

    Serupa dengan tanaman tanaman bonsai yang lain, bonsai serut membutuhkan cahaya matahari tidak langsung di proses awalnya pnananam dan pembentukannya. Ini bermanfaat untuk bonsai supaya bisa berfotosintesis.

    Jika bonsai serut telah tumbuh cukup dewasa, kamu dapat menempatkannya langsung terserang cahaya matahari.

    Pemangkasan

    Langkah menjaga bonsai serut yang paling penting yakni pemotongan daun. Pemotongan daun mempunyai tujuan untuk menggairahkan tumbuhnya dain agar tumbuh lebih rimbun dan cepat.

    Melindunginya dari Hama

    Seperti tanaman yang lain, bonsai serut kemungkinan hadapi permasalahan pada hama dan penyakit tanaman. Untuk menahan hal tersebut terjadi, kamu dapat mempersiapkan pestisida.

    Tipe hama yang umum ada pada bonsai serut ialah kutu daun yang dapat mengakibatkan tumbuhnya cendawan jelaga. Kehadiran cendawan jelaga bisa tutupi puncak daun bonsai serut yang menyebabkan daun bonsai beralih menjadi hitam.

    Untuk menghindariinya, kamu perlu menyemprot bonsai serut dengan insektisida dan fungisida secara periodik.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.